Tempat Wisata di Bandung

Kota berjuluk Paris van Java ini memang tidak pernah berhenti menjadi primadona bagi para pelancong.

Rasanya tepat jika daerah dataran tinggi di tatar Pasundan ini digambarkan tercipta dikala Tuhan sedang tersenyum.

Iklim yang sejuk, panorama alam yang indah, kota yang modern, tempat hangout yang asyik, menjadikan Bandung tak pernah lekang menjadi tujuan para traveler.

Sejarah bahkan mencatat bahwa Bandung memang telah menarik sejak era Hindia Belanda.

Ibukota Provinsi Jawa Barat ini berada pada sebuah lembangan dan dikelilingi oleh pegunungan.

Bandung merupakan wilayah metropolitan terbesar ketiga di Indonesia yang terkenal dengan sebutan Bandung Raya, sebagai salah satu pusat ekonomi.

Dikenal pula dengan sebutan Kota Kembang, kota ini dinilai cantik karena banyaknya pepohonan dan juga bunga.

Hingga kini, Bandung tidak henti-hentinya meluluhkan hati melalui pesonanya.

Meski telah menjadi Kota Kreatif, Kota Belanja, dan Kota Kuliner, namun tetap saja slogan Stunning Bandung: Where the Wonders of West Java Begin harus kita buktikan sendiri.

Upside Down World

tempat wisata di bandung untuk keluarga

Upside Down World atau yang juga dikenal dengan nama dunia jungkir balik, merupakan salah satu tempat wisata andalan di Bandung.

Sesuai dengan namanya, di tempat ini pengunjung bisa merasakan bagaimana rasanya berada di dunia yang terbalik.

Segala dekorasi yang ada di dalamnya memang sengaja dibuat terbalik, jadi akan sangat terlihat unik.

Saat Anda berkunjung ke tempat ini, Anda bisa mengambil berbagai gambar yang unik dan menarik. Tentunya akan sangat bagus jika Anda unggah di sosial media.

Tempat-tempat seperti ini memang sudah ada di beberapa kota besar lainnya, tetapi jika Anda sedang berada di Kota Bandung, tidak ada salahnya untuk mampir berkunjung, bukan?

Upside Down World Bandung ini bisa Anda temukan di Jalan H. Wasid No.3, Lebakgede, Coblong, Bandung.

Kampung Korea

tempat wisata paling favorit di bandung

Sesuai dengan namanya, tentunya Anda sudah membayangkan jika tempat ini akan sangat memiliki nuansa Korea yang kental, bukan?

Tempat ini terletak tidak jauh dari Stasiun Bandung, yang mana hanya berjarak sekitar 3 km saja. Sesampainya di Kampung Korea, Anda akan disambut dengan nuansa Korea yang cukup kental di sana.

Anda juga bisa mencoba berbagai makanan khas Korea Selatan dan menikmati berbagai budaya khas Korea Selatan di tempat yang satu ini.

Informasi lengkap tentang Kampung Korea bisa kalian lihat di sini.

China Town

tempat wisata di bandung untuk keluarga

Bagi Anda yang gemar untuk mengenal lebih tentang kebudayaan di dunia, Chinatown menjadi salah satu tempat menarik di Bandung yang tidak boleh luput dari kunjungan Anda.

Di tempat ini, Anda bisa menyaksikan berbagai kebudayaan China dan juga makanan khasnya.

Anda bisa dengan leluasa melihat pertunjukan Barongsai, contohnya. Selain itu, tempat ini juga didesain sedemikian rupa, sehingga sangat kental dengan nuansa pecinan pada umumnya.

Anda juga bisa mengabadikan momen kunjungan Anda ke tempat ini dengan mengambil latar belakang kampung pecinan di sana.

Dengan keunikan desain yang ada, pastinya foto yang dihasilkan juga akan sangat menarik dan estetik.

Jika Anda ingin berkunjung ke China Town Bandung, Anda bisa menuju ke Jl. Kelenteng No. 41, Bandung.

Informasi lengkap tentang Chinatown Bandung bisa kalian lihat di sini.

Kampung Dago Pojok

tempat wisata di bandung yang rekomended

Siapa sangka bahwa sebuah kawasan yang tidak terawat bisa berubah menjadi destinasi wisata yang menarik?

Ya, hal itu bukanlah hal yang mustahil. Kampung Dago Pojok adalah contoh nyatanya. Pada awalnya, kawasan ini merupakan sebuah kawasan yang cukup terabaikan.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, warga sekitar mencoba untuk mengubah kampung tersebut menjadi kampung yang sangat berseni.

Kampung Dago Pojok, kini berubah menjadi kampung yang menarik perhatian banyak orang dengan mural-muralnya yang indah.

Selain itu, kesadaran masyarakat setempat terhadap seni yang cukup tinggi juga membuat mereka berinisiatif untuk memberikan media belajar kesenian yang menyenangkan.

Jika Anda berkunjung ke sini, Anda bisa belajar untuk membuat wayang, alat musik tradisional, dan kesenian lainnya.

Kawah Putih Ciwidey

tempat wisata di bandung yang rekomended

Jika Anda sedang mencari informasi tentang wisata alam di Bandung, maka Kawah Putih Ciwidey harus menjadi salah satu tempat yang Anda kunjungi.

Tempat wisata ini memang masih tergolong baru, akan tetapi sudah ada banyak wisatawan yang mengetahui tempat yang satu ini.

Dengan keindahan panorama yang disuguhkan tempat ini, Anda tidak akan pernah bosan untuk berkunjung, meskipun bukan kunjungan pertama Anda.

Jika Anda mencari tempat wisata yang sejuk, tempat ini juga bisa dijadikan sebagai alternatif wisata Anda.

Saat berkunjung ke tempat ini, Anda akan tahu bahwa tempat ini sangatlah dingin, karena terkadang suhunya bisa mencapai 8 derajat Celcius.

Jadi, jangan lupa siapkan jaket tebal Anda! Bagi Anda yang ingin berkunjung, Anda bisa menemukan tempat wisata ini di Jl. Soreang Ciwidey.

Trans Studio Bandung

tempat wisata paling favorit di bandung

Beralih dari tempat wisata alam, mari kita mengenal tempat wisata yang lebih modern.

Tentunya, tempat wisata ini bukanlah nama yang asing bagi sebagian besar warga Indonesia.

Taman hiburan ini menjadi taman hiburan terbesar di Jawa Barat, dengan luasnya yang mencapai 4,2 hektar. Anda bisa mencoba berbagai wahana seru yang ada di dalamnya.

Informasi lengkap tentang Trans Studio Bandung bisa kalian lihat di sini.

Bukit Jamur Ciwidey

tempat wisata yang asyik di bandung

Kembali ke wisata alam dari Bandung, Bukit Jamur Ciwidey menjadi salah satu tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan. Sesuai dengan namanya, tentunya tempat ini tidak akan terlepas dari jamur.

Di tempat ini, jamur-jamur tumbuh hampir di setiap sudutnya. Sehingga Anda bisa menemukan ada banyak sekali jamur yang saling berjejeran.

Bukan hanya itu, di tempat ini Anda juga bisa menemukan banyak sekali jajaran pohon pinus. Jajaran pohon pinus di sini tidaklah terlalu tinggi.

Uniknya lagi, bentuk pohon pinus di sini terlihat menyerupai jamur, sehingga bukit ini pun semakin cocok dengan nama bukit jamur.

