Gambar Bib Lembang (2)

BIB Lembang

Bicara mengenai tempat wisata di Bandung memang tidak akan habisnya karena banyak sekali, terlebih di daerah Lembang yang ruang lingkup nya dikelilingi oleh berbagai macam tempat wisata, salah satunya seperti BIB Lembang.

BIB merupakan singkatan kata dari ‘Balai Inseminasi Buatan’. Tempat ini dikenal sebagai lembaga yang secara khusus digunakan untuk proses pengambilan air mani hewan ternak dengan cara menggunakan alat bantu.

Setelah itu, air mani tersebut diolah dengan cara dibekukan sampai menjadikan benih-benih cairan sperma yang berkualitas.

BIB Lembang memang terkenal sebagai tempat wisata edukasi yang cocok dijadikan sebagai tempat study banding.

Banyak para pelajar atau pun mahasiswa yang berkunjung ke tempat ini untuk melakukan penelitian.

Bagi kamu yang ingin berwisata sambil belajar, bisa langsung datang mengunjungi BIB Lembang.

Review BIB Lembang

BIB Lembang

Sedikit informasi tentang BIB Lembang, jadi awal mulanya tempat ini dibangun pada tahun 1975 silam kemudian disahkan oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia bersama Wakil Perdana Menteri Selandia baru bertepatan pada tanggal 3 April, Tahun 1976.

Sebagai salah satu BIB pertama yang hadir di negara Indonesia, maka tempat ini diberikan kepercayaan oleh pihak pemerintah untuk membuat semen beku ternak sapi perah dan juga sapi potong.

Hal tersebut dilakukan agar bisa memenuhi semua kebutuhan pelaksanaan Inseminasi Buatan di negara Indonesia supaya tidak bergantungan terhadap semen beku yang di impor masuk ke dalam negeri.

Wahana di BIB Lembang

BIB Lembang

Dikarenakan BIB Lembang ini adalah tempat wisata edukasi, di sini hanya terdapat 2 wahana. Yaitu hamparan rumput yang luas, dan juga tempat penelitian.

Kedua wahana tersebut mempunyai keseruannya sendiri, misal seperti di hamparan rumput yang luas memberikan kesan alam.

Sedangkan untuk tempat penelitian sendiri, kamu akan berasa seperti profesor yang sedang melakukan suatu penelitian.

Lokasi

Peta Menuju BIB Lembang


Untuk lokasinya, BIB Lembang berada di Jl. Kayu Ambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat dengan kode pos 40391.

Tempatnya yang sangat mudah dijangkau, membuat tempat wisata ini selalu ramai dengan tamu pengunjung dari berbagai macam daerah.

Terlebih para pelajar dan mahasiswa yang mempunyai tugas untuk melakukan penelitian di sini.

Untuk keterangan jam buka BIB Lembang ini dimulai dari jam 08.00 s/d 15.00 WIB.

Baca juga Tempat Wisata di Lembang lainnya.

Rute Menuju BIB Lembang

Berikut rute perjalanan yang bisa membantu perjalanan kamu untuk sampai pada lokasi tujuan, yaitu BIB Lembang.

1. Via Kendaraan Pribadi

Jika kamu memutuskan liburan ke BIB Lembang dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dari arah Jakarta, kamu dapat menggunakan akses tol.

Pertama-tama kamu harus masuk ke tol Cawang yang kemudian dilanjutkan ke Tol Cikampek – Karawang – Purbaleunyi (Purwakarta, Bandung, Cileunyi) dan keluar di pintu gerbang tol Pasteur.

Setibanya di daerah Pasteur, kamu bisa melanjutkan kembali perjalanan dengan tujuan Kampus UPI (Universitas Pendidikan Bandung Indonesia) yang berada di Jl. Dr, Setiabudhi.

Sesampainya di kampus UPI, kamu bisa kembali meneruskan perjalanan menuju daerah Lembang dan masuk ke Jl. Kayu Ambon. Tetap di jalan tersebut hingga melewati jalan pertigaan dan perempatan, tak jauh dari situ dan lokasi BIB Lembang berada di sebelah kanan jalan.

