Gambar Ranca Upas (7)

Ranca Upas Ciwidey

Dari dulu Bandung memang terkenal sebagai kota wisata, Salah satunya seperti Ranca Upas.

Tempat wisata yang satu ini memang sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan teman-teman.

Karena harga tiket masuk wisata Ranca Upas bisa dikatakan cukup murah, tempat ini selalu padat oleh pengunjung.

Tempat wisata yang dikelilingi oleh pemandangan indah, kini Ranca Upas mempunyai daya tarik sendiri bagi para wisatawan.

Penasaran gak sih kenapa tempat wisata ini bisa menarik perhatian para wisatawan dalam kota maupun luar kota?

Berikut ulasan lengkap tentang Ranca Upas Ciwidey Bandung.

Review Ranca Upas Ciwidey

ranca upas

Dulu tempat wisata ini lebih dikenal sebagai area berkemah dan penangkaran Rusa.

Namun, sekarang pemerintah Kota Bandung beserta masyarakat sekitar sudah mengubah Ranca Upas menjadi objek wisata yang kerap dikunjungi oleh masyarakat yang berasal dari berbagai daerah.

Lokasi tempat wisata ini pun tidak terlalu jauh dari area Perkebunan Teh Ciwidey dan Kawah Putih.

Sebagai tempat berkemah, Ranca Upas memang mempunyai keunggulan yang sangat jarang dijumpai oleh tempat wisata lainnya.

Apakah keunggulan tempat wisata yang satu ini? Yaitu lahan yang terbentang luas sehingga dapat memuat banyak orang.

Selain itu, hutan yang berada di area perkemahan masih sangat terjaga dengan apik, penuh perawatan yang bisa membuat daya tarik bagi para wisatawan.

Karena di sini memberikan panorama alam yang sangat indah dan tentunya udara yang segar.

Ranca Upas adalah hutan lindung yang mana di sekeliling hutan tersebut dihiasi dengan berbagai macam tumbuh-tumbuhan seperti Kihujan, Kitambang, Kurai, Huru, Jamuju, Puspa, Pasang, dan Hamirug.

Lokasi wisata ini berada di daerah dataran tinggi, kurang lebih sekitar 1.700 mdpl membuat udara disini terasa lebih sejuk, karena memang lokasi dan area nya masih sangat terasa alami.

Dikarenakan pemandangannya yang indah, kini Ranca Upas menjadi salah satu sasaran para wisatawan dalam kota maupun luar kota.

Jadi langsung ajak teman-teman, keluarga atau pasangan untuk menghabiskan liburan akhir pekan di sini.

Wahana di Ranca Upas Ciwidey

Berbicara tentang wahana, tentu saja disini tersedia berbagai macam wahana yang bisa kamu nikmati bersama keluarga, teman, atau pasangan ketika berlibur di sini.

Pokoknya kalau kamu liburan ke tempat wisata Ranca Upas, saya jamin kamu tidak akan pernah menyesal.

1. Penangkaran Rusa

ranca upas

Wahana pertama yang bisa kamu kunjungi di Ranca Upas adalah Penangkaran Rusa.

Di sini, kamu bisa langsung melihat Rusa dari jarak yang sangat dekat, memberi makanan dan minuman, foto-foto dan tentu nya bermain bersama.

Tentunya hal tersebut bisa membuat pengalaman baru ketika berlibur, sungguh menyenangkan bukan?

2. Kolam Air Panas Alami

wisata bandung

Dengan adanya fasilitas wahana Kolam Air Panas Alami tentu bisa menyehatkan dan menyegarkan seluruh organ tubuh.

Pasalnya kandungan Air Panas Alami ini terdapat sulfur yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit

Oh iya, tidak jauh dari area Kolam Air Panas ada waterboom yang bisa kamu jadikan sebagai spot favorit anak-anak kecil.

3. Permainan Paint Ball

wisata bandung

Setelah Penangkaran Rusa dan Kolam Air Panas Alami, di Ranca Upas pun ada arena Permainan Paint Ball yang sengaja disediakan untuk menemani waktu liburan para wisatawan yang berkunjung.

Jika ingin mencoba pengalaman baru ketika berlibur, kamu bisa memasuki wahana Permainan Paint Ball dan melakukan permainan tersebut bersama teman-teman atau pun keluarga yang sedang berlibur bersama.

