Bagi sebagian banyak orang yang keseharian nya hidup di daerah perkotaan, pastinya mereka telah merasakan seperti apa rasanya hidup di tengah-tengah lingkungan yang serba ada, besar dan mewah.

Namun, semua itu tidak menjamin bisa memberikan rasa nyaman dan ketenteraman bagi sebagian masyarakat.

Kehidupan sehari-harinya yang biasa dipenuhi dengan kebisingan menjadikan sebuah alasan untuk menghabiskan waktu liburan nya keluar kota.

Tentunya pilihan kota yang tepat untuk kamu kunjungi ialah, Kota Bandung. Karena di Kota Kembang ini mempunyai berbagai macam destinasi wisata yang bisa membuat waktu liburan kamu menyenangkan.

Salah satu destinasi wisata di Bandung yang bisa menemani waktu liburan kamu adalah Kampung Korea.

Berikut ulasan mengenai objek wisata Kampung Korea yang ada di daerah Bandung.

Review Kampung Korea Bandung

kampung korea bandung

Kampung Korea adalah salah satu tempat wisata yang ada di Kota Bandung, tempat wisata ini sengaja diberi nama Kampung Korea karena struktur desain bangunannya mirip dengan Kota Seoul yang berada di daerah Korea Selatan.

Pada tahun 2017, tempat wisata ini dibangun atas inisiatif Bapak Ridwan Kamil ketika itu beliau masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung.

Dari nama tempat wisata nya saja sudah cukup menarik perhatian masyarakat sekitar. Oleh karena itu, tujuan dari pembangunan destinasi wisata ini agar meningkatkan pariwisata Kota Bandung, sehingga selalu ada wisatawan yang berdatangan dari dalam kota dan luar kota.

Destinasi wisata yang satu ini memang sangat unik. Suasana, desain bangunan, struktur yang diterapkan persis seperti Kota Seoul, Korea Selatan yang mampu mengundang perhatian banyak wisatawan di Indonesia.

Sejarah Kampung Korea Bandung

kampung korea bandung

Sebelum masuk ke pembahasan tentang apa saja fasilitas yang ada di area objek wisata Kampung Korea, alangkah baiknya kita harus mengetahui terlebih dulu tentang sejarah di balik terbentuknya tempat wisata yang menarik ini di Kota Bandung .

Perlu kamu ketahui, pembangunan dari Kampung Korea adalah hasil dari kerjasama antara Kota Bandung dengan Kota Seoul.

Kedua belah pihak memang sengaja membangun tempat wisata ini dengan tujuan untuk meningkatkan hubungan baik kerjasama dibidang pariwisata.

Salah satu alasan dibangunnya Kampung Korea di Bandung adalah adanya dana bantuan berupa hibah dari pejabat Korea Selatan untuk membangun flyover baru di Kota bandung. Misal seperti flyover pelangi yang kini berada di daerah Antapani Bandung.

Itulah sejarah berdirinya Kampung Korea yang kini di dalamnya banyak sekali keunikan yang bisa didapatkan oleh setiap wisatawan yang berkunjung.

Untuk lebih jelasnya, yuk mari kita sama-sama simak ulasan berikut ini.

Banyak Spot Instagramable

kampung korea bandung

Sepertinya Kampung Korea ini cocok bagi kamu yang mempunyai kesenangan dalam bidang fotografi.

Pasalnya, di sini banyak sekali tempat atau pun spot yang layak untuk dijadikan sebagai objek dalam pengambilan gambar.

Sebagian dari kamu yang gemar menonton film Korea pasti mengetahui seperti apa suasana dari lingkungan perkotaan di sana.

Begitu juga dengan Kampung Korea yang ada Bandung ini, di sini kamu bisa sepuasnya mengambil foto dari beberapa sudut yang menurut kamu menarik dan layak untuk dijadikan sebagai objek foto dengan background ala-ala Kota Seoul, Korea Selatan.

Oh iya agar terlihat lebih berkesan, kamu dapat menyewa pakaian khas dari Korea Selatan yang telah disediakan oleh pihak pengelola, yaitu Handbook.

Lebih menariknya lagi, jika kamu ke sini dengan pasangan, momen romantis bersama pasangan seperti yang ada di film-film Korea, akan kamu dapatkan di sini.

