Gambar Kepulauan Seribu (6)

Kepulauan Seribu

Gugus kepulauan yang terletak di Teluk Jakarta ini dikenal dengan nama Kepulauan Seribu.

Harta karun yang terletak di utara Jakarta ini menawarkan solusi untuk hilang sejenak dari hiruk pikuk Jakarta dan seisinya, tak ayal jika gugus kepulauan ini diberi julukan Maldives van Java.

Suasana kepulauan seribu memang bertolak belakang dengan pesisir utara Jakarta.

Laut yang jernih, hamparan pasir putih, serta ekosistem laut yang cantik seakan menjadikan Kepulauan Seribu bak Maladewa sebuah surga pulau tropis, penawar dari kepenatan metropolitan Jakarta.

Review Kepulauan Seribu

kepulauan seribu

Wilayah administratif Kabupaten Kepulauan Seribu merupakan bagian dari provinsi DKI Jakarta.

Gugus kepulauan ini terbagi menjadi dua kecamatan yaitu Kepulauan Seribu Selatan dan Kepulauan Seribu Utara, dengan pusat pemerintahan kabupaten terletak di Pulau Pramuka.

Tidak seperti namanya, jumlah pulau yang ada di kepulauan ini bukanlah seribu.

Total pulau yang ada hanya sekitar 342 pulau termasuk pulau-pulau pasir dan terumbu karang, selain itu tidak semua pulau yang ada di kawasan Kepulauan Seribu ini didiami manusia.

Memiliki total luas daratan sebesar 870 hektar, penduduk yang mendiami Kepulauan Seribu adalah sekitar 23.897 jiwa yang tersebar di 11 pulau.

Pulau yang lebih banyak ditinggali penduduk di Kepulauan Seribu adalah Pulau Pramuka, Pulau Kelapa, dan Pulau Panggang.

Sebagai bagian dari Taman Nasional Laut, Kepulauan Seribu dibagi menjadi tiga zona ekologi.

Zona pertama diperuntukkan bagi ekspoloitasi sumber daya alam, zona kedua adalah pulau-pulau khusus taman nasional, dan zona ketiga adalah kawasan cagar alam yang dilindungi.

Pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu terkenal sebagai tempat ideal untuk aktivitas air dan bawah laut, seperti berenang, diving, dan snorkeling.

Selain itu, beberapa pulau disini juga dijadikan resort serta ada pula yang menjadi cagar budaya seperti Pulau Rambut dan Onrust.

Wahana di Kepulauan Seribu

Masing-masing pulau yang ada di wilayah Kepulauan Seribu memang memiliki keunikan tersendiri.

Baik itu sebagai pulau resort, pulau penduduk, hingga pulau cagar budaya dengan berbagai aktivitas menari di dalamnya, beberapa pulau tersebut adalah sebagai berikut.

1. Pulau Bidadari

kepulauan seribu

Pulau yang luasnya hanya beberapa kilometer persegi ini merupakan pulau resort terdekat dari Marina Ancol.

Salah satu keunikan di pulau ini adalah adanya cottage bergaya etnik Manado, selain itu di pulau ini juga terdapat sebuah benteng peninggalan Portugis dari abad ke-17.

2. Pulau Onrust

kepulauan seribu

Pulau yang dijadikan sebagai suaka taman purbakala Kepulauan Seribu oleh pemerintah Indonesia ini dikenal pula dengan nama Pulau Kapal.

Pulau ini memiliki banyak peninggalan arkeologi semasa kolonial Belanda dan di atasnya terdapat pula Museum Pulau Onrust.

3. Pulau Tidung

kepulauan seribu

Boleh dibilang Pulau Tidung adalah pulau favorit yang ada di Kepulauan Seribu.

Salah satu obyek wisata favorit di pulau ini adalah jembatan yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil bernama Jembatan Cinta, berbagai aktivitas menarik tersedia di pulau ini.