Bukit Jamur ini bisa Anda temukan di Desa Rancabolang, Ciwidey, Bandung.

Curug Cimahi

tempat wisata paling favorit di bandung

Bagi Anda yang hobi pergi ke curug atau air terjun, Bandung juga memiliki air terjun yang tidak kalah menarik, yaitu Curug Cimahi.

Kesejukan dan keasrian tempat di sekitar air terjun tentunya akan membuat pikiran Anda kembali menjadi segar.

Apalagi dengan bekal secangkir minuman hangat, Anda bisa menghilangkan penat yang menemani Anda sehari-hari.

Taman Hutan Raya Ir. H Juanda

tempat wisata yang asyik di bandung

Siapa yang tidak suka dengan pemandangan hijau nan asri yang sangat bisa menyegarkan mata dan pikiran?

Tentunya, Anda semua sangat menyukai pemandangan semacam itu, bukan?

Jika Anda ingin menikmati deretan pohon yang asri, maka Taman Hutan Raya Ir. H Juanda adalah tempat terbaik yang wajib Anda kunjungi.

Di tempat ini, Anda bisa menjumpai sekitar 2500 jenis tanaman yang berbeda.

Di hutan konservasi yang berluas sekitar 590 hektare ini, Anda bisa benar-benar terpuaskan dengan pemandangan yang asri dan atmosfer yang sangat sejuk.

Anda juga bisa melewati sebuah jembatan yang sangat menarik, dan di jembatan tersebut, Anda bisa menikmati pemandangan dari ketinggian.

Informasi lengkap tentang Taman Hutan Raya Juanda bisa kalian lihat di sini.

Kebun Teh Rancabali

tempat wisata paling favorit di bandung

Pernahkah Anda bermimpi untuk melewatkan liburan Anda di sebuah perkebunan teh?

Jika Anda pernah memiliki keinginan tersebut, berkunjung ke kebun teh Rancabali di daerah Bandung bisa menjadi pilihan yang tepat.

Perkebunan teh ini sebetulnya masih berada di kawasan Ciwidey. Jadi, jika Anda sedang berada di kawasan ini, Anda bisa mampir berkunjung ke kebun teh Rancabali.

Dengan pemandangan hijau yang luar biasa dan hamparan pohon teh yang bisa Anda nikmati melalui jalan kecilnya, Anda bisa menghilangkan penat Anda di sana.

Udara yang sejuk dan pemandangan yang asri tersebut akan membantu Anda untuk menghilangkan segala stress yang Anda hadapi dalam keseharian.

Anda pun bisa menyiapkan secangkir teh hangat untuk dinikmati sambil menikmati pemandangan.

Rabbit Town

tempat wisata di bandung yang rekomended

Rabbit Town memang bisa dikatakan sebagai tempat wisata baru yang ada di kota Bandung. Tempat wisata ini menarik perhatian banyak pengunjung karena konsepnya yang terbilang unik.

Jika Anda juga merasa penasaran dengan apa yang bisa Anda temukan di Rabbit Town, tentunya Anda bisa mengunjungi tempat ini di daerah Ranca Bentang.

Informasi lengkap tentang Rabbit Town Bandung bisa kalian lihat di sini.

Forest Walk

tempat wisata di bandung

Meskipun Bandung merupakan salah satu kota besar yang terbilang cukup ramai dan cukup pesat perkembangannya, bukan berarti Anda tidak bisa menemukan tempat nan sejuk dan asri di sekitar pusat kota.

Sebagai contohnya, Anda bisa mengunjungi Forest Walk yang ada di Babakan Siliwangi. Area ini merupakan sebuah area umum yang artinya bisa dikunjungi oleh siapa saja.

Jika Anda ingin melarikan diri dari penatnya kehidupan keseharian Anda, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke hutan, karena Anda bisa menemukan kesejukan hutan di Forest Walk ini.

Jadi, jangan buang-buang waktu Anda, jika Anda menginginkan refreshing ke tempat yang sejuk, Anda bisa langsung ke tempat yang satu ini!

Bukit Senyum

tempat wisata di bandung untuk keluarga

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa bukit yang satu ini diberi nama Bukit Senyum?

Tentunya, sesuai dengan namanya, bukit ini akan siap membuat Anda untuk tersenyum, sesaat Anda sampai di puncak bukit yang satu ini.

Meskipun Anda harus menghadapi tanjakan yang cukup terjal saat akan pergi ke puncak bukit, Anda tidak akan menyesal saat Anda sudah berada di puncaknya.

Saat Anda sudah berada di bagian puncak bukit ini, Anda bisa melihat ke panorama di bawahnya, yang akan menunjukkan hamparan pohon pinus dan perkebunan teh.

Pastinya, Anda akan refleks tersenyum sesaat melihat panorama tersebut. Itulah alasan mengapa bukit ini diberi nama Bukit Senyum.

Jika Anda ingin tersenyum melihat pemandangan sekitar bukit ini, Anda bisa mendaki Gunung Burangrang, tepatnya di desa Cipada, Cikalongwetan.

D’Dieuland

tempat wisata di bandung

D’Dieuland merupakan salah satu tempat wisata kekinian yang ada di kota Bandung.

Berbeda dengan tempat-tempat wisata alam lainnya, tempat wisata kekinian ini tentunya akan menyelaraskan dengan konsep kontemporer yang sedang tren.

Sebagai contohnya, desain yang dimiliki tempat ini juga sangat unik dan cantik.

Anda bisa mengunjungi tempat ini bersama keluarga Anda dan menikmati berbagai aktivitas outdoor yang menarik di tempat ini.

Apalagi, dengan biaya masuk yang terbilang murah, yakni Rp.10.000 hingga Rp.15.000,- tentunya ada banyak sekali pengunjung yang tertarik untuk berkunjung.

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, Anda bisa menemukannya di Punclut, Dago.

Informasi lengkap tentang D’Dieuland Bandung bisa kalian lihat di sini.

Ranca Upas

tempat wisata di bandung

Tempat wisata yang satu ini menjadi salah satu tempat wisata yang bisa membuat Anda menjadi lebih dekat dengan alam.

Anda bisa berkemah di pinggir danau dan juga menikmati ketenangan yang disajikan tempat tersebut.

Tempat ini juga merupakan sebuah tempat konservasi, sehingga Anda bisa dengan bebas memberikan makan kepada rusa-rusa yang bisa Anda temui di sana.

Informasi lengkap tentang Ranca Upas bisa kalian lihat di sini.

Orchid Forest Cikole

tempat wisata di bandung yang rekomended

Orchid Forest Cikole merupakan sebuah tempat yang tepat untuk menikmati berbagai bunga anggrek yang indah.

Tempat yang kabarnya menjadi taman anggrek terbesar se-Indonesia ini memiliki luas sebesar 12 hektare.

Di dalamnya, terdapat sekitar 157 jenis bunga anggrek. Bibit anggrek yang dibudidayakan di tempat ini juga didatangkan dari berbagai tempat, seperti Venezuela, Peru, hingga Amerika Serikat.

Green Kenyot Cikahuripan

tempat wisata yang asyik di bandung

Jika Anda sudah mengenal betapa terkenalnya Grand Canyon di Amerika Serikat tetapi masih perlu banyak waktu dan tabungan untuk berkunjung ke sana, sebagai gantinya, Anda bisa berkunjung ke tempat ini.

Namanya memang sengaja diambil agar mirip dengan nama asli Grand Canyon, yaitu Green Kenyot.

