China Town Bdg

China Town Bandung

Bandung merupakan salah satu kota wisata populer di Indonesia dan menjadi salah satu destinasi favorit bagi warga metropolitan Jakarta.

Selain menawarkan panorama alam dan aneka wisata yang menarik, Paris van Java juga memiliki destinasi wisata budaya khas.

Salah satunya adalah Chinatown Bandung, tempat yang biasa dikenal dengan nama pecinan ini menawarkan beragam wisata seru, mulai dari wisata sejarah, wisata kuliner, dan tentu saja berbagai spot foto unik dan menarik.

Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa ulasan mengenai Chinatown Bandung dan keseruan yang bisa didapatkan dengan mengunjunginya.

Review China Town Bandung

chinatown bandung

Setiap kota di Indonesia bisa dibilang memiliki kawasan khusus yang bernama Chinatown atau lebih dikenal bernama Pecinan.

Area ini menjadi tempat khusus bagi sebagian besar warga keturunan Tionghoa yang berada di Indonesia.

Area wisata budaya khas Negeri Tirai Bambu ini bukan hanya ada di kota-kota besar yang ada di Indonesia, melainkan juga di berbagai kota besar di seluruh dunia.

Seperti Bangkok, San Fransisco, New York, dan sebagainya.

Bandung juga tidak ketinggalan memiliki sejumlah kawasan pecinan atau Chinatown.

Beberapa di antara nya adalah di area Pasar Andir, Jalan Pecinan Lama, Jalan Garujati, Jalan Kelenteng, dan Jalan Kebonjati.

Salah satu Chinatown favorit di Bandung terletak di kawasan Jalan Kelenteng yang menjadi penghubung dengan Jalan Cibadak.

Chinatown Bandung ini berdiri di atas lahan seluas 3.000 hektar, yang mulai dibuka untuk umum sejak tanggal 4 Agustus 2017.

Suasana yang dihadirkan sangat kental dengan budaya khas China, terutama dengan adanya bangunan kelenteng yang berusia sekitar 130 tahun.

Selain itu berbagai ornamen berwarna dominan kuning dan merah semakin menguatkan suasana khas Negara asal hewan Panda tersebut.

Yang Menarik di China Town Bandung

Pengunjung yang datang ke Chinatown di Bandung ini dapat menikmati berbagai daya tarik budaya khas Negeri Tirai Bambu.

Mulai dari wisata sejarah, wisata budaya, dan tentu saja tak ketinggalan yakni wisata kuliner.

1. Bandung Chinatown Museum

chinatown bandung

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengunjungi Bandung Chinatown Museum.

Bangunan dengan fungsi edukatif ini menjelaskan tentang sejarah masukanya etnis Tionghoa ke Indonesia, terutama berkaitan dengan kisah perdagangan nya.

2. Toko Khas China

chinatown bandung

Selanjutnya, pengunjung juga dapat mengunjungi toko-toko yang menjual pakaian, aksesoris, dan ornamen khas budaya Tionghoa di sini.

Pengunjung juga bisa menyewa kostum khas Tiongkok lengkap dengan make up nya.

3. Kuliner Chinatown Bandung

chinatown bandung

Apabila perut sudah mulai lapar maka tidak perlu khawatir, sebab wisata kuliner Chinatown memang menjadi salah satu primadona.

Area food court di Chinatown Bandung berisi lebih dari 77 UKM yang menyediakan berbagai menu makanan mulai dari Chinesefood, makanan khas Nusantara, dan tentu saja makanan khas Bandung.

4. Area Bermain & Spot Foto

chinatown bandung

Bagi kalian yang berkunjung bersama keluarga dan mengajak anak-anak bersama, Chinatown Bandung juga menyediakan arena bermain khusus anak.

Kemudian jangan lupa juga untuk mengambil foto di beberapa spot menarik yang ada di Chinatown Bandung, salah satu spot favorit adalah Infinity Room.