4. Pulau Pramuka

wisata jakarta

Salah satu obyek menarik yang ada di Pulau Pramuka adalah penangkaran penyu sisik yang langka.

Selain merupakan pulau yang ramai, Pulau Pramuka adalah ibukota administratif Kepulauan Seribu sehingga di sarana wisata yang ada di sini terbilang lengkap.

5. Pulau Ayer

kepulauan seribu

Medapat julukan Mutiara Kepulauan Seribu, Pulau Ayer menawarkan sensasi liburan layaknya di Maladewa.

Di sini terdapat banyak cottage yang dibangun di atas laut dengan arsitektur bergaya etnik Papua, selain itu pulau ini dulunya menjadi destinasi favorit Presiden Soekarno.

Lokasi

Peta Menuju Kepulauan Seribu


Kepulauan Seribu membentang 45 kilometer di sebelah utara Jakarta, tepatnya berada di wilayah Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Kepulauan Seribu buka selama 24 jam, namun menyesuaikan jadwal penyeberangan yaitu pukul 06.30 – 19.30 WIB.

Baca juga Tempat Wisata di Jakarta lainnya.

Rute Menuju Kepulauan Seribu

Untuk mengunjungi Kepulauan Seribu, ada beberaoa opsi dermaga penyeberangan yang bisa dipilih yaitu melalui Muara Angke atau Kali Adem, dan Marina Ancol.

Untuk menuju ke dermaga tersebut pengunjung bisa mengikuti rute perjalanan sebagai berikut.

1. Melalui Muara Angke atau Kali Adem Via Kendaraan Pribadi

a. Dari Cawang

Jika kalian datang dari Cawang menggukanan kendaraan pribadi maka dari Cawang pergilah ke Jl. MT Haryono lalu masuk Gerbang Tol Cawang ke Jalan Tol Dalam Kota pergilah ke interchange Pluit lalu ke ke arah Tanjung Priok dan keluar di Exit Tol Jembatan Tiga.

Setelah itu kemudian ikutilah rute sebagai berikut.

Jembatan Tiga – Pluit Putri – Pluit Indah Raya – Pluit Karang – sampailah di Muara Angke atau Kali Adem.

b. Dari Grogol

Jika kalian datang dari Grogol menggunakan kendaraan pribadi maka dari Grogol pergilah ke Jl. Satria Raya lalu masuk Grbang Tol Jelambar ke Jalan Tol Dalam Kota pergilah ke interchange Pluit lalu ke ke arah Tanjung Priok dan keluar di Exit Tol Jembatan Tiga.

Setelah itu kemudian ikutilah rute sebagai berikut. Jembatan Tiga – Pluit Putri – Pluit Indah Raya – Pluit Karang – sampailah di Muara Angke atau Kali Adem.

c. Dari Monas

Jika kalian datang dari Monas menggunakan kendaraan pribadi maka dari Monas pergilah ke Jl. Medan Merdeka Barat ke Jl. Majapahit lalu Jl. Gajah Mada.

Kemudian menuju PIntu Besar Selatan ke Pintu Besar Utara ke arah Jl. Bank lalu Kali Besar Barat hingga Jembatan Tiga.

Setelah itu kemudian ikutilah rute sebagai berikut. Jembatan Tiga – Pluit Putri – Pluit Indah Raya – Pluit Karang – sampailah di Muara Angke atau Kali Adem.

2. Via Transportasi Publik

a. Pesawat

Apabila kalian datang menggunakan pesawat maka kalian bisa turun di Bandara Soekarno-Hatta atau Bandara Halim Perdanakusumah, kemudian ikutilah rute perjalanan sebagai berikut.

  • Dari Bandara Soekarno-Hatta

Jika kalian turun di Bandara Soekarno-Hatta dari situ naiklah bus PPD jurusan Bandara Soetta-Central Park dan turun di Central Park.

Masuk halte TransJakarta S. Parman Central Park lalu naik TransJakarta jurusan Pluit dan turun di halte TransJakarta Penjaringan.