Di sini, kamu akan benar merasakan seperti berada di tempat menegangkan seperti di medan perang.

Oh iya, mengenai perlengkapan permainan pun sudah difasilitasi secara lengkap, jadi jangan  khawatir jika ingin bermain Paint Ball disini.

Selain dari perlengkapan, di sini pun ada orang berpengalaman yang nantinya akan memberikan wejangan sebelum dimulainya permainan.

Banyak sekali manfaat yang akan didapatkan ketika bermain Paint Ball, yaitu bisa melatih diri dalam menganalisa, bekerja sama dengan tim, dan juga mengambil sebuah resiko.

Sungguh menantang dan menyenangkan bukan?

4. Outbound

ranca upas

Untuk wahana Outbound sendiri di isi dengan berbagai macam kegiatan permainan, diantaranya seperti permainan yang sangat menantang adrenaline, permainan jejak petualang, Flying Fox, dan lain sebagainya.

Pokoknya di wahana Outbound ini sangat menyenangkan!

5. Bumi Perkemahan

ranca upas

Diantara wahana yang ada, perlu kamu ketahui bahwa Bumi Perkemahan ini merupakan salah satu wahana paling favorit di area wisata Ranca Upas Ciwidey.

Selain mempunyai lahan yang sangat luas, wahana Bumi Perkemahan ini mempunyai pemandangan yang amat sangat indah.

Rasanya tempat ini sangat cocok bagi kamu yang suka melakukan kegiatan-kegiatan di ruangan terbuka. Misal seperti berkemah dan kegiatan lain sebagainya.

Selain digunakan untuk berkemah bagi para wisatawan, tempat ini pun kerap dijadikan sebagai pelatihan oleh berbagai macam organisasi pecinta alam dan juga kegiatan makrab universitas di daerah Kota Bandung.

Dengan adanya udara yang begitu segar, Bumi Perkemahan di Ranca Upas Ciwidey ini menjadi salah satu spot terbaik dan juga buruan oleh para wisatawan yang berkunjung.

Itulah beberapa wahana yang ada di area Ranca Upas yang akan menemani waktu liburanmu bersama keluarga dan teman-teman.

Lokasi Ranca Upas

Peta Menuju Ranca Upas


Seperti yang sudah saya tulis pada paragraf diatas bahwa tempat Lokasi objek wisata Ranca Upas ini berada di Jl. Raya Ciwidey – Patenggang, No. 11, Kec. Rancabali, Alam Endah, Kab. Bandung Selatan.

Baca juga Tempat Wisata di Bandung lainnya.

Rute Menuju Ranca Upas Ciwidey

Untuk menuju tempat wisata Ranca Upas Ciwidey ini tidak terlalu susah dikarenakan lokasi tersebut berada di pinggir jalan raya Ciwidey- Patenggang.

Dari sisi jalan kamu bisa melihat ada gerbang besar yang jarak lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat wisata Kawah Putih.

Jika kamu datang dari arah Ciwidey, maka gerbang tersebut akan berada di sebelah kanan, namun juga kamu datang dari arah patenggang, Cianjur selatan atau pun Garut, maka pintu gerbang tersebut akan terlihat di sebelah kiri jalan.

Dari Kota Bandung, jarak menuju lokasi wisata kurang lebih sekitar 50 km. Perjalanan yang memang cukup jauh.

Tapi jangan khawatir, karena saat ini sudah ada jalan tol yang bisa kamu gunakan, dengan begitu hal tersebut bisa mempercepat waktu dalam perjalanan, ya kurang lebih sekitar 1,5 jam bila menggunakan mobil.

Jika menggunakan kendaraan bermotor, maka kamu akan menempuh waktu perjalanan dari Kota Bandung menuju lokasi wisata selama 2 jam, itu pun kalau kondisi jalannya tidak macet.

Berikut rute perjalanan menuju lokasi yang akan kamu lalui dari masing-masing kendaraan yang kamu gunakan.

1. Via Mobil

Jika kamu berangkat dari asal tempat tinggalmu menggunakan kendaraan mobil, sesampainya di Bandung, kamu harus memasuki jalan Tol yang mengarah ke daerah Soreang. Setelah keluar dari Tol Soreang, kamu bisa mengambil jalan yang belok ke kanan menuju ke arah Ciwidey.