Anda juga bisa memasuki tempat ini dengan biaya yang sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp. 15.000,- saja.

Anda bisa menikmati pemandangan yang eksotis dari aliran sungai di sana, yaitu Sungai Cikahuripan.

Akan tetapi, jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, akan lebih baik jika Anda tidak berkunjung saat musim hujan, karena air akan sangat tinggi dan cukup berbahaya bagi pengunjung.

Amazing Art World 3D

tempat wisata paling favorit di bandung

Wisata kekinian dengan konsep tempat 3D memang bukanlah sesuatu yang baru. Salah satu yang paling terkenal di Indonesia adalah Amazing Art World 3D.

Saat Anda berkunjung ke tempat ini, nantinya Anda akan menjumpai berbagai lukisan 3D yang sangat indah dan terlihat nyata.

Sempatkanlah untuk berfoto di lukisan-lukisan tersebut dan mengunggahnya ke social media, karena hasilnya tentunya akan sangat artistik.

Informasi lengkap tentang Amazing Art World Bandung bisa kalian lihat di sini.

Stone Garden

tempat wisata di bandung

Apakah Anda juga pecinta tempat-tempat wisata yang memiliki atmosfer etnik yang kental? Jika iya, maka Stone Garden merupakan salah satu pilihan tempat wisata yang tepat.

Di sini, Anda bisa mengambil foto dan menjadikannya seolah-olah Anda sedang berada di daerah Sumba. Tentunya, hal ini membutuhkan trik yang cerdik.

Tempat ini berada di daerah Girimulya, Cipatat, Bandung Barat.

Meskipun tempatnya memang agak sedikit menanjak, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mendapatkan pemandangan yang sangat menakjubkan di Stone Garden Geopark ini.

Taman Lembah Dewata

tempat wisata di bandung yang rekomended

Tempat wisata lainnya yang tidak kalah menarik dengan yang sudah disebutkan sebelumnya adalah Taman Lembah Dewata.

Di tempat ini, Anda bisa menemukan Danau tadah hujan yang ramai pengunjung.

Bukan hanya itu, tempatnya yang sangat tenang bisa membantu Anda untuk menghilangkan stress setelah beraktivitas sehari-hari.

Anda juga bisa mencoba untuk menunggang kuda di tempat tersebut, karena tempat ini termasuk di kawasan Ganesha Equestrian Lembang.

Observatorium Bosscha di Bandung

tempat wisata di bandung yang rekomended

Jika Anda sangat senang dengan dunia astronomi atau perbintangan, makan bermain ke Bosscha bisa menjadi salah satu alternatif wisata yang menarik.

Di tempat ini Anda bisa melihat bintang-bintang dengan lebih jelas. Anda juga akan mendapatkan penjelasan yang cukup mudah untuk dipahami tentang bintang-bintang yang ada di langit.

Tempat ini terletak sekitar 15 km dari pusat kota Bandung, sehingga Anda harus memperkirakan waktu yang cukup jika Akan berkunjung ke tempat ini.

Selain itu, Anda juga tidak bisa sembarangan datang ke tempat ini tanpa mendaftar terlebih dahulu.

Jadi, pastikan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu agar mendapatkan akses masuk.

Informasi lengkap tentang Observatorium Bosscha bisa kalian lihat di sini.

Rumah Mode Bandung

tempat wisata di bandung untuk keluarga

Salah satu hal yang menjadi daya tarik dari kota Bandung adalah fashion.

Tentunya, hal ini membuat Rumah Mode menjadi salah satu tempat yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Bandung.

Di sini Anda bisa berbelanja berbagai jenis pakaian atau hal lainnya yang berbau fashion.

Saat Anda berbelanja di Rumah Mode, Anda akan merasakan kenyamanan dalam berbelanja. Bukan hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan berbagai barang dengan kualitas yang bagus.

Meskipun dengan kualitas yang bagus, Anda tidak perlu khawatir, karena barang-barang di sini memiliki harga yang relatif murah.

Museum Geologi Bandung

tempat wisata di bandung yang rekomended

Salah satu tempat wisata yang berbau wisata edukasi adalah Museum Geologi Bandung. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi para pelajar dan mahasiswa.

Bahkan, ketenaran museum yang satu ini bukan hanya sebatas lingkup nasional, karena tidak jarang kita bisa menemukan banyak wisatawan mancanegara berkunjung ke tempat ini.

Cihampelas Walk

tempat wisata paling favorit di bandung

Cihampelas Walk atau yang sering disebut juga dengan Ciwalk adalah sebuah tempat wisata yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja.

Sebetulnya, tempat wisata ini adalah pusat perbelanjaan yang memiliki konsep alami.

Anda bisa menghabiskan waktu Anda di tempat ini untuk menikmati udara sejuk dan bahkan makan malam yang menyenangkan.

Saung Mang Udjo

tempat wisata di bandung

Nama tempat yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Ya, tempat ini merupakan tempat di mana para wisatawan, baik luar maupun dalam negeri, bisa belajar tentang angklung.

Angklung yang merupakan salah satu alat musik tradisional khas Jawa Barat, tentunya menjadi salah satu primadona tersendiri bagi para pengunjung.

Di tempat ini, nantinya para pengunjung bisa melihat pertunjukan angklung sekaligus belajar untuk memainkannya.

Jadi, jika Anda merasa tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang alat musik yang satu ini, Anda bisa berkunjung ke Saung Angklung Mang Udjo.

Air Panas Ciater Bandung

tempat wisata yang asyik di bandung

Jika Anda ingin mencari pemandian air hangat alami, maka wisata Air Panas Ciater adalah jawaban yang tepat untuk Anda.

Air panas di pemandian ini berasal dari kawah aktif yang berada di gunung Tangkuban Perahu.

Tempat ini berjarak 30 km ke arah utara dari pusat kota Bandung. Jika Anda ingin beristirahat sambil bermain air hangat, tempat ini adalah tempat yang cocok.

Paskal Food Market

tempat wisata yang asyik di bandung

Jika Anda sudah lelah dengan aktifitas berjalan-jalan Anda dan ingin menikmati berbagai kuliner yang enak, Paskal Food Market menjadi pilihan yang tepat.

Tentunya, di tempat ini Anda bisa menemukan banyak sekali kios makanan dengan berbagai jenis makanan yang ditawarkan.

Jadi, bagi Anda yang sedang mencari tempat untuk berwisata kuliner, tempat ini adalah pilihan yang tepat.

Museum Konferensi Asia Afrika

tempat wisata paling favorit di bandung

Meskipun ada banyak sekali tempat di Bandung yang tidak bisa kita lewatkan, berkunjung ke Bandung akan terasa kurang lengkap jika Anda belum mengunjungi Museum Konferensi Asia Afrika yang bersejarah ini.

Gedung ini merupakan salah satu ikon kota Bandung yang cukup bersejarah bagi Indonesia dan kota Bandung sendiri.

Pada masa penjajahan, gedung ini menjadi saksi bisu perjuangan para pejuang untuk meraih kemerdekaan.

Selain itu, tempat ini juga menjadi tempat perhelatan konferensi terbesar di Asia-Afrika, yang akhirnya diabadikan sebagai nama dari gedung yang satu ini.

Informasi lengkap tentang Museum Konferensi Asia Afrika bisa kalian lihat di sini.