Setelah itu naiklah TransJakarta 12A rute Satasiun Kota – Kali Adem dan turun di Muara Angke atau di halte Dermaga Kali Adem.

  • Dari Bandara Halim Perdanakusumah

Jika kalian turun di Bandara Halim Perdanakusumah dari situ naiklah angkot 106 ke perempatan Cawang UKI. Kemudian masuk halte TransJakarta BNN disana naiklah TransJakarta jurusan Pluit dan turun di halte TransJakarta Penjaringan.

Setelah itu naiklah TransJakarta 12A rute Satasiun Kota – Kali Adem dan turun di Muara Angke atau di halte Dermaga Kali Adem.

b. Kereta

Apabila kalian menggunakan transportasi publik kereta api, maka kalian bisa turun di Stasiun Jatinegara, Stasiun Pasar Senen, atau Stasiun Gambir, kemudian ikutilah rute perjalanan sebagai berikut.

  • Dari Stasiun Jatinegara

Jika kalian turun di Stasiun Jatinegara atau Stasiun Pasar Senen, naiklah KRL Commuter jurusan Stasiun Jakarta Kota.

Sesampainya di sana, masuk halte TransJakarta Stasiun Kota disana naiklah TransJakarta 12A rute Satasiun Kota – Kali Adem dan turun di Muara Angke atau di halte Dermaga Kali Adem.

  • Dari Stasiun Gambir/Stasiun Senen

Jika kalian turun di Stasiun Gambir, dari halte TransJakarta gambir 1 naiklah TransJakarta jurusan Harmoni / Kalideres lalu turun di halte TransJakarta Harmoni.

Setelah itu naiklah TransJakarta jurusan Stasiun Kota / PIK dan turun di halte Staisun Kota.

Lalu di sana naiklah TransJakarta 12A rute Satasiun Kota – Kali Adem dan turun di Muara Angke atau di halte Dermaga Kali Adem.

c. Bus

Apabila kalian menggunakan transportasi publik bus, maka kalian bisa turun di Terminal Lebak Bulus, terminal Pulo Gebang, atau Terminal Tanjung Priok, kemudian ikutilah rute perjalanan sebagai berikut.

  • Dari Terminal Lebak Bulus

Jika kalian turun di Terminal Lebak Bulus, dari halte TransJakarta Terminal lebak Bulus naiklah TransJakarta 8 rute Lebak Bulus – Harmoni turun di halte TransJakarta Grogol 1.

Pindahlah ke halte TransJakarta Grogol 2 melalui jembatan penghubung.

Disana naiklah TransJakarta jurusan Pluit dan turun di halte TransJakarta Penjaringan. Setelah itu naiklah TransJakarta 12A rute Satasiun Kota – Kali Adem dan turun di Muara Angke atau di halte Dermaga Kali Adem.

  • Dari Terminal Pulo Gebang

Jika kalian turun di Terminal Pulo Gebang, dari halte TransJakarta Pulo Gebang naiklah TransJakarta 11 rute Pulo Gebang – Kampung Melayu turun di halte TransJakarta Kampung Melayu.

Di sana naiklah TransJakarta jurusan Ancol dan turun di halte Gn. Sahari Mangga Dua.

Disana naiklah TransJakarta jurusan Pluit dan turun di halte TransJakarta Penjaringan.

Setelah itu naiklah TransJakarta 12A rute Satasiun Kota – Kali Adem dan turun di Muara Angke atau di halte Dermaga Kali Adem.

  • Dari Terminal Tanjung Priok

Jika kalian turun di Terminal Tanjung Priok, dari halte TransJakarta Tanjung Priok naiklah TransJakarta 12 rute Tanjung Priok – Penjaringan dan turun di halte TransJakarta Penjaringan.

Setelah itu naiklah TransJakarta 12A rute Satasiun Kota – Kali Adem dan turun di Muara Angke atau di halte Dermaga Kali Adem.