Lokasi China Town Bandung

Peta Chinatown Bandung


Chinatown Bandung beralamat di Jalan Kelenteng no. 41, Ciroyom, Kecamatan Andir, Kota Bandung, Jawa Barat.

Lokasinya strategis karena berada di pusat Kota Bandung sehingga semakin memudahkan bagi pengunjung jika sekaligus ingin menikmati obyek wisata lebih dari satu.

Jam operasional dari Chinatown adalah dari mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB pada hari Senin sampai dengan Jumat.

Sedangkan pada hari Sabtu yaitu dari mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB dan pada hari Minggu dari mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB.

Baca juga Tempat Wisata di Bandung lainnya.

Rute Menuju China Town Bandung

Beberapa rute berikut ini dapat kalian tempuh untuk sampai ke Chinatown Bandung. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

a. Via Kendaraan Pribadi

Menggunakan kendaraan pribadi memang sangat nyaman bagi kebanyakan orang. Selain bisa mempercepat sampai tujuan, ongkos yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak.

Bagi kalian yang menggunakan kendaraan pribadi dapat melewati rute-rute di bawah ini.

Dari Kota Bandung

Apabila kalian berkendara dari Alun-alun Bandung, pergilah menuju Jalan Asia-Afrika menuju ke Jalan Jenderal Soedirman lalu beloklah ke Jalan Kelenteng sampailah di Chinatown Bandung.

Dari Jakarta

Apabila anda dari Jakarta anda bisa menggunakan Jalan Tol Cipularang dan keluar di Exit Tol Pasteur.

Setelah itu masuklah ke Jalan Dr. Djunjunan menuju ke Jalan Moch. Yunus lalu ambillah Jalan H. Mesri – Jalan Kebon Kawung, belok ke Jalan Pasir Kaliki – Jalan H. Basar di Kebon Jeruk.

Selanjutnya menuju Jalan Jenderal Soedirman dan belok ke arah Jalan Kelenteng, sampailah di Chinatown Bandung.

Dari Surabaya, Malang, Solo, Semarang

Apabila anda dari arah timur seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur, gunakan lah Tol Cipali kemudian keluar di Exit Tol Buah Batu di Bandung menuju Jalan Terusan Buah Batu ke Jalan Buah Batu

Selanjutnya menuju Jalan Karapitan lalu Jalan Asia-Afrika, teruskan menuju Jalan Jenderal Soedirman kemudian menuju Jalan Kelenteng, sampailah di Chinatown Bandung.

Dari Tasikmalaya dan Garut

Bagi anda yang dari arah selatan Jawa melalui Nagreg, anda bisa menggunakan rute Halan Nanggeleng-Cirahayu ke Jalur Masuk Tol Kopo di Bandung.

Kemudian keluar di km 135 kemudian menuju Jalan Kopo Cirangrang ke Jalan Kelenteng di Ciroyom, sampailah di Chinatown Bandung.

b. Via Kendaraan Umum

Bagi kalian yang menggunakan kendaraan umum dapat melewati rute-rute di bawah ini.

Dari Terminal Cicaheum

Bagi kalian yang menggunakan bus dan turun di Terminal Cicaheum Bandung.

Naiklah angkot dengan jurusan Cicaheum-Abdul Muis (Kebon Kelapa) lalu turun di Jalan Buah Batu kemudian naik angkot jurusan Gede Bage-St. Hall turunlah di Jalan Kebon Jati Paskal, Ciroyom, tepatnya di pertigaan Jalan Kelenteng.

Kemudian jalan kaki sebentar di Jalan Kelenteng dan sampailah di Chinatown Bandung.

Dari Stasiun Bandung

Bagi kalian yang menggunakan transportasi umum kereta api dan turun di Stasiun Bandung.