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

tempat wisata di bandung untuk keluarga

Bagi Anda yang berniat untuk mencari tempat wisata yang juga berguna sebagai tempat belajar, maka taman yang satu ini menjadi salah satu opsi yang tepat.

Sesuai dengan namanya, di taman ini para pengunjung bisa belajar mengenal lebih tentang serba-serbi lalu lintas.

Tentunya hal ini sangat berguna bagi anak-anak, karena mereka bisa berkunjung sambil mengenal berbagai jenis informasi lalu lintas yang biasa ditemui.

Di sana, Anda juga bisa membiarkan anak-anak Anda untuk menikmati pengalaman berkendara melalui mobil-mobil mini yang ada.

Mereka nantinya akan berkendara di sebuah jalur mini yang juga dilengkapi dengan berbagai rambu lalu lintas. Tentunya hal ini sangat menarik dan bermanfaat, bukan?

Informasi lengkap tentang Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani bisa kalian lihat di sini.

Museum Sri Baduga

tempat wisata paling favorit di bandung

Jika Anda ingin berekreasi sambil mengenang sejarah, Museum Sri Baduga menjadi salah satu tempat yang cocok untuk Anda kunjungi.

Di tempat ini, Anda bisa melihat sejarah perkembangan Jawa Barat dari masa ke masa.

Bandung Champion City

tempat wisata di bandung untuk keluarga

Kota Kembang, Bandung memang menjadi kota destinasi wisata dengan segudang atraksi hiburan.

Salah satunya adalah Bandung Champion City, yaitu sebuah tempat berwisata di Bandung yang mengkombinasikan theme park dan sarana edukasi.

Bandung Champion City memang menyerupai sebuah kota metropolitan dalam ukuran kecil.

Tempat ini sangat menarik bagi anak-anak, sebab selain bermain profesi layaknya di sebuah kota, tempat ini juga menerapkan kurikulum belajar.

Setidaknya disini tersedia kurang lebih 78 wisata edukasi dan 177 jenis profesi pekerjaan yang ada di dalam lahan seluas 10.000 meter persegi ini.

Bandung Champion City memang menjadi sebuah edutainment indoor yang ada di Bandung.

Anak-anak yang berkunjung ke tempat ini dapat membantu dalam menemukan bakatnya.

Fasilitas yang ada disini memang dibuat untuk menunjang berbagai profesi impian anak, seperti laboratorium, pusat perbelanjaan, kuliner, dan lainnya.

Bandung Champion City berlokasi di Lucky Square Mall Lt. P8A, Jl. Terusan Jakarta No.2, Babakan Surabaya, Anapani, Kota Bandung, Jawa Barat.

Buka Senin – Kamis pukul 10.00 – 16.00 WIB dan Jum’at pukul 13.00 – 16.00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp100.000 – Rp200.000/anak sesuai dengan kategori.

Bandung Creative Hub

tempat wisata yang asyik di bandung

Gedung berlantai enam ini adalah Bandung Creative Hub.

Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan wadah untuk mengembangkan kreativitas, sarana edukasi, serta laboratorium untuk berbagai sektor industri kreatif di Bandung dan sekitarnya.

Bandung Creative Hub atau BCH resmi dibuka untuk publik sejak tanggal 28 Desember 2017 silam.

Tempat ini menjadi salah satu pusat kreatif terlengkap dan canggih di Indonesia, yang dibangun hingga menelan dana sekitar Rp40 miliar.

Dikelola langsung dibawah naungan UPT Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, BCH memiliki beragam fasilitas.

Seperti ruang kelas, cafe, toko desain, galeri, bioskop, workshop atau studio dan berbagai peralatan di dalam bidang kreatif.

Beberapa sub-sektor kreatif yang ada di dalam BCH adalah seperti fotografi, animasi, game, desain, musik, fashion, dan lainnya.

BCH juga memiliki museum mini yang memuat arsip dan dokumentasi desain, yaitu Bandung Design Archive (BDA).

Bandung Creative Hub berlokasi di Jl. Laswi No.7, Kacapiring, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat.

Buka setiap hari dari mulai pukul 09.00 – 20.00 WIB, sebagai ruang publik, Bandung Creative Hub tidak dikenakan tarif masuk atau gratis.

Bandung Planning Gallery

Berada di dalam satu komplek dengan Balai Kota Bandung, Bandung Planning Gallery adalah sebuah anjungan perencanaan kota pertama di Indonesia.

Tempat ini memang menawarkan suasana yang modern dan canggih proyek masa depan kota.

Kesan modern dan canggih bisa dilihat dengan penggunaan dinding berwarna putih, dan lampu LED serta maket dan beberapa prototype dari rencana proyek kota di masa depan.

Apalagi disertai pula dengan video penjelasan yang sangat informatif.

Selain hal tersebut, Bandung Planning Gallery juga memiliki beberapa zona tematik yang seru dan menarik.

Diantaranya yaitu adalah, zona Dunia Harapan, zona Virtual Reality, zona Bandung Teknopolis, zona Konsultasi Tata Ruang, dan zona Hiburan.

Zona-zona tersebut berisikan berbagai hal terkait dengan perencanaan Kota Bandung di masa depan.

Mulai dari harapan masyarakat, simulasi urban mobility, rencana pembangunan infrastruktur, video mapping, hingga Creative Center Forum.

Bandung Planning Gallery berlokasi di Jl. Aceh No.36, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Buka dari hari Senin – Sabtu kecuali Minggu libur, pukul 09.00 – 16.00 WIB dengan tanpa dipungut biaya masuk alias gratis.

Centrum Million Balls

tempat wisata di bandung yang rekomended

Wisata kekinian di Bandung selalu hadir dalam berbagai kemasan.

Salah satunya adalah sebuah wisata selfie dan pool party dari Kagum Group bernama Centrum Million Balls, bahkan disebut-sebut menjadi kolam mandi bola terbesar di Indonesia.

Ada berbagai wahana selfie yang menarik di Centrum Million Balls, salah satu wahana utamanya adalah Big Pool Party.

Selain itu ada pula ruangan selfie dengan berbagai tema unik, foodcourt, hingga toko souvenir yang menjual cinderamata khas.

Berdiri pada sebuah bangunan bekas kolam renang, tempat ini kemudian disulap menjadi pool party berisi jutaan bola berwarna oranye lengkap dengan seluncuran.

Kolam ini terbuka bagi semua kalangan, walaupun ada tempat khusus bagi anak.

Centrum Million Balls juga memiliki 12 spot foto selfie tematik yang memiliki keunikan masing-masing.

Spot tersebut diantaranya seperti choco sundae, disco darling, french fries, strawberry cheesecake, butter popcorn, story of my life, dan lainnya.

Centrum Million Balls berlokasi di Jl. Belitung No.10, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Buka pukul 10.00 – 20.00 WIB pada weekday dan pukul 09.00 – 20.00 WIB pada weekend, dengan tiket masuk Rp50.000 pada weekday dan Rp65.000 pada weekend.

Ciwidey Valley Resort

tempat wisata paling favorit di bandung

Berada di dataran tinggi bagian selatan Bandung, Ciwidey terkenal akan suasananya yang sejuk.

Ciwidey Valley Resort pun menawarkan wisata keluarga dengan suasana khas daerah Ciwidey, terutama dengan mengusung tema back to nature.

Selain resort berupa cottage dari tipe mewah hingga family rate, destinasi wisata ini juga terkenal akan pemandian air panas nya.

Alhasil menikmati kawasan perbukitan di daerah Ciwidey bakal terasa lengkap apabila menginap di Ciwidey Valley Resort.