Jika takut tersesat dalam perjalanannya, kamu bisa menggunakan layanan aplikasi penunjuk jalan seperti google maps dan waze.

2. Via Bus

Bila kamu lebih memilih liburan ke BIB Lembang dengan menggunakan bus dari daerah Jakarta, kamu dapat mengunjungi terminal Kampung Rambutan atau pun Lebak bulus untuk naik bus dengan tujuan Jakarta – Bandung.

Setibanya di terminal tersebut, kamu bisa memilih Bus Pahala kencana yang akan turun di Terminal Leuwi Panjang Bandung.

Setibanya di Terminal Bandung (Leuwi Panjang), kamu bisa naik angkot yang tujuannya Leuwi Panjang – Ledeng, lalu turun dan kembali melanjutkan perjalanan menuju Lembang dan naik angkot tujuan Ledeng – Lembang.

Apabila kamu tidak ingin merasa ribet dikarenakan harus naik turun untuk mengganti angkutan umum, kamu bisa memilih fasilitas transportasi online.

3. Via Kereta Api

Selain menggunakan Bus, kamu juga bisa menggunakan transportasi umum lainnya seperti Kereta Api.

Sebenarnya rute perjalanan menggunakan kereta api itu hampir sama dengan perjalanan dari kota Bandung jika menggunakan bus.

Jika telah sampai di Bandung kamu dapat turun di Stasiun Kiara Condong atau di Bandung Kota.

Kedua stasiun tersebut bisa kamu jadikan tempat pemberhentian, namun usahakan pilih tempat pemberhentian yang strategis.

Stasiun terdekat dari BIB Lembang ini adalah stasiun Bandung Kota.

Sama seperti menggunakan Bus, sesampainya di Stasiun Bandung Kota, kamu bisa memilih beberapa transportasi umum yang nantinya bakal kamu jadikan sebagai sarana transportasi untuk menuju ke tempat wisata yang ada di daerah Lembang.

Banyak sekali fasilitas transportasi umum atau pun online yang bisa kamu gunakan.

Jika kamu membutuhkan fasilitas transportasi umum yang disediakan oleh pemerintah, maka gunakan lah transportasi tersebut.

Namun, jika kamu lebih membutuhkan transportasi online yang disediakan oleh pihak swasta, maka gunakan lah transportasi online.

Kamu bisa memilih salah satu transportasi tersebut sesuai dengan apa yang sedang kamu butuhkan.

Fasilitas di BIB Lembang

Apakah ada fasilitas yang layak digunakan di tempat ini? Tentu saja, karena BIB Lembang hadir dengan berbagai macam fasilitas yang layak digunakan oleh setiap pengelola dan pengunjung yang berkunjung ke sini.

Berikut fasilitas yang bisa digunakan:

  • Asrama (Mess)
  • Ruang tamu
  • Ruang kelas
  • Sound System
  • Wc (Toilet Umum)
  • Tempat pemagangan
  • Tempat pengujian
  • Semen beku
  • Dan fasilitas pendukung lainnya

Adanya fasilitas di atas bisa dipakai untuk memberikan kemudahan bagi para pengunjung yang sedang melakukan pengamatan atau pengujian dari hasil proses inseminasi buatan secara langsung.

Oh iya, perlu kamu ketahui dari beberapa fasilitas di atas tentunya para pengguna akan dikenakan administrasi tambahan.

Yang mana biaya tambahan tersebut nantinya akan digunakan untuk dana pengembangan.

Harga Tiket Masuk

Untuk tarif kunjungan ke sini, para pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 500.000/rombongan. Tarif tersebut hanya berlaku untuk masuknya saja yah.

Apabila kamu ingin melakukan suatu penelitian atau pun magang, maka akan dikenakan tarif tambahan sesuai dengan waktu yang digunakan selama berlangsungnya penelitian, untuk keterangan biayanya bisa dilihat pada kolom yang tercantum di bawah ini.

KETERANGANHARGA
Magang serta PenelitianRp 200.000/orang (1-7 Hari)
Magang serta PenelitianRp 300.000/orang (8 - 14 Hari)
Magang serta PenelitianRp 500.000/orang (15 - 30 Hari)
Magang serta PenelitianRp 1.000.000/orang (30 - 90 Hari)

Selain dari biaya di atas, para pengunjung pun akan dikenakan biaya tambahan lagi apabila ingin menggunakan fasilitas pemanas air, dan biaya tersebut sebesar Rp 75.000/orang dan per hari.