Setelah tiba di pasar atau alun-alun Ciwidey, kamu bisa melanjutkan kembali perjalanan menuju lokasi dengan mengarah ke daerah Rancabali – Situ Patenggang.

Di dalam perjalanan tersebut nanti kamu akan mendapati pintu gerbang lokasi yang akan kamu tuju, yaitu dimulai dari pintu gerbang Patuha Resort yang berada di sebalah kanan jalan, dan pintu gerbang Kawah Putih yang berada di sebalah kiri jalan.

Tak jauh dari 2 tempat wisata tersebut, kamu akan melihat gerbang masuk untuk menuju ke daerah Kampung Cari Ranca Upas Ciwidey yang berada di sebelah kanan jalan.

2. Via Motor

Jika kamu berangkat dari Sukabumi menuju Ranca Upas menggunakan kendaraan bermotor, sesampainya di Kota Bandung kamu bisa langsung melanjutkan kembali perjalanan yang mengarah ke daerah Bandung Selatan.

Disitu kamu akan melewati Jl. Raya Kopo yang kemudian dilanjut ke arah Soreang, Pasir Jambu, dan Ciwidey.

Nah sesampainya di alun-alun Ciwidey, kamu bisa melanjutkan kembali perjalanan dengan mengarah ke daerah Kawah Putih, Rancabali.

Tak jauh dari lokasi wisata Kawah Putih, kamu akan melihat gerbang pintu masuk wisata Ranca Upas di sebelah kanan.

Ketika kamu dan teman-teman lainnya memutuskan untuk berangkat menggunakan motor, dalam perjalanan tersebut kamu akan disambut dengan pemandangan yang indah dan udara yang segar.

Asik bukan?

3. Via Kereta Api

Sebenarnya untuk berlibur ke tempat wisata Ranca Upas Ciwdey menggunakan transportasi umum itu cukup ribet, kenapa?

Karena perjalanan yang lumayan cukup jauh dari Kota Bandung, dan kamu juga harus turun beberapa kali untuk angkutan umum.

Seperti halnya menggunakan Kereta Api dari Jakarta. Sesampainya di Stasiun Bandung Kota, kamu harus melanjutkan kembali perjalanan menuju terminal Leuwi Panjang Ciwidey untuk menaiki angkutan umum Elf yang tujuannya menuju terminal Ciwidey.

Setelah sampai di terminal Ciwidey, kamu bisa lanjut mencari angkutan umum seperti Elf atau pun Angkot yang tujuannya mengarah ke daerah Rancabali – Patenggang.

Selanjutnya kamu bisa memilih sendiri jenis angkutan umum yang akan kamu naiki.

Setelah kemu berada di dalam angkutan umum, kamu bisa bilang ke supirnya untuk diberhentikan di depan pintu gerbang masuk Kampung Cai Ranca Upas.

Harga Tiket Masuk & Parkir Kendaraan

Setiap tempat wisata tentunya mempunyai Harga Tiket Masuk dan Parkir Kendaraan sendiri.

Berikut ini saya akan melampirkan keterangan Harga Tiket masuk secara lengkap, dimulai dari gerbang utama, parkir dan masing-masing dari wahana permainan.

Untuk lebih jelasnya, simak tabel kolom di bawah ini:

1. Tiket Masuk & Parkir Kendaraan

Jenis PengunjungHarga Tiket Masuk
Wisatawan DomestikRp 15.000
Wisatawan MancanegaraRp 25.000
Tiket Camping / OrangRp 10.000
Sepeda MotorRp 5.000
MobilRp 10.000
BusRp 25.000

2. Tiket Parkir Inap Kendaraan

Jenis KendaraanTarif Parkir / Malam
Sepeda MotorRp 10.000
MobilRp 15.000
BusRp 30.000

3. Tiket Masuk Outbound Ranca Upas

ElementHarga
Tiket Paint BallRp 95.000
Tiket Fun GamesRp 80.000
Tiket Ranca Upas Team BuildingRp 150.000
Tiket Prewedding Ranca UpasRp 550.000
Tiket ShootingRp 1.550.000

4. Tiket Masuk Wahana Bermain Ranca Upas

WahanaHarga Tiket
Flying FoxRp 15.000
Kolam Air PanasRp 15.000
Burma VRp 15.000
Elvis BridgeRp 15.000
Sepeda GunungRp 10.000
TrampolineRp 15.000
Jembatan GoyangRp 15.000