Pemandian air panas di Ciwidey Valley Resort terkenal karena mengusung konsep waterpark lengkap dengan area bermain, ada yang untuk anak-anak dan ada pula yang untuk dewasa.

Selain itu, ada pula taman burung, camping, hingga restoran.

Camping di Ciwidey Valley Resort juga terbilang unik, sebab disini pengunjung tinggal memilih tipe camping yang disediakan, mulai dari family rate hingga standar rate.

Sedangkan restoran di sini menjual menu lengkap, tradisional hingga modern.

Ciwidey Valley Resort berlokasi di Jl. Barutunggul Km.17, Ciwidey, Alamendah, Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Buka 24 jam setiap hari untuk tamu hotel dan pukul 08.00 – 17.00 WIB untuk pemandian air panas, dengan tiket masuk sebesar Rp40.000 untuk pemandian air panas dan Rp850.000 – Rp1.750.000 untuk menginap.

Curug Cinulang

Berada di perbatasan Kabupaten Bandung dan Sumedang, Curug Cinulang aslinya berada di wilayah Sumedang.

Namun, curug yang aslinya bernama Curug Sindulang ini lebih mudah dikunjungi dari arah Bandung, tepatnya di daerah timur Bandung.

Lokasinya yang tidak begitu jauh dari bypass Cicalengka membuat akses ke lokasi Curug Cinulang relatif mudah.

Apalagi di sepanjang perjalanan akan terdapat banyak view pegunungan, hamparan sawah, sungai, dan bentangan lembah yang indah.

Curug Cinulang memang populer, bahkan namanya pernah ada di dalam lirik sebuah lagu Sunda.

Curug atau air terjun setinggi 30 meter ini pesonanya tidak bisa disepelekan, terutama karena pemandangan dua air terjun kembar yang segar.

Pengunjung yang datang pun tidak perlu khawatir jika merasa lapar. Sebab di sini berdiri beberapa warung makan, toilet, dan tempat ibadah.

Meskipun tidak tertata rapi dan terkesan kumuh, fasilitas ini dapat membantu keperluan pengunjung di sini.

Curug Cinulang berlokasi di Cicalengka Sindangwangi, Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Buka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp10.000/orang.

Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat berarti tiga air terjun yang berada di empat sungai.

Destinasi wisata ini memang menggabungkan tiga macam curug Curug Tilu, Curug Aseupan, dan Curug Cilaki, serta sungai, hutan, dan goa dalam lahan seluas lima hektar.

Tempat ini memang sering dipakai untuk kegiatan luar ruangan, seperti outbound dan trekking.

Berbagai kegiatan outbound yang bisa dilakukan di sini memang cukup lengkap mulai dari body rafting, flying fox, shaking bridge, high rope, dan lain-lain.

Selain itu, Curug Tilu Leuwi Opat sebenarnya terkenal akan jalur trekking nya yang masih alami.

Apalagi karena rute nya yang relatif datar dan hanya sedikit tanjakan dan turunan, selama perjalanan pengunjung juga akan menemui jembatan bambu.

Kurang lebih 1 kilometer perjalanan, setelah melewati Curug Citulang makan pengunjung akan sampai di area utama Curug Tilu Leuwi Opat.

Meskipun pendek, air nya terasa bersih, tetapi pengunjung tidak dibolehkan berenang di sekitar curug.

Curug Tilu Leuwi Opat berlokasi di Jl. Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Buka 24 jam setiap harinya dengan tiket masuk lokasi sebesar Rp10.000/orang.

Dago Dream Park

tempat wisata yang asyik di bandung

Keindahan wisata Bandung datang juga dalam sebuah kemasan rekreasi keluarga perpaduan budaya Jawa, Sunda, dan Bali bernama Dago Dream Park.

Tempat ini akan menyuguhkan panorama alam yang asri dalam berbagai wahana permainan.

Tidak kurang Dago Dream Park memiliki sekitar 29 wahana permainan yang seru.

Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas luar ruangan atau outbound, family gathering, berkendara, tempat selfie, hingga Pine Forest Trekking.

Berada di atas lahan seluas 11,6 hektar, beberapa zona permainan yang ada di Dago Dream Park adalah seperti Dream Zone, Park Zone, Extreme Selfie, dan The Bridge.

Masing-masing zona tersebut berisi wahana permainan yang seru dan asyik.

Tak hanya itu, fasilitas yang ada pada objek wisata di Dago ini juga terbilang lengkap bagi pengunjung.

Mulai dari parkiran yang luas, ruang serba guna, restoran dan foodcourt, camping ground, toilet, tempat ibadah, dan berbagai fasilitas lainnya.

Dago Dream Park berlokasi di Jl. Dago Giri Km. 2,2, Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Buka setiap hari dari pukul 09.00 – 17.00 WIB dengan harga tiket masuk dan wahana kisaran Rp25.000 – Rp30.000.

Informasi lengkap tentang Dago Dream Park Bandung bisa kalian lihat di sini.

Danau Situ Patenggang

tempat wisata di bandung untuk keluarga

Dataran tinggi di daerah Bandung memang terkenal akan panorama alam yang tidak ada habisnya.

Situ Patenggang salah satunya, sebuah danau yang terletak di wilayah selatan Bandung ini memiliki panorama alam yang asri khas dataran tinggi.

Berada pada ketinggian 1600 mdpl, danau Situ Patenggang dikelilingi oleh kebun teh Rancabali yang luas.

Danau yang berada di daerah Ciwidey ini memiliki luas sekitar 45.000 hektar dan terletak di dalam cagar alam Perhutani seluas 123.077 hektar.

Legenda mengatakan bahwa Patenggang berasal dari kata ‘pateangan-teangan’ yang dalam bahasa Sunda berarti saling mencari.

Konon nama tersebut muncul dari kisah percintaan Ki Santang dari Pajajaran dan Dewi Rengganis dari Majapahit.

Singkat cerita, kisah cinta tersebut sayangnya harus dipisahkan dengan meletusnya perang Bubat antara kedua kerajaan tersebut.

Namun, kedua pasangan tersebut berhasil bertemu kembali dan kemudian berlayar ke tengah danau Situ Patenggang.

Danau Situ Patenggang berlokasi di Jl. Raya Ciwidey-Rancabali, Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Buka setiap hari pukul 06.00 – 18.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp22.000/orang.

Glamping Lakeside Rancabali

tempat wisata yang asyik di bandung

Berada di tepi danau Situ Patenggang dan di kaki gunung Patuha, kawasan wisata serta resort di Ciwidey ini bernama Glamping Lakeside Rancabali.

Nuansa alam terbuka khas perbukitan dengan dikelilingi hijaunya perkebunan teh ada di tempat ini.

Namun yang menjadi primadona dan ikon dari Glamping Lakeside Rancabali adalah restoran berbentuk kapal Pinisi yang menghadap danau Situ Patenggang.

Apalagi untuk memasuki restoran ini, boleh hanya sekedar berfoto dan tidak harus makan.

Tapi akan lebih baik jika pengunjung sekalian bersantap makan di restoran Pinisi.

Meskipun harganya relatif mahal, tetapi menunya lengkap dari masakan lokal maupun western terutama sembari melihat pemandangan danau dan perbukitan.

Memasuki Resto Pinisi akan terasa lengkap jika melalui jembatan gantung.