Kuliner Masakan Korea

kampung korea bandung

Ini dia salah satu hal yang kerap dicari oleh orang-orang yang gemar dengan Korea, tentunya kuliner khas Korea yang sangat diminati banyak orang.

Makanan khas Korea Merupakan masakan yang unik, namun mempunyai cita rasa yang lezat dan juga nikmat ketika menempel di lidah kita membuat banyak orang yang gemar dengan kuliner Korea.

Ketika kamu berlibur bersama keluarga, pasangan atau pun teman-teman ke Kampung Korea Bandung, disarankan untuk mencicipi makanan khas Korea agar kamu mengetahui betapa nikmat dan lezat nya makanan-makanan Korea.

Selain kuliner di resto, kamu juga bisa jajan makanan-makanan ringan di pedagang kaki lima di sekitar area wisata, harga dari jajanan Korea nya pun bisa dibilang cukup terjangkau.

Lalu apa saja makanan Korea yang ada di sini? Untuk menu makanan Korea nya ada Kimchi, Kimbap, Bibimbap, dan Ramyeon. Selain dari menu makanan itu, di sini juga ada jajanan Korea yang sangat nikmat untuk dijadikan sebagai camilan, yaitu odeng dan Tteokbokki.

Coba kamu bayangkan betapa nikmatnya setelah menyantap masakan khas Korea kemudian di lanjut dengan makanan penutup, yaitu jajanan-jajanan ringan ala-ala Korea.

Melihat Seluruh Bangunan Kampung Korea

kampung korea bandung

Struktur dan desain dari bangunan-bangunan yang ada di area ini memang sengaja dibuat semirip mungkin dengan yang asli nya, yaitu Kota Seoul, Korea Selatan.

Maka tak usah merasa heran apabila Kota Bandung kini menjadi pilihan utama oleh para wisatawan lokal sampai mancanegara.

Dimulai dari MRT yang sama persis dengan khas Korea nya, kedai-kedai yang berada di pinggir jalan persis seperti yang ada di film drama Korea, mesin penjual susu pisang otomatis nya pun sama persis, bahkan sampai beberapa tempat lainnya dibuat sama persis seperti suasana yang ada di Kota Seoul, Korea Selatan.

Bagi kamu yang belum pernah berlibur ke Kota Seoul, berkunjung ke sini dapat menambah wawasan kamu seputar Korea, dan juga tidak membutuhkan banyak biaya.

Tiket Masuk Kampung Korea

Untuk dapat masuk ke tempat ini kamu tidak dipungut biaya HTM sepeser pun, alias gratis.

Tapi itu tidak termasuk untuk menikmati makanan khas Korea yang ada di sini. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya jika ingin mencicipi makanan yang tersedia.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Kampung Korea

Setelah kamu memasuki area Kampung Korea, di sini kamu bisa melakukan berbagai macam kegiatan. Berikut beberapa kegiatan menarik yang dapat kamu lakukan di area ini:

Wisata Kuliner

Nah, di dalam Kampung Korea ini sudah disediakan tempat Wisata Kuliner untuk para pengunjung agar bisa menikmati berbagai macam jenis makanan ringan dan masakan khas dari negara Korea.

Yang uniknya lagi, di area ini kita bukan hanya bisa menikmati makanan-makanan Korea saja, akan tetapi masih banyak makanan-makanan lokal dari negara bagian Asia Timur lainnya.

Misal seperti makanan Jepang odeng, ramyeon, dan chikin pun ada di sini.

Oh iya, untuk menikmati wisata kuliner makanan khas Korea, kamu bisa langsung mengunjungi salah satu restoran yang ada di area ini untuk mencoba beberapa menu yang disajikan oleh restoran tersebut, diantaranya seperti Chagiya Korean Suki Food dan BBQ.

Berfoto Ria

Setiap liburan ke suatu tempat atau daerah, tentunya kamu pasti ingin mengabadikan momen liburan itu melalui foto supaya bisa dijadikan sebagai kenang-kenangan.

Nah, di Kampung Korea ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk berfoto ria dan mengabadikan momen-momen penting selama berada di sini.