5. Tiket Camping & Sewa Peralatan

KeteranganHarga
Booking TempatRp 500.000
Tenda Vango (utk 10 Orang)Rp 350.000
Tenda Roofi (utk 12 Orang)Rp 350.000
Tenda Charly (utk 3 Orang)Rp 150.000
Tenda Gama (utk 3 Orang)Rp 250.000
Tenda Regu (utk 20 Orang)Rp 400.000
Tenda Pleton (utk 40 Orang)Rp 600.000
Sleeping BagRp 30.000
MatrasRp 20.000
Bahan Kayu BakarRp 15.000
PetromakRp 50.000

Note: Harga di atas sewaktu-waktu bisa berubah, tergantung dari pihak pengelola wisata Ranca Upas.

Hal yang Bisa Dilakukan di Sini

wisata bandung

Ranca Upas merupakan tempat wisata yang bernuansa alam, di sana banyak sekali area wisata yang bisa kamu jadikan tempat bermain bersama keluarga, teman-teman atau pun pasangan yang kamu ajak berlibur.

Dikarenakan banyaknya tempat-tempat yang unik dan wahana yang seru, di sini kamu bisa melakukan berbagai macam kegiatan untuk menghabiskan waktu liburan di akhir pekan, seperti:

  • Berkeliling mengitari area Ranca Upas
  • Membuat video vlog seputar liburan di sekeliling area
  • Berfoto di spot terbaik dengan berbagai macam ekspresi
  • Bermain dan memberi makan di penangkaran Rusa
  • Berfoto dengan binatang Rusa
  • Berendam di kolam air panas alami
  • Bermain outbound
  • Perang-perangan di arena paint ball
  • Berkemah di bumi perkemahan Ranca Upas
  • Shooting film pendek
  • Bersepedah
  • Dan masih banyak kegiatan seru lainnya yang bisa kamu lakukan di sini

Tips Berkunjung ke Ranca Upas Ciwidey

Demi kenyamanan berwisata di Ranca Upas, alangkah baiknya kamu mengikuti tips yang saya berikan di bawah ini.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa langsung perhatikan tips berikut ini dengan benar.

1. Menggunakan Pakaian Tebal

Dikarenakan Ranca Upas Ciwidey ini lokasinya berada di daerah ketinggian kurang lebih sekitar 1.700 di atas permukaan air laut, maka suhu udara di daerah ini bisa di rasa sangat dingin.

Maka dari itu, saya sarankan untuk menggunakan pakaian tebal seperti jaket gunung, flanel yang berbahan tebal, sarung tangan, training tebal, masker atau buff dan masih banyak lagi perlengkapan pakaian tebal lainnya yang bisa kamu gunakan.

Dengan menggunakan pakaian tebal, hal itu bisa membantu kamu agar tidak merasa kedinginan ketika berlibur dan berkemah di tempat wisata Ranca Upas.

Oh iya, jangan lupa juga buat bawa antangin juga ya.

2. Membuat Api Unggun

Kenapa membuat api unggun ini saya masukan kedalam tips berwisata di Ranca Upas?

Pasalnya, jika kamu dan teman-teman atau pun keluarga memutuskan untuk menginap di area bumi perkemahan, ketika malam hari suhu udara pun akan berubah menjadi lebih dingin dari biasanya.

Membuat api unggun adalah salah satu cara agar bisa menghangatkan suasana ketika berkemah, maka dari itu kamu harus bisa membuat api unggun supaya bisa merubah suasana dingin menjadi hangat.

Hal ini merupakan salah satu bagian terpenting ketika sedang berkemah di ruangan terbuka, seperti halnya di area perkemahan Ranca Upas Ciwidey.

Untuk kayu bakarnya sendiri kamu tidak usah repot mencari-cari, karena di tempat wisata ini sudah disediakan oleh pihak pengelola, kamu bisa membeli kayu bakar seharga Rp 15.000.

3. Membawa Kamera

Ketika kamu berwisata ke suatu tempat, kamera itu adalah bagian penting yang tidak boleh kamu lewatkan.

Maka dari membawa kamera itu penting banget ketika sedang berlibur ke suatu tempat wisata.

Kenapa? Karena setiap tempat wisata pasti mempunyai spot foto yang bagus untuk dijadikan sebagai objek ketika sedang pengambilan gambar, misal seperti di Ranca Upas Ciwidey.

Di sana hampir secara keseluruhan terdapat spot foto yang bagus dan juga menarik.

Tentunya spot foto tersebut bisa menghasilkan sebuah foto yang sangat instagrammable banget.

Terlebih bagi kalangan anak-anak muda, kebanyakan dari mereka ketika berwisata itu pasti mencari spot foto yang keren untuk dijadikan sebagai objek.

4. Perhatikan Waktu Berwisata

Ranca Upas adalah salah satu tempat wisata di Bandung Selatan yang buka selama 1 hari 24 jam, para wisatawan bisa berkunjung ke tempat wisata ini kapan pun yang mereka mau.

Tapi, sebelum kamu berkunjung ke Ranca Upas, alangkah baiknya kamu perhatikan waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata tersebut.

Misal seperti pagi hari, siang, sore atau malam hari.

Nah, saran saya. Untuk berkunjung ke sini lebih baik datang pada waktu pagi hari, kenapa?

Karena di pagi hari itu terdapat suasana yang menyegarkan, apalagi tempat wisata Ranca Upas ini berada di dataran tinggi, suasana di sana pun pasti sangat menyegarkan.

Dan jika waktu memungkinkan, alangkah baiknya kamu menginap di bumi perkemahan yang telah disediakan oleh pihak pengelola wisata.

Rasanya sayang sekali apabila kamu berlibur ke sini namun tidak berkemah.

Catatan
Sekian ulasan kali ini mengenai tempat wisata di Ranca Upas Ciwidey yang lokasinya berada di daerah Bandung Selatan.

Sangat disayangkan jika objek wisata ini kamu abaikan ketika sedang menghabisi waktu liburan akhir pekan di Kota Bandung.

Selamat Berwisata!

Apa Kata Pengunjung?

  • Tempatnya luas. Bisa untuk camping atau hanya berkunjung untuk ngadem. Bisa ngasih makan rusa jugaa
  • Pengunjung sm rusa banyakan pengunjungnya,jd susah bedain mana rusa mana pengunjungnya😀😆😆
  • Akses jalan lumayan bagus dan ga jauh dari jalan utama, ada kolam renang sama peliharaan rusa nya juga, anak anak senang di sini, bagi yang tida membawa tenda ada sewa'an nya juga(kumplit). Beruntung bagi yang bawa selimut banyak..... Lain kali pasti ke sini lagi.....
  • Masa new normal,saya dtg pas weekend, tempat camping malah jd tambah penuh org termasuk dr luar kota. Malah ga ada social distancingnya, jumlah pengunjung ga di batasi. Taman rusa nya aja ampe ngantri & di dalem lebih banyak pengunjung ketimbang rusanya. Protokol pake masker juga pd ga di pake tuh. Ticket masuk mobil & orangnya tergantung nginep ato ga, tapi yg jelas harga ticket masuk di patok harga yg lebih mahal dari yang tercantum di papan harga gerbang masuk, kenapa ya? 2 orang + mobil nginap Idr 85K. Saking rame nya, banyak banget kelompok2 yg malah bawa speaker dangdutan kenceng siang malem, termasuk penjaga toilet di area danau nya karaoke an dangdutan teriak2 sampe subuh. Ga recommended laaah kalo yg emang cari suasana ng-camp yg tenang 😑. Beda banget ama suasana 3 tahun lalu terakhir saya kesini. Re-visit? Big No..!
  • Info dong sekarang rancaupas buka ga
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Amazing Art World (6)

Amazing Art World Bandung

Berwisata adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, dengan berwisata kita bisa melepas seluruh penat yang ada di kepala. Apalagi kalau kamu mempunyai waktu untuk menghabiskan liburan bersama orang-orang terdekat seperti sahabat,…
Selengkapnya
Gambar Jalan Braga (11)

Jalan Braga Bandung

Jalan Braga telah menjadi sebuah ikon populer Paris van Java, Bandung. Jalan yang dulunya terkenal dengan nama De meest Eupoeesche winkelstraat van Indie alias jalan perbelanjaan bangsa eropa terkemuka di…
Selengkapnya