Bila ingin menyewa asrama atau mess untuk istirahat dan dilengkapi dengan fasilitas tambahan seperti pemanas air, maka pengunjung diharuskan untuk membayar tarif sewa sebesar Rp 50.000/orang dan per hari.

Jika ingin menambahkan fasilitas lain seperti sound sistem misalnya, maka para pengunjung akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 200.000/hari.

Sementara untuk ada juga fasilitas seperti ruang kelas ber AC.

Berikut keterangan biaya yang harus dikeluarkan jika ingin menggunakan fasilitas ruang kelas ber AC.

KETERANGANHARGA
30 OrangRp 200.000/8 jam
80 OrangRp 500.000/8 jam
100 OrangRp 750.000/8 jam
120 OrangRp 1.000.000/8 jam
150 OrangRp 1.500.000/8 Jam

Itulah keterangan biaya dari awal mula tiket masuk dan beberapa fasilitas yang ingin digunakan.

Abadikan Momen Sebanyak-banyaknya

BIB Lembang

Nah bagi kamu yang senang dengan hunting foto, di lokasi wisata BIB Lembang ini ada beberapa spot foto yang bagus dan cocok untuk dijadikan sebagai objek pengambilan foto.

Walaupun tempat ini lebih dikenal sebagai wisata edukasi yang didalamnya akan diberi pertunjukan untuk melihat secara langsung seperti apa proses ineminasi ternak sapi, kerbau dan domba.

Di sisi lain kamu pun dapat mengabadikan beberapa momen dengan cara pengambilan gambar dari kamera.

Tips Berkunjung ke BIB Lembang

Ada pun tips berkunjung ke BIB Lembang yang harus kamu perhatikan supaya liburanmu di tempat ini merasa menyenangkan dan menguntungkan.

Lantas seperti apa tips tersebut? Simak ulasan berikut ini.

1. Mengajak Rombongan

Seperti yang telah kamu ketahui mengenai biaya masuk dan biaya lainnya di atas yang bisa dikatakan lumayan cukup mahal, alangkah baiknya jika kamu berkunjung ke tempat ini harus membawa rombongan.

Kenapa?

Dikarenakan dengan berkunjung bersama rombongan tentunya bisa membuat beban biaya terasa lebih ringan, selain dari biayanya lebih murah, kamu juga dapat belajar bersama rombongan tentang bagaimana mengetahui proses inseminasi yang dilakukan di sana.

2. Membawa kamera

Jangan lupa untuk membawa kamera di sini, baik kamera digital maupun kamera dari hp.

Karena kamera ini banyak sekali fungsi yang bisa digunakan untuk mengabadikan momen-momen tertentu yang memang menurut kamu momen tersebut jarang ditemui di kegiatan sehari-hari.

3. Membawa Pakaian yang Tebal

Seperti yang sudah kamu ketahui mengenai keberadaan lokasi wisata BIB Lembang ini berada di dataran tinggi Lembang yang terkenal dengan dinginnya cuaca di sana, maka dari itu jangan sampai lupa untuk membawa pakaian tebal seperti jaket, sarung tangan dan lain sebagainya.

Catatan
Demikianlah informasi seputar wisata edukasi BIB Lembang.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu semua dalam mencari informasi tentang BIB Lembang.

Selamat Berwisata!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Kota Mini Lembang

Tempat Wisata di Lembang

Lembang merupakan salah satu daerah di Bandung yang cukup digemari wisatawan. Hal ini tentunya tidak terlepas dari fakta bahwa tempat ini memiliki banyak sekali potensi wisata. Dengan hawanya yang sejuk…
Selengkapnya
Taman Bunga Cihideung

Taman Bunga Cihideung

Halo sahabat berwisata yang ada di seluruh Indonesia, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Taman Bunga Cihideung yang ada di daerah Lembang. Sepanjang cerita sejarah yang ada, bahkan…
Selengkapnya