2. Melalui Marina Ancol Via Kendaraan Pribadi

a. Dari Soekarno-Hatta

Jika kalian datang dari Bandara Soekarno-Hatta menggunakan kendaraan pribadi, maka gunakan lah Jalan Tol Bandara menuju Jalan Tol Dalam Kota Jakarta dan keluar di Exit Tol Ancol Barat.

Setelah itu pergilah menuju Jl. Lodan Raya dan sampailah di Marina Ancol.

b. Dari Cawang

Jika kalian datang dari Cawang menggunakan kendaraan pribadi maka dari Cawang pergilah ke Jl. MT Haryono.

Lalu masuk Gerbang Tol Cawang ke Jalan Tol Dalam Kota pergilah ke interchange Pluit lalu ke ke arah Tanjung Priok dan keluar di Exit Tol Jembatan Tiga.

c. Dari Bandung atau luar Jakarta

Jika kalian datang dari Bandung atau luar Jakarta menggunakan kendaraan pribadi, maka gunakan lah Jalan Tol Purbaleunyi menuju Jalan Tol Jakarta – Cikampek ke Jalan Tol Dalam Kota dan keluar di Exit Tol Ancol Barat.

Setelah itu pergilah menuju Jl. Lodan Raya dan sampailah di Marina Ancol.

2. Via Transportasi Publik

a. Pesawat

Apabila kalian datang menggunakan pesawat maka kalian bisa turun di Bandara Soekarno-Hatta atau Bandara Halim Perdanakusumah, kemudian ikutilah rute perjalanan sebagai berikut.

  • Dari Bandara Soekarno-Hatta

Jika kalian turun di Bandara Soekarno-Hatta dari situ naiklah bus JA Connexion Damri jurusan Bandara Soetta-Mangga Dua Square dan turun di Mangga Dua square.

Masuk halte TransJakarta Gn. Sahari Mangga Dua, disana naik TransJakrta jurusan Ancol, turun di halte Ancol.

  • Dari Bandara Halim Perdanakusumah

Jika kalian turun di Bandara Halim Perdanakusumah dari situ naiklah angkot Trans Halim ke perempatan Cawang UKI.

Kemudian masuk halte TransJakarta Cawang UKI disana naiklah TransJakarta jurusan Pluit Kampung Melayu / Ancol via pramuka dan turun di halte Ancol.

b. Kereta

Apabila kalian menggunakan transportasi publik kereta api, maka kalian bisa turun di Stasiun Jatinegara, Stasiun Pasar Senen, atau Stasiun Gambir, kemudian ikutilah rute perjalanan sebagai berikut.

  • Dari Stasiun Jatinegara

Jika kalian turun di Stasiun Jatinegara, naiklah KRL Commuter jurusan Stasiun Jakarta Kota.

Sesampainya di sana, naik salah satu mikrolet M15 jurusan Kota-Kampung Bandan-Tanjung Priok / Mikrolet M15A jurusan Kota-Mangga Dua-Tanjung Priok dan turun di Gerbang Ancol.

  • Dari Stasiun Pasar Senen

Jika kalian turun di Stasiun Pasar Senen, dari halte TransJakarta Pasar Senen naik TransJakarta jurusan Ancol, kemudian turun di halte TransJakarta Ancol.

  • Dari Stasiun Gambir

Jika kalian turun di Stasiun Gambir, dari halte TransJakarta gambir 2 naiklah TransJakarta jurusan Pulo Gadung / ASMI / Kampung Rambutan via Cempaka Putih.

Lalu turun di halte TransJakarta Senen. Pindahlah ke halte TransJakarta Senen Central melalui jembatan penghubung, di sana naik TransJakarta jurusan Ancol, kemudian turun di halte TransJakarta Ancol.

c. Bus

Apabila kalian menggunakan transportasi publik bus, maka kalian bisa turun di Terminal Lebak Bulus, terminal Pulo Gebang, atau Terminal Tanjung Priok, kemudian ikutilah rute perjalanan sebagai berikut.