Selain itu ada pula wahana lain seperti speedboat untuk berkeliling danau, kuliner food truck, spot selfie teras bintang, hingga fasilitas penginapan berbentuk tenda di tepi danau.

Glamping Lakeside Rancabali berlokasi di Jl. Raya Ciwidey – Patengan Km. 39, Situ Patenggang, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Setiap hari buka 24 jam atau pukul 07.00 – 19.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp20.000.

Informasi lengkap tentang Glamping Lakeside Rancabali bisa kalian lihat di sini.

Grace Rose Farm

tempat wisata di bandung untuk keluarga

Bunga memang selalu menarik untuk dilihat, apalagi jika mengunjungi komplek wisata bunga seluas 5 hektar.

Hal inilah yang didapatkan ketika berwisata ke Grace Rose Farm, perkebunan bunga di Bandung yang berada pada ketinggian 1200 mdpl.

Menjadi salah satu penyuplai bunga mawar terbesar di Bandung dan sekitarnya Grace Rose Farm juga memiliki koleksi bunga menarik lain.

Tak kurang ada sekitar 600 jenis tanaman bunga di perkebunan ini yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Salah satu hal yang membuat perkebunan bunga ini unik adalah karena penataannya yang rapi serta fasilitas memadai.

Beberapa fasilitas tersebut adalah seperti guide atau pemandu wisata, toilet, tempat ibadah, dan restoran khas Sunda.

Selain berwisata, pengunjung juga akan belajar melihat pemrosesan bunga potong di Grace Rose Farm.

Bahkan pengunjung juga bisa memiliki tanaman-tanaman yang ada di sini dengan membelinya untuk dibawa pulang dan ditanam di kebun rumah.

Grace Rose Farm berlokasi di Jl. Kolonel Masturi No. 305, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Buka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp20.000 pada weekday dan Rp25.000 pada weekend.

Jalan Braga Bandung

tempat wisata di bandung untuk keluarga

Braga adalah nama sebuah jalan sepanjang 1 kilometer di Bandung yang selalu ramai oleh wisatawan.

Jalan ini dulunya terkenal dengan sebutan De meest Europeesche winkelstraat van Indië yang menjadi ikon dari kota Paris van Java.

Julukan tersebut memang terkenal semasa kolonialisme Belanda yang berarti jalan perbelanjaan bangsa Eropa terkemuka di Hindia Belanda.

Padahal sebelumnya kawasan Jalan Braga tak ubahnya adalah jalan sempit nan rawan kriminalitas.

Namun semenjak kedatangan Belanda, Jalan Culik atau Jalan Pedati ini berubah menjadi kawasan bisnis dengan berdirinya sejumlah toko, bar, hingga tempat hiburan malam.

Terlebih munculnya butik di tahun 1920an yang lalu menjadi kiblat fesyen.

Kini eksotisme Jalan Braga tak berhenti menarik wisatawan di Bandung.

Mulai dari Museum KAA, Taman Braga, Cikapundung Riverspot, deretan lukisan seniman Jelekong, Braga City Walk, hingga Gedung Landmark ada di sepanjang jalan ini.

Jalan Braga berlokasi di Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Buka 24 jam setiap harinya dengan biaya parkir sebesar Rp2.000/ 2 jam, pengunjung dapat menikmati segala macam keseruan yang ada di Jalan Braga.

Informasi lengkap tentang Jalan Braga Bandung bisa kalian lihat di sini.

Little Seoul Bandung

tempat wisata di bandung yang rekomended

Negeri Ginseng, Korea memang selalu menjadi primadona bagi traveler untuk mengunjunginya.

Ternyata menikmati suasana Korea juga bisa dilakukan tanpa perlu jauh-jauh dan mengeluarkan ongkos banyak, yaitu dengan pergi ke Little Seoul.

Little Seoul yang ada di Bandung adalah salah satu destinasi wisata kreatif dengan nuansa ala Negeri Ginseng.

Berada di area Chingu Cafe, tempat ini memiliki bangunan bergaya Korea Selatan mulai dari taman kota, museum, hingga restoran.

Tempat ini benar-benar menghadirkan suasana Dongdaemun yang ada di Seoul.

Semuanya bisa didapatkan dengan berkunjung ke bagian taman belakang Chingu Cafe ini lengkap dengan masakan tradisional bahkan hingga pakaian khas Korsel.

Bangunan yang ada disini pun terlihat cantik berwarna-warni lengkap dengan tulisan berhuruf hangul.

Tulisan-tulisan tersebut berada di dalam papan penunjuk jalan yang menyebutkan nama-nama daerah di Korea Selatan, seperti Gangnam dan lainnya.

Little Seoul Bandung berlokasi di Jl. Sawunggaling No. 10, Taman Sari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

Buka setiap hari pukul 10.00 – 22.00 WIB dengan harga tiket masuk gratis dan hanya dikenai tarif sewa atau kuliner.

Informasi lengkap tentang Little Seoul Bandung bisa kalian lihat di sini.

Masjid Raya Bandung

tempat wisata di bandung

Salah satu bangunan landmark kota Bandung adalah Masjid Raya Bandung.

Bangunan yang didirikan pada tahun 1812 ini sepanjang sejarahnya telah beberapa kali mengalami renovasi, renovasi besar-besaran dilakukan pada awal 2006 lalu.

Semasa awal dibangun pada abad ke-19, bentuk bangunan Masjid Raya Bandung masih tradisional dan sederhana.

Berbentuk panggung dan bertiang kayu, berdinding anyaman bambu, beratap rumbia, dilengkapi sebuah kolam besar untuk wudhu.

Baru pada tahun 1930, masjid ini dilengkapi serambi dan sepasang menara pendek beratap tumpang susun di kiri dan kanan bangunan hasil rancangan arsitek Maclaine Pont.

Lalu di tahun 1955, atap nya diubah menjadi model bawang ala Timur Tengah.

Setelah mengalami beberapa perbaikan akibat kerusakan dan faktor usia, akhirnya masjid terlihat menjadi seperti sekarang.

Dua menara kembar setinggi 81 meter menjadi ciri khas bangunan landmark sebagai simbol religiusitas dari Kota Bandung.

Masjid Raya Bandung berlokasi di Jl. Dalem Kaum No. 14, Balonggede, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Jawa Barat.

Masjid Raya Bandung buka setiap hari selama 24 jam baik untuk kegiatan peribadatan maupun sebagai destinasi sejarah dan budaya.

Panama Park 825

tempat wisata di bandung

Mengusung tagline ‘The Best and Biggest Indoor Playground’, Panama Park 825 menghadirkan tempat wisata bermain indoor di Bandung.

Taman bermain untuk anak-anak ini memiliki beraneka macam wahana permainan seru dan juga edukatif.

Nama Panama sendiri merupakan akronim dari delapan dua lima atau 825, yaitu nomor lokasi jalan tempat ini berada.

Lokasinya memang cukup strategis, selain berada di jalan utama Kota Bandung, beberapa akses jalan tol juga dekat dari sini.

Wahana permainan yang ada di Panama Parka 825 memang kebanyakan dikhususkan buat anak-anak.

Seperti, Snow Park, Game Master, Joy n Fun, Children Playground, Big Rides, LED Interactive Room, Role Play, Sand Pool, dan lainnya.

Selain itu, fasilitas yang ada juga terbilang lengkap mulai dari area foodcourt dengan beragam kuliner seperti cemilan hingga makanan berat.

Ada pula Event Room, Stage Performance, dan fasilitas pendukung seperti toilet hingga tempat ibadah.

Panama Park 825 berlokasi di Jl. Jenderal Soedirman No. 825, Cijerah, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, Jawa Barat.

Buka hari Senin – Jum’at pukul 10.00 – 20.00 WIB dan Sabtu – Minggu pukul 09.00 – 21.00 WIB, dengan harga tiket masuk Rp35.000 pada weekday dan Rp50.000 pada weekend.

Curug Cipanas Nagrak Kancah

tempat wisata paling favorit di bandung

Bandung berada di sebuah bekas danau purba serta dilewati oleh lempeng aktif dan gunung vulkanik.

Oleh sebab itu banyak sekali ditemu sumber air panas di sekitar Bandung, satu diantaranya adalah wisata air panas Curug Cipanas Nagrak Kancah.

Objek wisata yang belum lama dibuka ini awalnya hanyalah aliran sungai kecil biasa, kemudian masyarakat setempat secara sukarela membuat kolam pemandian.

Bentuk dari kolam pemandian tersebut terlihat seperti hati atau love, sangat unik.

Meskipun ketinggian curug atau air terjun di sini hanyalah setinggi 2 meter, namun uap air panas nya menjadi daya tarik tersendiri.

Sumber air panas di Curug Cipanas Nagrak ini berasal dari gunung Tangkuban Parahu yang kaya kandungan belerang.

Wisata alam yang tergolong baru ini ternyata sudah dilengkapi pula dengan fasilitas pendukung bagi pengunjung.

Seperti tempat ibadah, saung bambu untuk tempat peristirahatan, kamar mandi bilas, bahkan beberapa warung makan dan minuman.

Pemandian Curug Cipanas Nagrak Kancah berlokasi di Nagrak, Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Buka pukul 06.00 – 18.00 WIB atau terkadang 24 jam dengan harga tiket Rp3.000 untuk anak dan Rp5.000 untuk dewasa, serta biaya parkir Rp5.000/motor dan Rp10.000/mobil.

Puncak Bintang

Puncak Bintang

Sesuai dengan namanya, Puncak Bintang berada pada puncak sebuah bukit yang memiliki ketinggian 1442 mdpl.

Tempat ini juga terkenal dengan sebutan Puncak Bintang Bukit Moko karena lokasinya dekat dengan warung Daweung atau Moko.

Puncak Bintang dibuka untuk umum secara resmi pada tanggal 23 September 2014 silam oleh kepala Perhutani Divreg Jabar dan Banten.

Tempat yang dulunya adalah hutan pinus sadapan pun akhirnya beralih rupa menjadi destinasi hutan wisata.

Area hutan pinus yang terlihat berdiri rapi dan panorama Kota Bandung yang gemerlap dikala malam hari terlihat jelas dari Puncak Bintang.

Selain itu terlihat jelas pula keindahan area patahan atau Sesar Lembang sekitar 2 km dari area puncak.

Ketinggian tempat ini menawarkan berbagai macam keseruan.

Beberapa yang menjadi favorit adalah sunset dari Puncak Bintang, lalu ada juga spot Dermaga Bintang, serta di sekitar area puncak juga tersedia camping ground bagi pengunjung.

Puncak Bintang berlokasi di Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Buka setiap hari pukul 08.00 – 19.00 WIB kecuali hari Sabtu pukul 08.00 – 23.30 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp15.000.

Sedangkan untuk tarif camping Rp20.000, dan biaya parkir sebesar Rp5.000/motor dan Rp10.000/mobil.

Sanghyang Heuleut

tempat wisata paling favorit di bandung

Siapa sangka jika selama ini Bandung menyimpan salah satu wisata eksotis yang cukup tersembunyi.

Sanghyang Heuleut namanya, sebuah danau alami purba yang diyakini berasal dari letusan Gunung Sunda ini memiliki air jernih dan terkesan asri.

Sanghyang Heuleut diambil dari dua suku kata bahasa Sunda yaitu Sanghyang berarti sesuatu yang dianggap suci dan Heuleut berarti jeda atau batas sesuatu.

Tak heran jika warga setempat mempercayai tempat ini sebagai pemandian bidadari.

Hal tersebut bukan hanya karena namanya yang indah dan terkesan magis, namun juga karena lokasinya yang tersembunyi dan terpencil.

Memang untuk mencapai danau ini pengunjung harus menempuh waktu perjalanan sekitar 1,5 hingga 2 jam.

Namun semuanya akan terbayar lunas sesampainya di lokasi Sanghyang Heuleut berada.

Danau alami dengan kedalaman sekitar 3 meter ini terlihat sangat eksotis dan asri, serta ada pula dua gua bernama Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek.

Sanghyang Heuleut berlokasi di Cipanas, Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Buka dari Senin – Jum’at pukul 08.00 – 16.00 WIB, Sabtu pukul 08.00 – 17.00 WIB, dan Minggu pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Dengan harga tiket masuk sebesar Rp10.000 dan biaya parkir Rp5.000 dan Rp10.000.

Sendang Geulis Kahuripan

tempat wisata di bandung untuk keluarga

Berfoto dibawah air memang menjadi sensasi seru yang sedang digemari akhir-akhir ini.

Makanya, banyak orang mencari spot-spot unik berfoto bawah air salah satunya ada di Bandung yang bernama Sendang Geulis Kahuripan atau Sirah Cai Kahuripan.

Sendang Geulis Kahuripan berasal dari kata Sendang berarti kolam di pegunungan yang berasal dari mata air.

Sementara itu Geulis adalah kata bahasa Sunda yang artinya cantik dan Kahuripan juga merupakan kata bahasa Sunda berarti kehidupan.

Lokasinya yang agak terpencil menjadikan tempat ini terjaga eksotisnya.

Airnya terasa begitu segar dan terlihat sangat jernih, bahkan konon menurut masyarakat setempat khasiat dari airnya mampu mengobati pegal hingga membuat awet muda.

Namun meskipun terpencil, Sendang Geulis Kahuripan ternyata telah dikelola secara resmi oleh Perhutani Divreg Jabar dan Banten.

Sehingga fasilitas di sekitarnya pun memadai, seperti toilet dan kamar ganti serta beberapa warung makan dan lesehan.

Sendang Geulis Kahuripan berlokasi di Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Buka setiap hari pukul 07.00 – 18.00 WIB dengan tiket masuk lokasi sebesar Rp10.000.

Taman Asia Afrika

tempat wisata di bandung untuk keluarga

Salah satu taman terbaru yang ada di pusat Kota Bandung adalah Taman Asia Afrika.

Setelah Pemkot Bandung berhasil merevitalisasi beberapa fasilitas umum dan ruang publik di Kota Bandung, kini kembali membuat sebuah ruang terbuka hijau.

Ruang terbuka hijau atau taman ini dibangun untuk mengabadikan momen Konferensi Asia Afrika atau KAA di Bandung.

Bahkan pemrakarsa pembuatan taman ini datang langsung dari permintaan beberapa negara yang tergabung dalam KAA.

Alhasil untuk kembali merepresentasikan momen Konferensi Asia Afrika yang pernah diselenggarakan di Bandung, dibuatlah Taman Asia Afrika.

Taman ini dibangun diatas lahan seluas 1,6 hektar dan sekaligus berfungsi sebagai ruang terbuka hijau

Taman ini memang memiliki daya tarik seperti sebuah danau buatan di tengah taman dilengkapi dengan air mancur berwarna warni pada malam hari.

