Hutan Penus

Inilah Rekomendasi Objek Wisata Bogor Untuk Menghabiskan Libur Weekend!

Rindu jalan-jalan? Kami juga! Mari sudahi pandemi, biar bisa berwisata lagi. Selalu pakai masker, jaga jarak & cuci tangan.

Libur weekend merupakan salah satu hal yang paling dinantikan terutama untuk anak sekolah. Untuk menghabiskan waktu libur tersebut biasanya dengan mengunjungi tempat-tempat wisata. Salah satu kota yang sering dijadikan tempat untuk berwisata yakni kota Bogor. Wisata Bogor banyak dipilih karena memiliki banyak destinasi menarik untuk dikunjungi.

Memiliki jarak yang tidak begitu jauh dari ibukota Jakarta, menjadikan kota yang dikenal dengan julukan Kota Hujan ini menjadi salah satu kota favorit yang banyak dikunjungi wisatawan ketika hari libur. Berikut ini merupakan rekomendasi objek wisata di Bogor yang bisa kamu datangi ketika libur akhir tahun.

Objek Wisata Bogor Dan Sekitarnya

Kota Bogor dan sekitarnya memang dikenal dengan keindahan alam serta banyak destinasi wisata yang dapat dikunjunginya. Dikelilingi oleh tiga pegunungan seperti Gunung Salak, Gunung Gede, dan Gunung Pangrango menjadikan kota ini menjadi salah satu tempat favorit bagi para wisatawan untuk dikunjungi. Berikut ragam objek wisata Bogor yang dapat kamu kunjungi.

1. Museum Sejarah Alam Indonesia

Museum
Museum. | unplash. Com

Objek wisata Bogor yang pertama yakni terdapat Museum Sejarah Alam Indonesia. Museum ini merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang menampilkan berbagai macam jenis tanaman Nusantara. Dalam Museum ini terdapat 1880 Artefak etnobotani yang dipamerkan sesuai dengan jenis tumbuhan juga pemanfaatannya yang berasal dari seluruh Nusantara.

2. Telaga Saat

Telaga
Telaga saat. |unplash. Com

Objek wisata Bogor yang bisa kamu kunjungi selanjutnya merupakan wisata alam, yakni Telaga saat. Tempat ini menampilkan pemandangan alam berupa danau atau telaga yang sangat eksotis. Talaga Saat memiliki air yang sangat jernih, udara sejuk, dan panorama yang indah. Tempat ini masih jarang dikunjungi banyak orang sehingga kondisi alamnya masih sangat asli dan terjaga.

3. Kebun Raya Bogor

Objek wisata alam di kota Bogor yang selanjutnya mungkin sudah tidak asing lagi, yakni Kebun Raya Bogor. Tempat wisata ini cocok dikunjungi oleh keluarga besar karena selain tempatnya yang mudah dijangkau, juga suasananya yang sejuk dengan hamparan rumput hijau yang indah sangat cocok dijadikan tempat bercengkrama bersama keluarga.

Kebun Raya Bogor
Kebun raya bogor. |unplash. Com

Selain itu, Kebun Raya Bogor juga memiliki banyak spot foto yang sangat cocok untuk anak muda yang gemar mengabadikan momen lewat foto atau video. Tempat wisata ini juga memiliki banyak macam tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai wisata edukasi.

4. Pemandian Air Panas Gunung Peyek

Objek wisata Bogor yang selanjutnya yakni Pemandian Air Panas Gunung Peyek. Bogor memiliki banyak tempat pemandian air panas, salah satunya yakni di tempat ini. Destinasi ini cocok untuk kamu yang sedang penat akan aktifitas sehari-hari dan ingin melakukan relaksasi.  

Pemandian Air Panas
Pemandian air panas. |unplash. Com

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke tempat ini dijamin tidak akan menyesal. Kamu akan disuguhkan dengan pengalaman berendam di air panas dengan pemandangan alam yang indah juga mempesona. Sehingga, mampu melepaskan segala rasa penat.

5. Prasasti Batu Tulis

Objek destinasi wisata di Bogor selanjutnya yakni merupakan tempat wisata edukasi mengenai sejarah, yaitu Prasasti Batu Tulis. Tempat wisata ini merupakan salah satu situs sejarah peninggalan kerajaan Pajajaran.

Prasasti Batu Tulis
Prasasti batu tulis. |unplash. Com

Tempat wisata ini memiliki sejarah mengenai kebesaran Prabu Siliwangi. Selain dari prasasti, destinasi wisata ini juga memiliki beberapa koleksi Artefak. Selain itu, destinasi wisata ini juga tidak dipungut biaya.

6. Panorama Pabangbon

Objek wisata Bogor berikutnya adalah wisata alam puncak hutan pinus yang bernama Panorama Pabangbon. Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang berupa bentang alam juga hutan-hutan yang berada di kawasan Bogor.

 Hutan Penus
Panorama pabangon. |unplash. Com

Wisata puncak hutan pinus ini telah dikelola sedemikian rupa. Sehingga, banyak sekali spot yang cocok untuk melakukan swafoto bersama teman-temanmu, karena tempat ini sudah di dekorasi sedemikian rupa oleh para petugasnya.

7. Museum Zoology

Berikutnya, ada destinasi wisata edukasi berupa Museum Zoologi. Untuk mengunjungi Museum ini, kamu harus masuk terlebih dahulu ke Kebun Raya Bogor, yang berada tepat di samping berada di samping gedung Balai Besar Industri Agro (BBIA).

Museum Zoology
Museum zoology. |unplash. Com

Museum ini berbagai macam koleksi fauna seperti, ikan, burung, mamalia, reptil, amfibi, serangga, dan hewan invertebrata lainnya. objek yang paling populer dari semua koleksi di museum ini adalah terdapat kerangka dari Paus Biru (Balaenoptera Musculus Linnaeus). Paus tersebut ditemukan di pantai Pameungpeuk, Priangan Selatan pada tahun 1916.

8. Curug Cikuluwung

Objek wisata Bogor berikutnya yakni berupa wisata alam air, Curug Cikawung. Destinasi wisata ini dikenal juga dengan sebutan Little Green Canyon karena memiliki kemiripan dengan tempat wisata body rafting Green Canyon yang berada di Pangandaran.

Curug
Curug. |unplash. Com

 Curug   Cikawung  ini memiliki kolam dengan air yang jernih dan diapit oleh dinding batu raksasa. Destinasi wisata ini sangat cocok untuk kamu pemuda kekinian yang gemar dengan wisata  alam dan memiliki banyak spot untuk berfoto.

9. Gunung Pancar

Gunung
Gunung. |unplash. Com

Rekomendasi destinasi wisata yang terakhir yakni berupa wisata alam  hutan pinus, Gunung  Pancar. Destinasi wisata ini cocok untuk kamu yang menggemari dunia fotografi. Selain itu, tempat wisata ini juga kerap dijadikan sebagai lokasi untuk foto prewedding. Selain itu, wisata gunung ini juga memiliki tempat pemandian air panas. 

Menghabiskan liburan di tempat yang kamu sukai akan membuatmu menjadi lebih bahagia dan mampu menghilangkan stress akibat pekerjaan sehari-hari. Objek-objek wisata Bogor tersebut dapat kamu pilih untuk menghabiskan waktu liburanmu bersama orang-orang tersayang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.