Kalian bisa naik angkutan umum dengan jurusan St. Hall atau Tegalega. Kemudian turunlah di Jalan Kebon Jati di Paskal, Ciroyom, tepatnya di pertigaan Jalan Kelenteng.

Kemudian jalan kaki sebentar di Jalan Kelenteng dan sampailah di Chinatown Bandung.

Dari Bandara Husein Sastranegara

Bagi pengunjung yang menggunakan pesawat dan turun di Bandara Husein Sastranegara. Cari dan naiklah angkot dengan jurusan Cibogo-Elang lalu turun di Jalan Pajajaran.

Selanjutnya naik angkot jurusan Caringin-Dago dan turunlah di Jalan Kebon Jati di Paskal, Ciroyom, tepatnya di pertigaan Jalan Kelenteng, kemudian jalan kaki sebentar di Jalan Kelenteng dan sampailah di Chinatown Bandung.

Harga Tiket Masuk China Town Bandung

Harga tiket masuk untuk masuk ke dalam Chinatown Bandung adalah sebesar Rp30.000/orang pada weekdays, sedangkan pada weekend dikenakan tarif sebesar Rp35.000/orang, biaya ini digunakan sebagai retribusi.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Jika kalian bertanya-tanya “kalau kesini enaknya ngapain sih?

Jangan bingung dan pusing, berikut ini adalah beberapa rekomendasi / pilihan kegiatan yang dapat kalian lakukan di sini.

1. Wisata edukatif di Bandung Chinatown Museum

Museum Chinatown Bandung ini merupakan museum kecil yang sarat akan pengalaman sejarah dan edukatif.

Selain terdaapat informasi sejarah kedatangan etnis Tionghoa di Indonesia terutama Bandung, terdapat pula berbagai koleksi antik tempo dulu, seperti ontel, cangkir, teko, dan kerajinan keramik.

2. Wisata belanja dengan suasana khas Oriental

Chinatown Bandung memiliki berbagai pusat olah-oleh khas yang menjual aneka pakaian, aksesoris, dan ornamen khas Negeri Tirai Bambu.

Keunikan lainnya terletak pada nuansa oriental seperti papan nama toko dan hiasan lampion yang digunakan, membuatnya serasa berada sedang liburan di China.

3. Wisata kuliner khas Little China

Salah satu fungsi utama kehadiran Chinatown adalah menjadi pusat budaya khas Tionghoa, salah satunya yakni dalam hal kuliner.

Kalian dapat mencoba berbagai sajian yang dihidangkan di area food court yang bernuansa colorful di sini.

Untuk melakukan transaksi di sini harus menggunakan kartu debit atau kredit dan e-money dengan rata-rata harga nya berkisar dari mulai Rp9.000/porsi.

4. Berfoto menggunakan kostum khas Tiongkok

Chinatown Bandung menyediakan penyewaan koastum Ching-ching khas Tionghoa yang bisa disewa dengan harga mulai dari Rp50.000/orang.

Ada pula tambahan make up dan jasa rias full sebesar Rp150.000/orang.

Sedangkan tarif kostum ala Tiongkok berkisar dari mulai Rp75.000 – Rp150.000/orang dan pakaian tradisional anak-anak berkisar dari mulai Rp50.000 – Rp100.000/anak.

5. Hunting Foto pada Spot Menarik di Chinatown Bandung

Berbagai spot menarik dan instagenik khas Negara asal Panda ini bisa kalian temukan di sini, oleh sebab itu jangan lupa untuk mengabadikannya melalui kamera.

Salah satu yang favorit adalah Infinity Room, yakni ruangan berupa bilik-bilik kamar kecil dengan cermin di setiap sudutnya.

Tips Berkunjung ke China Town Bandung

Berikut ini adalah tips-tips yang dapat memandu wisata kamu selama di Chinatown Bandung agar semakin aman dan menyenangkan.

1. Datang pada malam hari

Keindahan khas dari Chinatown Bandung ini akan lebih terasa sewaktu malam hari.