Tempat wisata yang bangunannya dibentuk seperti tatanan Kota Seoul, Korea Selatan membuat Kampung Korea memiliki banyak spot foto menarik dan juga sangat instagramable.

Di sini kamu bisa memilih tempat dari berbagai macam sudut untuk dijadikan sebagai latar dalam pengambilan foto yang bagus dan unik.

Ketika kamu melewati pintu gerbang utama, di situ kamu akan diberi sambutan oleh beberapa tatanan pohon “sakura”.

Walaupun pohon tersebut hanya buatan, akan tetapi tatanan dari pohon sakura ini ditata dengan rapi, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai spot foto terbaik.

Perlu kamu ketahui, area ini sebenarnya terbagi menjadi dua bagian. Diantaranya area modern dan tradisional. Untuk taman yang dihiasi oleh bunga-bunga sakura ini adalah bagian dari area tradisional.

Area tradisional ini diberi tanda dengan bentuk bangunan yang eksterior nya dibuat oleh kayu, mulai dari jendela, pintu, bahkan sampai ornamen nya terbuat dari bahan kayu.

Sedangkan untuk area modern nya dibuat sedemikian rupa sama persis seperti suasana di Kota Seoul, masing-masing dari bangunan tersebut diberi hiasan jendela kaca yang lebar, serta berwarna-warni.

Sementara untuk jalanan nya sendiri diberi hiasan lampu-lampu yang bentuknya sangat unik. Kemudian tempat duduk yang ada di area modern ini dihiasi dengan hiasan taman yang sangat indah.

Jadi, ketika berada di dalam area Kampung Korea Bandung, hampir secara keseluruhan tempatnya sangat mirip merepresentasikan keadaan Korea yang sebenarnya.

jadi pastikan untuk menyiapkan memori kamera atau smartphone kamu ya!

Wisata Budaya

Kampung Korea tidak hanya menyajikan spot foto atau sekedar kulineran khas Korea, namun kita juga dapat mendapatkan ilmu seputar budaya Korea di sini.

Di Kampung Korea ini merupakan kantor dari komunitas pecinta budaya Korea terbesar di negara Indonesia yang mendapat dukungan besar dari Konsulat Jendral Korea Selatan, membuat tempat wisata ini cocok untuk dijadikan sebagai wisata edukasi/budaya.

Terlebih lagi, saat ini sering diadakan acara yang didalamnya membahas tentang kebudayaan Korea, baik itu modern atau pun tradisional.

Selain itu, para wisatawan juga bisa belajar bahasa Korea, belajar tarian tradisional Korea, bahkan bisa ikut belajar tentang mengetahui aksara Korea (Hangeul).

Hal ini merupakan daya tarik yang dimiliki oleh Kampung Korea, sehingga setiap hari, terutama hari libur selalu banyak wisatawan yang berdatangan ke sini.

Fasilitas Kampung Korea

Adapun beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh para wisatawan, diantaranya seperti:

  • Lahan parkir yang luas
  • Tempat beristirahat
  • Mushola
  • Toilet umum
  • Foodcurt

Selain fasilitas di atas, di sini juga ada tempat yang menyewakan pakaian Korea, yang dapat kamu pakai untuk lebih mendalami suasana Korea dan tentunya untuk berfoto.

Alamat, Lokasi & Jam Buka

Peta Kampung Korea


Untuk keberadaan Kampung Korea ini lokasinya ada di daerah Kebonwaru, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat.

Setiap tempat wisata pasti ada jam buka dan tutup nya, namun berbeda dengan Kampung Korea, karena tempat wisata ini selalu buka setiap hari sehingga bisa memudahkan para wisatawan untuk mengunjungi kapan pun yang mereka mau.

Baca juga Tempat Wisata di Bandung lainnya.

Rute Perjalanan ke Kampung Korea

Adapun beberapa rute perjalanan dari berbagai macam daerah yang dapat memandu perjalanan kamu untuk tiba di Kampung Korea.

Via Kendaraan Pribadi

Jika kamu datang dari arah Kota Bogor menggunakan kendaraan pribadi mobil, kamu bisa melakukan perjalanan ke Puncak terlebih dahulu, kemudian keluar di Cianjur dan dilanjutkan menuju Padalarang.