  • Dari Terminal Lebak Bulus

Jika kalian turun di Terminal Lebak Bulus, dari Stasiun MRT Lebak Bulus naiklah MRT arah Bundaran HI dan turun di Stasiun MRT Bundaran HI.

Setelah itu masuk ke halte TransJakarta Bundaran HI di sana naiklah TransJakarta jurusan Stasiun Kota dan turun di halte Stasiun Kota.

Disana naiklah TransJakarta jurusan Tanjung Priok / Senen / Kampung Melayu turun di halte TransJakarta Gn. Sahari Mangga Dua.

Kemudian naiklah TransJakarta jurusan Ancol dan turun di halte TransJakarta Ancol.

  • Dari Terminal Pulo Gebang

Jika kalian turun di Terminal Pulo Gebang, dari halte TransJakarta Pulo Gebang naiklah TransJakarta 11 rute Pulo Gebang – Kampung Melayu turun di halte TransJakarta Kampung Melayu.

Di sana naiklah TransJakarta jurusan Ancol dan turun di halte TransJakarta Ancol.

  • Dari Terminal Tanjung Priok

Jika kalian turun di Terminal Tanjung Priok, naiklah salah satu mikrolet M15 jurusan Kota-Kampung Bandan-Tanjung Priok / Mikrolet M15A jurusan Kota-Mangga Dua-Tanjung Priok dan turun di Gerbang Ancol.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk menuju Kepulauan Seribu berbeda-beda tergantung dari destinasi pulau yang ingin dituju.

Berikut ini beberapa harga tiket masuk menuju beberapa pulau yang ada di Kepulauan Seribu.

1. Pulau Bidadari

One Day Tour (via Ancol) Weekday Weekend
Dewasa & Anak usia 2 tahun Rp350.000 Rp350.000
Room Type Weekday Add. Night Weekend Add. Night
Deluxe /2 share Rp875.500 Rp760.000  Rp995.000  Rp895.000
Junior /4 share Rp830.000 Rp725.000  Rp950.000  Rp800.000
Family suite /6 share Rp775.000 Rp675.000  Rp895.000  Rp795.000
Dormitory /28 pax Rp675.000 Rp565.000  Rp760.000  Rp660.000
Extra Bed Rp790.000 Rp790.000  Rp870.000  Rp870.000

2. Pulau Onrust

Pulau Onrust via Kamal Muara
Jumlah Harga /orang
2 orang Rp480.000
3 orang Rp330.000
4 orang Rp255.000
5 orang Rp210.000
6 orang Rp180.000
7 orang Rp170.000
8 orang Rp160.000
9 – 15 orang Rp150.000
16 – 20 orang Rp130.000
21 – 25 orang Rp120.000
26 – 30 orang Rp110.000
31 – 50 orang Rp100.000
51 – 75 orang Rp90.000
75< orang Rp80.000

3. Pulau Tidung

Paket Hemat Pulau Tidung
Jumlah  Via Kali Adem /orang Via Ancol /orang
9-30 Orang Rp225.000 Rp525.000
7 Orang Rp230.000 Rp530.000
6 Orang Rp260.000 Rp560.000
5 Orang Rp270.000 Rp570.000
4 Orang Rp290.000 Rp590.000
3 Orang Rp345.000 Rp645.000
2 Orang Rp395.000 Rp695.000

Paket PP (Tidak Menginap) via Ancol
Jumlah Marina Ancol (Kapal Cepat) /orang
>20 Orang Rp500.000
11 -19 Orang Rp565.000
10 Orang Rp625.000
6 Orang Rp630.000
5 Orang Rp650.000
4 Orang Rp700.000
3 Orang Rp750.000
2 Orang Rp825.000
Paket Lengkap Menginap di Pulau Tidung
Jumlah Kapal cepat /orang Kali Adem atau Muara Angke / orang
2 Orang  Rp1.100.000  Rp825.000
 3 Orang  Rp870.000  Rp725.000
 4 ORang  Rp845.000  Rp640.000
 5 Orang  Rp760.000  Rp590.000
 6 Orang  Rp755.000  Rp430.000
 7 Orang  Rp745.000  Rp385.000
 8 Orang  Rp680.000  Rp370.000
 9 Orang  Rp650.000  Rp360.000
 10 – 20 Orang  Rp630.000  Rp350.000
 > 21 Orang  Rp630.000  Rp330.000

4. Pulau Pramuka

Pulau Pramuka via Marina Ancol
Jumlah Harga /orang
2 orang Rp1.230.000
3 orang Rp1.120.000
4 orang Rp890.000
5 orang Rp840.000
6 orang Rp790.000
7 orang Rp760.000
8 orang Rp720.000
9 orang Rp700.000
10 orang Rp680.000
>11 orang Rp650.000
Pulau Pramuka via Kali Adem
Jumlah Harga /orang
2 orang Rp795.000
3 orang Rp685.000
4 orang Rp590.000
5 orang Rp485.000
6 orang Rp470.000
7 – 9 orang Rp425.000 – Rp395.000
10 – 15 orang Rp365.000

5. Pulau Ayer

Paket One Day Trip (via Ancol) Harga
Dewasa  Rp390.000
Anak-anak (3–11 tahun)  Rp369.000
Paket Honeymoon (via Ancol) Harga
Pasangan  Rp2.950.000
Type Room Weekday Add. Night Weekend Add. Night
Standart /2 Pax  Rp895.000  Rp790.000  Rp1.040.000  Rp820.000
Bungalow /4 Pax  Rp905.000  Rp790.000  Rp1.040.000  Rp820.000
Family /2 Pax  Rp1.090.000  Rp885.000  Rp1.295.000  Rp1.085.000
Vip /4 Pax  Rp1.090.000  Rp885.000  Rp1.295.000  Rp1.085.000
Deluxe /2 Pax  Rp880.000  Rp700.000  Rp980.000  Rp775.000
Executive /4 Pax  Rp680.000  Rp645.000  Rp890.000  Rp680.000
Extra Person  Rp755.000  Rp540.000  Rp750.000  Rp565.000

Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu atau sesuai dengan jasa wisata yang dipilih.

Hal yang Bisa Dilakukan di Sini

kepulauan seribu

Meskipun harus mengeluarkan biaya yang lumayan dan menyeberangi lautan, namun itu semua akan terbayar lunas dengan berbagai keseruan yang ada di Kepulauan Seribu.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal menarik yang bisa kalian laukan saat berada di Kepulauan Seribu.

1. Diving

Menyelami lautan di sekitar Kepulauan Seribu merupakan hal yang istimewa, mengingat indahnya kehidupan bawah laut yang terjaga di sini.

Bagi kalian yang belum mahir menyelam tidak perlu khawatir, sebab ada banyak instruktur profesional yang siap mendampingi.

2. Snorkeling

Selain menyelam, salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk melihat indahnya ekosistem laut Kepulauan Seribu adalah dengan snorkeling.

Terlebih arus air laut yang ada di Kepulauan Seribu termasuk tenang, sehingga pengunjung bisa leluasa dalam melakukan snorkeling.

3. Menginap

Mengunjungi Kepulauan Seribu memang akan lebih terasa asyiknya jika tidak cuma sehari saja.

Kalian bisa membawa tenda untuk camping atau menyewa cottage yang ada di Kepulauan Seribu, terutama agar bisa bebas menikmati indahnya sunset dan sunrise yang mempesona.

4. Wisata sejarah

Selain menjadi destinasi rekreasi yang menarik, Kepulauan Seribu juga menyimpan banyak wisata sejarah dan ekologi.