Apalagi dengan gemerlapnya lampu lampion yang menyala, membuat seolah-olah seperti sedang berkunjung ke China, selain itu juga akan membuat suasana nongkrong terkesan lebih hangat dan romantis.

2. Gunakan fasilitas sebaik mungkin

Bagi pengunjung yang datang bersama dengan keluarga terlebih anak-anak, gunakan lah faisilitas playground dan area bermain anak yang disediakan Chinatown Bandung.

Selain itu ada pula fasilitas lain seperti tempat duduk dan juga tempat ibadah.

3. Jangan membawa makanan dari luar & hewan peliharaan

Demi menjaga aturan yang berlaku di Chinatown Bandung alangkah baiknya pengunjung menikmati makanan dan minuman yang disediakan di arena food court di sini.

Selain itu janganlah mengajak hewan peliharaan ke Chinatown Bandung.

4. Siapkan pembayaran cashless dan baterai kamera

Agar berkunjung ke Chinatown Bandung tidak terasa sia-sia, siapkanlah kartu kredit atau debit serta e-money untuk memudahkan transaksi yang diberlakukan.

Selain itu siapkan pula baterai kamera atau handphone dalam keadaan penuh serta siapkan pula powerbank kalau ada.

5. Jagalah kebersihan & keamanan

Harus diingat bagi para pengunjung agar selalu menjaga kebersihan dan keamanan tempat wisata.

Buanglah sampah pada tempat nya dan jangan sekali-kali merusak fasilitas yang disediakan di Chinatown Bandung.

6. Disarankan menggunakan kendaraan pribadi

Berkunjung ke Chinatown Bandung sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, sebab meskipun posisinya strategis di pusat kota.

Namun tidak ada angkutan kota yang melewati Jalan Kelenteng tempat Chinatown berada.

Nah, itulah sekilas tentang salah satu destinasi pilihan di Bandung berupa Chinatown atau Little China.

Kawasan ini bisa menjadi paket liburan asik sewaktu berkunjung di Bandung, sebab di dalamnya ada beraneka ragam keseruan mulai dari kuliner hingga sejarah.

Selain itu lokasinya yang strategis di pusat Kota Bandung membuat Chinatown Bandung bisa menjadi salah satu hal yang ada sewaktu membuat itinerary kalian dalam mengunjungi Bandung.

Apa Kata Pengunjung?

  • banyak spot photo dan setiap musim ato hari besar ganti tema dekorasi..luculucu.makanan enak dan tetjangkau..
  • Harga tiket masuknya terjangkau. Banyak pilihan makanan mulai dari chinese food sampe lokal food juga ada dan harganya masih terjangkau. Cocok buat yang mau jalan-jalan tapi bosen ke mall. Tempatnya outdoor tapi ga panas sih. Dapet souvenir juga gantungan kunci atau pin gitu lupaa tp lucu. Pas kesana ada show barongsai juga hehe
  • Makanannya lengkap dan enak2. Wisata kuliner malam. Hanya kalau weekend susah cari parkir
  • tempat nya unik
  • Banyak pilihan ....baik makanan dan tempat , Chinese ,Jepang atau tradisional food ada disitu...harga masih terjangkau hanya parkiran nya aja lw lagi rame susah cari lahannya
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Trans Studio Bandung (7)

Trans Studio Bandung

Siapa yang tidak kenal dengan Trans Corp? Brand yang menanungi dua stasiun televisi swasta, Trans TV dan Trans 7 ini sudah tentu bukan hal yang asing lagi. Perusahaan dibawah naungan…
Selengkapnya
Glamping Lakeside Rancabali

Glamping Lakeside Rancabali

Di Bandung Selatan ada objek wisata baru yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menghabiskan waktu kamu, tempat wisata itu bernama Glamping Lakeside Rancabali. Di tempat ini, kamu akan mendapatkan suasana…
Selengkapnya