Ada pula patung dari tokoh-tokoh penggagas terselenggaranya Konferensi Asia Afrika tahun 1955 silam.

Taman Asia Afrika berlokasi di Jl. Jakarta, Kebonwaru, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat.

Sebagai ruang publik Taman Asia Afrika buka 24 jam setiap harinya dengan hanya membayar biaya parkir Rp2.000 – Rp5.000 saja.

Taman Kardus Bandung

Taman Kardus Bandung

Wisata kreatif di Bandung memang seakan tidak ada habisnya, salah satunya yang terbilang unik adalah Taman Kardus.

Taman yang berada di dalam komplek Green Forest resort ini melakukan upaya pengurangan sampah dengan metode daur ulang.

Sebagaimana namanya, Taman Kardus memang benar-benar menggunakan kardus sebagai bahan perlengkapan di dalamnya.

Meja dan kursi yang digunakan di sini terbuat dari kardus jenis AA berkualitas tinggi, tahan lama, dan bisa bongkar pasang.

Taman Kardus sebenarnya mengusung tema edukasi dan wisata fotografi.

Sebab selain terdapat beraneka macam spot selfie yang unik seperti miniatur Gedung Merdeka berbahan kardus, tempat ini juga memberi edukasi daur ulang sampah.

Ada dua area di Taman Kardus, yakni area indoor dan juga outdoor.

Pada area outdoor pengunjung dapat sekaligus menikmati segarnya angin berhembus, bahkan hal menarik lainnya pengunjung juga bisa memesan menu yang dihidangkan di sini.

Taman Kardus Bandung berlokasi di Jl. Terusan Sersan Bajuri No. 102, Green Forest Resort, Cihideung, Kec. Parongpong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Buka setiap hari pukul 10.00 – 22.00 WIB dengan harga menu kisaran Rp15.000 – Rp85.000.

Tebing Keraton Bandung

tempat wisata di bandung

Tebing Keraton atau yang bernama asli Tebing Karaton adalah sebuah objek wisata alam terkenal di Bandung.

Tempat ini juga seringkali disebut dengan nama Tebing Jontor serta dikenal luas wisatawan karena memiliki pemandangan yang menawan.

Ada berbagai versi terkait dengan penamaan Tebing Keraton.

Salah satu yang populer di masyarakat yaitu diberi nama Keraton karena tebing dengan ketinggian 1.200 mdpl ini mempunyai pemandangan yang megah dan mewah menakjubkan.

Selain keindahannya, Tebing Keraton juga menyimpan beberapa misteri.

Seperti adanya jejak kaki raksasa di sekitar objek wisata dan ada pula misteri tentang asal usul bebatuan di sini yang dipercaya berasal dari aliran lava basalt Gunung Sunda.

Misteri terakhir adalah adanya sumber air Sekegede yang keluar dari lava di sekitar tebing.

Terlepas dari misteri dibaliknya, Tebing Keraton memang memiliki view yang indah dan bahkan bila cuaca cerah bisa terlihat jelas Gunung Tangkuban Parahu.

Tebing Keraton berlokasi di Ciharegem Puncak, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Buka setiap hari dari pukul 05.00 – 18.00 WIB dengan harga tiket masuk wisata sebesar Rp11.000.

Informasi lengkap tentang Tebing Keraton Bandung bisa kalian lihat di sini.

The Great Asia Africa

tempat wisata di bandung yang rekomended

Tempat wisata baru berwujud miniatur negara-negara di Asia dan Afrika ini bernama The Great Asia Afrika.

Mengusung konsep wisata edukasi, leisure, hingga kuliner, tempat ini memberikan alternatif liburan murah berkeliling negara di Asia atau Afrika.

Berada di atas lahan seluas 5 hektar, The Great Asia Afrika terbagi menjadi 7 bagian sesuai dengan wilayah atau negara di Asia dan Afrika.

Ketujuh bagian tersebut yaitu Indonesia, Jepang, India, Korea Selatan, Thailand, Timur Tengah, dan terakhir Afrika.

The Great Asia Afrika diresmikan pada tanggal 18 Desember 2019 dan berada di kawasan lembah perbukitan Lembang yang sejuk dan asri.

Tempat ini juga memiliki beraneka macam wahana dan spot foto unik sesuai asal negara yang ada di sini.

Selain menyuguhkan bangunan ikonik ala masing-masing negara , ada pula kuliner tradisional, hingga pakaian khas.

Pembangunan objek wisata ini memang dilatarbelakangi oleh sejarah penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika di Bandung.

The Great Asia Afrika berlokasi di Jl. Raya Lembang-Bandung No. 71, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kab.

Bandung Barat, Jawa Barat. Buka hari Senin – Minggu pukul 08.00 – 18.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp50.000.

Informasi lengkap tentang The Great Asia Africa bisa kalian lihat di sini.

This Is Me Bandung

tempat wisata paling favorit di bandung

Destinasi wisata dengan konsep kekinian, This Is Me adalah wisata selfie favorit di Bandung terutama bagi milenial.

Tempat ini memang menyuguhkan beragam spot foto keren dan instagenik, sehingga wajar jika aktivitas di sini adalah berswafoto.

This Is Me berada pada bangunan indoor dan memiliki 13 ruangan tematik di dalamnya.

Beberapa ruangan tersebut memiliki tema seperti pink hotel, pink theatre, gym time, sunday mart, bake my day, flamingo beach, the beauty bar, dan lain-lain.

Tempat yang dibuka secara resmi pada tanggal 18 November 2018 ini memang bertujuan untuk menjadi ikon selfie kekinian di Bandung.

Apalagi di sini pengunjung bisa bebas untuk memilih spot selfie yang diinginkan sesuai dengan selera individu.

Semua ruangan di This Is Me Bandung juga dilengkapi dengan berbagai macam properti sesuai dengan tema yang ada.

Hal ini semakin menambah keseruan untuk melakukan swafoto di tempat ini, terutama bersama dengan orang-orang terdekat.

This Is Me berlokasi di Jl. Cihampelas No. 106, Taman Sari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

Buka setiap hari dari pukul 09.00 – 20.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp55.000 dan jasa foto sebesar Rp10.000.

Di dalamnya, ada sekitar 5.367 koleksi yang terdiri dari koleksi asli maupun replika. Pastinya, tempat ini akan sangat cocok bagi Anda para pecinta sejarah.

Informasi lengkap tentang This is Me Bandung bisa kalian lihat di sini.

Catatan
Demikian itu tadi informasi tentang berbagai tempat wisata yang ada di kota Bandung.

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat-tempat tersebut, pastikan bahwa Anda sudah merencanakannya sebaik mungkin.

Dengan perencanaan yang baik, pastinya Anda bisa menikmati setiap keindahan dari tempat-tempat wisata yang sudah disebutkan di atas.

Selamat Berwisata!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Kampung Korea

Kampung Korea

Bagi sebagian banyak orang yang keseharian nya hidup di daerah perkotaan, pastinya mereka telah merasakan seperti apa rasanya hidup di tengah-tengah lingkungan yang serba ada, besar dan mewah. Namun, semua…
Selengkapnya
Gambar Amazing Art World (6)

Amazing Art World Bandung

Berwisata adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, dengan berwisata kita bisa melepas seluruh penat yang ada di kepala. Apalagi kalau kamu mempunyai waktu untuk menghabiskan liburan bersama orang-orang terdekat seperti sahabat,…
Selengkapnya