Kalian bisa rekreasi sekaligus belajar dengan mengunjungi situs-situs arkeologi maupun pusat ekologi yang ada di Kepulauan Seribu, semakin bermanfaat pastinya.

5. Menyusuri pantai

Salah satu hal wajib yang harus dilakukan sewaktu mengunjungi Kepulauan Seribu adalah menyusuri pantai nya yang bersih dan masih perawan.

Kalian bisa berkeliling di pantai pasir putih dengan berjalan kaki atau menaiki sepeda yang disediakan di Kepulauan Seribu.

Tips Berkunjung ke Kepulauan Seribu

Meskipun selama berwisata ke Kepulauan Seribu biasanya sudah ada tour guide yang akan mengarahkan kalian.

Namun, tidak ada salahnya jika kalian memperhatikan beberapa tips bermanfaat berikut ini, tentunya agar wisata kalian semakin asyik dan menyenangkan.

1. Ajaklah orang lain agar semakin murah

Berwisata ke Kepulauan Seribu akan terasa lebih murah jika kalian mengajak orang lain sebanyak-banyak nya.

Sebab paket wisata yang ditawarkan dalam sekali perjalanan atau menginap ke Kepulauan Seribu akan sangat bergantung pada kuota peserta yang ikut.

2. Pilihlah agen perjalanan terpercaya

Ada banyak sekali agen perjalanan yang menawarkan paket liburan ke Kepulauan Seribu.

Agar tidak terjadi suatu hal yang mengecewakan, pilihlah agen perjalanan yang terpercaya, lihatlah testimoni di media daring atau dengan bertanya kepada teman yang pernah memakai jasanya.

3. Bawalah barang yang bermanfaat

Untuk meminimalisir barang bawaan, cobalah untuk membawa barang yang sekiranya bermanfaat bagi kalian selama liburan di Kepulauan Seribu.

Seperti membawa handphone, kamera, baju ganti secukupnya, kacamata dan tabir surya, serta cemilan ringan dan minuman.

4. Ikutilah arahan dari tour guide

Selama melakukan berbagai aktivitas air yang ada di Kepulauan Seribu, sebisa mungkin ikutilah arahan tour guide dengan seksama.

Mereka akan menemani kalian selama perjalanan, jadi agar liburan semakin aman, perhatikanlah instruksi tour guide dan jangan melakukan hal yang nekat.

5. Jagalah keasrian obyek wisata

Kepulauan Seribu merupakan bagian dari wilayah Taman Nasional Laut yang dilindungi pemerintah, oleh sebab itu jagalah selalu keasrian obyek wisata selama berwisata.

Jangan membuang sampah sembarangan dan patuhi peraturan yang berlaku, agar tetap lestari.

Catatan
Maldives van Java memang tepat jika disematkan kepada Kepulauan Seribu, surga pulau tropis di utara Jakarta ini mampu membuat siapapun merasa hilang sejenak dari penat-nya rutinitas.

Tak ayal jika Kepulauan Seribu menjadi salah satu destinasi wisata bahari favorit di Indonesia.

Tidak perlu jauh-jauh ke Maladewa, sebab gugus kepulauan di wilayah provinsi DKI Jakarta ini pun ternyata tidak kalah mempesona.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki harta karun berupa pulau-pulau bak mutiara di tengah samudera.

Selamat Berwisata!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Museum Macan (5)

Museum Macan Jakarta

Museum Seni Kontemporer dan Modern pertama di Indonesia ini dibuka bersamaan dengan pembukaan pameran seni kontemporer Biennale Jakarta dan Biennale Jogja, yang digelar oleh seniman Indonesia dan Internasional. Setelah sukses…
Selengkapnya
Gambar Kota Tua (7)

Kota Tua Jakarta

Jakarta adalah kota perdagangan yang tidak lekang oleh waktu. Permata Asia dan Ratu dari Timur, sebuah julukan yang pernah disematkan kepada Jakarta oleh para pelaut Eropa pada abad ke-16, hingga…
Selengkapnya