Sesampainya di Padalarang, kamu bisa langsung masuk ke Tol Padalarang dan keluar di gerbang Tol Pasteur dan melanjutkan perjalanan kembali mengarah ke Jl, Kiaracondong, tak jauh dari situ ada pintu masuk dari Taman Kiara Artha.

Via Transportasi Umum

Jika kamu berangkat dari Kota Jakarta menggunakan transportasi umum seperti travel, bus, dan kereta pun bisa.

1. Via Travel

Jika kamu lebih memilih untuk menggunakan travel, maka kamu akan turun di shuttle terdekat dari gerbang pintu Tol Pasteur (tergantung travel apa yang kamu gunakan).

Sesampainya di tempat pemberhentian travel, kamu bisa memesan ojek online untuk mengantarkan langsung ke lokasi Kampung Korea.

2. Via Bus

Apabila kamu menggunakan transportasi umum seperti Bus, kamu akan turun di Terminal Leuwi Panjang, Bandung.

Dari terminal, kamu pun bisa menggunakan angkutan umum seperti angkot, tapi jika tidak ingin ribet, kamu dapat menggunakan jasa transportasi online yang dapat mengantarkan kamu langsung ke lokasi wisata.

3. Via Kereta Api

Bila kamu berangkat dari Kota Jakarta menggunakan Kereta, kamu bisa turun di stasiun Kiara Condong, tak jauh dari Kiara Condong akan ada Taman Kiara Artha, disitu terdapat pintu masuk menuju lokasi wisata Kampung Korea.

Tips Liburan di Kampung Korea

Berikut ini adalah tips-tips yang dapat memandu wisata kamu selama di Kampung Korea agar semakin menyenangkan.

1. Perhatikan Uang Kamu

Membawa perbekalan uang yang cukup agar bisa menikmati berbagai macam makanan dan fasilitas di sana, karena di area wisata ini banyak sekali aneka jajanan dan masakan khas Korea.

2. Jangan Datang Sendiran

Mengajak teman atau pasangan yang senang dengan suasana Korea agar liburan terasa lebih menyenangkan.

3. Perhatikan Waktu & Cuaca yang Tepat

Disarankan untuk berkunjung di hari yang cerah agar pengalaman wisata yang kamu dapatkan akan lebih menyenangkan tanpa hambatan.

4. Jangan Lupa Bawa Kamera

Membawa kamera agar bisa membuat video vlog bertemakan tentang liburan, dan juga mengabadikan momen dengan cara berfoto di berbagai sudut spot yang menarik.

5. List Penginapan Terdekat

Setelah seharian penuh kamu menghabiskan waktu liburan di Kampung Korea dan ingin bermalam di Bandung, ada beberapa penginapan terdekat yang bisa kamu sewa untuk menginap di Kota Kembang.

Diantaranya seperti:

  • Notre Villa Belimbing
  • Villa Antapani Indah
  • Hotel Corsica
  • Hotel Mitra Bandung
  • The Posters Hotel Bandung
  • Villa Tiramisu

Noted: Masing-masing dari penginapan tersebut mempunyai harga sewa yang berbeda.

Berikut ulasan kali ini tentang tempat wisata Kampung Korea Bandung. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin berlibur di Kampung Korea.

Apa Kata Pengunjung?

  • Tempat ini mengobati kerinduan akan Korea. Banyak souvenir K-pop, makanan ala Korea dan spot foto juga keren. Tapi, kemarin ke sini masih banyak perbaikan.
  • Dr jln raya masuk kedalamnya, lumayan jauh kalo jln kaki dan didepan gedungnya. Untuk yang hobby kuliner tempat ini rekomended, tpi untuk hunting foto agak kurang karena areanya gak begitu luas jdinya spot potonya sedikit
  • Terakhir kesini sudah tidak Ada apa2, hampir semua food stall tutup, Saya sarankan untuk mengunjungi lokasi wisata yang lain saja.
  • Duh kangen udah sebulan tidak berkunjung kesini di area arthapark gara2 pademi covid19
  • Sebenernya tempat nya bagus sih, tapi menurut aku spot foto nya masi kurang. Trs katanya si tiketbisa dituker sama teh botol tapi pas mau pulang gaada penjaga nya buat nukerin si tiket nya.
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *