Gambar Air Panas Ciater (5)

Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian air panas adalah tempat relaksasi yang cocok untuk kamu kunjungi ketika sedang merasakan suntuk dikarenakan banyak pekerjaan, tugas kampus atau tugas sekolah.

Berlibur ke Pemandian Air Panas Ciater adalah salah satu pilihannya.

Di pemandian ini kamu bisa langsung merelaksasi diri dengan cara berendam sambil menikmati suasana segar khas pegunungan.

Perlu kamu ketahui, ternyata berendam di air panas ini bisa menghilangkan stress, menghilangkan toxic yang berada di dalam tubuh, memperlancar peredaran darah, membuat otot kendor dan tentunya bisa menghilangkan penyakit pada tulang.

Pemandian panas ini sangat terkenal di Jawa Barat, jadi kamu pun harus mencobanya sekali-sekali.

Namun, pasti ada beberapa di antara kamu semua yang belum mengetahui tentang informasi Pemandian Air Panas Ciater.

Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung simak ulasan berikut ini.

Review Pemandian Air Panas Ciater

wisata lembang

Pemandian Air Panas Ciater ini berada di kawasan Provinsi Jawa Barat, tempat wisata relaksasi ini mempunyai daya tarik yang berhasil menarik banyak minat dari para wisatawan melalui relaksasi yang ditawarkannya.

Pemandian air panas ini mempunyai banyak kandungan zat mineral sehingga tidak usah merasa heran apabila kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke sini mempunyai niat untuk menghilangkan beberapa penyakit yang mengganggu pada kulit.

Selain menghilangkan penyakit kulit, di sini kamu juga bisa terapi penyakit rematik loh!

Luar biasa bukan kandungan zat yang dimiliki oleh Pemandian Air Panas Ciater?

Fasilitas yang Tersedia

Sari Ater merupakan pemandian air panas terbesar di Provinsi Jawa Barat dengan lahan seluas 30 hektar.

Dilihat dari hasil survey, Pemandian Air Panas Ciater mampu menampung pengunjung kurang lebih sekitar 60.000 orang.

Ada pun beragam fasilitas wisata yang bisa dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung ke sini, misal salah satunya seperti Kolam Pemancingan, Outbound dan masih banyak lagi. Untuk informasi lebih jelasnya, bisa simak berikut ini:

Mushola

Ada beberapa tempat wisata di Indonesia yang di dalamnya minim adanya fasilitas Mushola, tapi berbeda dengan tempat wisata Pemandian Air Panas Ciater ini, di area ini mempunyai fasilitas Mushola yang bersih dan memadai sehingga layak untuk digunakan sebagai tempat beribadah para pengunjung.

Perlu kamu ketahui, fasilitas Mushola ini pun terlihat cukup baik, karena selain dari tempatnya bersih, di dalam Mushola tersebut terdapat peralatan sholat untuk pria dan wanita.

Jadi buat kamu yang berwisata ke sini tidak usah repot membawa perlengkapan sholat dari rumah.

Restoran/Tempat Makan

Meskipun di area ini telah tersedia banyak saung-saung yang umumnya kerap dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk beristirahat sambil menyantap perbekalan yang mereka bawa.

Kini di Pemandian Air Panas Ciater sudah tersedia restoran dengan sajian menu yang beragam.

Tentunya adanya fasilitas seperti restoran ini sangat berguna untuk para wisatawan yang tidak sempat membawa perbekalan dari rumah, oleh karena itu bagi kamu yang berwisata ke sini namun lupa untuk membawa makanan jangan khawatir kelaparan ya.

Terapi Pijat

Ini dia terapi pijat adalah salah satu fasilitas yang bisa kamu manfaatkan ketika sedang merasa lelah setelah seharian penuh berwisata di area ini.

Di sini kamu akan mendapatkan treatment dengan pijatan-pijatan yang bisa membuat diri kamu merasa lebih tenang.

Outbound

Outbound merupakan fasilitas yang juga disediakan oleh tempat wisata ini, biasanya fasilitas menjadi pilihan utama bagi kaum muda dan anak-anak untuk mencoba menaklukan beberapa permainan.

Nah adanya fasilitas ini bisa kamu jadikan sebagai pilihan lain ketika kamu sudah merasa bosan dalam berendam di kolam air hangat.

Bungalow

Bungalow merupakan salah satu fasilitas yang disediakan untuk pengunjung agar mereka bisa bermalam di area Pemandian Air Panas Ciater.

Bagi mereka yang menginap di sini bisa lebih puas menikmati keindahan alam dan suasana di area ini.

Oh iya, selain dari Bungalow di sini juga masih ada fasilitas penginapan lainnya, misal seperti Hotel dan Villa.

Jika kamu lebih memilih bermalam dan beristirahat di Hotel, kamu bisa menggunakan Hotel Sari Ater yang didalamnya sudah dilengkapi dengan kolam air panas.

Wisata Kuliner

Biasanya ketika sudah merasa lelah karena melakukan beberapa kegiatan ketika berwisata, tentunya isi dalam perut sudah berkurang dan kita akan merasa lapar.

Jangan khawatir!

Di sini kamu bisa mencicipi berbagai macam kuliner yang telah disediakan di Restoran Pemandian Air Panas Ciater.

Menu andalan yang biasa di pesan oleh wisatawan adalah, Sate dan Sop Kelinci.

Waow sungguh nikmat bukan menu makanan tersebut, jadi gak sabar dong ingin segera berwisata ke sini?

Oh iya, hidangan tersebut merupakan salah satu menu andalan di daerah Ciater.

Fasilitas Lainnya

Selain dari fasilitas yang sudah saya sebutkan di atas, ada juga beberapa fasilitas lainnya yang bisa kamu gunakan ketika berwisata di sini. Diantaranya seperti:

  • Area pemancingan ikan
  • Area bersepeda
  • Lapangan golf
  • Lapangan tenis
  • Lapangan Voli
  • Lapangan basket
  • Arung jeram
  • Sewa perahu
  • Berkuda
  • Lahan parkir yang luas
  • Taman bermain anak-anak
  • Gazeoba untuk beristirahat

Pantas saja banyak sekali wisatawan dari mancanegara yang berdatangan ke tempat wisata ini, karena sudah terbukti bahwa Pemandian Air Panas Ciater ini mempunyai fasilitas yang sangat lengkap sehingga bisa membuat wisatawan yang berkunjung merasa betah.

Wahana di Pemandian Air Panas Ciater

Selain lengkapnya fasilitas, di tempat wisata Pemandian Air Panas Ciater juga mempunyai beberapa wahana yang bisa memanjakan para wisatawan yang berkunjung.

Berikut adalah ulasannya.

1. Pancuran Tujuh

wisata lembang

Pancuran Tujuh merupakan wahana yang sering dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk membasahi sekujur tubuh.

Di wahana ini terdapat kendi dengan ukuran yang sangat besar.

Perlu kamu ketahui, kenapa wahana ini diberi nama dengan sebutan Pancuran Tujuh karena kendi ini mempunyai tujuh pancuran aliran air yang bersumber dari mata air alami di Pemandian Air Panas Ciater.

2. Curug Jodo

wisata lembang

Curug Jodoh merupakan wahana kedua di Pemandian Air Panas yang juga kerap dikunjungi oleh para wisatawan.

Uniknya, wahana ini mempunyai cerita tersendiri yang konon katanya apabila kamu mandi di area ini sepulang nya akan mendapatkan jodoh.

Banyak para pengunjung yang mandi di Curug Jodoh sambil berharap supaya segera diberikan jodoh yang baik dan sehidup semati.

Jadi buat kamu yang belum punya jodoh boleh nih nyoba mandi di sekitar area Curug Jodoh, siapa tau sepulang dari sini bisa menemukan jodoh.

Bukan itu saja, tapi ada sebagian masyarakat setempat yang setiap tahunnya dari dulu sampai sekarang masih kerap melakukan ritual tahunan di Curug Jodoh, yang mana ritual tersebut sering dikenal dengan sebutan munggahan.

3. Offroad

air panas ciater

Nah ini dia wahana terakhir yang paling seru di area Pemandian Air Panas Ciater ini.

Biasanya yang kerap berkunjung ke wahana ini adalah orang-orang yang mempunyai nyali besar dan selalu suka dengan tantangan, saya adalah salah satu dari orang tersebut.

Nah bagi kamu yang penasaran seperti apa sih Offroad itu dan ingin menguji seberapa besar nyali yang kamu punya, maka wahana Jeep Offroad ini bisa kamu coba dengan menyewa paket Offroad dimulai dari Rp550.000 s/d Rp1.900.000.

Masing-masing dari harga sewa tersebut tergantung dari jalur yang akan kamu lalui dan juga mobil yang hendak kamu gunakan untuk bertualang.

Lokasi

Peta Menuju Pemandian Air Panas Ciater


Untuk lokasinya, Pemandian Air Panas Ciater ini berada di Jl, Raya Ciater Subang, Desa Ciater, Kecamatan Ciater, Subang, Provinsi Jawa Barat.

Keberadaan lokasi wisata ini tepat berada di tengah-tengah perbatasan antara Bandung dan Subang.

Bila kamu berangkat dari Subang, untuk menuju lokasi ini kamu akan menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 30 km. dan waktu tempuh selama 40 menit.

Bila kamu berangkat dari Kota Bandung, kamu akan melakukan perjalanan sejauh 32 km dengan waktu tempuh selama 45 menit tergantung dari kondisi jalannya.

Baca juga Tempat Wisata di Lembang lainnya.

Rute Menuju Pemandian Air Panas Ciater

Lokasi Pemandian Air Panas Ciater yang berada di perbatasan antar Kota Bandung dan Subang, untuk menuju ke sini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau pun umum.

Dalam perjalanan menuju lokasi, kamu akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa indahnya.

Berikut rute perjalanan menuju lokasi tergantung dari kendaraan yang kamu gunakan.

1. Via Mobil

Bagi kamu yang berangkat dari daerah Jakarta, rute perjalanan menuju Pemandian Air Panas Ciater ini bisa ditempuh melalui 2 jalur.

Yang pertama bisa menggunakan akses jalur Puncak, dan jalur ke dua bisa menggunakan jalan Tol Bekasi – Cikampek dan keluar di gerbang Tol Subang.

Sesampainya di gerbang Tol Subang, kamu bisa melanjutkan kembali perjalanan yang mengarah ke daerah Lembang.

Dari gerbang Tol Subang menuju lokasi pemandian kurang lebih berjakar sekitar 30 km.

2. Via Angkutan Umum

Nah bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata ini dengan menggunakan fasilitas kendaraan umum dari Kota Bandung, pertama-tama kamu bisa menggunakan angkot yang mengarah ke terminal Ledeng.

Sesampainya di terminal Ledeng, kamu bisa naik angkot lagi yang jurusannya mengarah Lembang dan turun di terminal Lembang.

Sesampainya di terminal Lembang, kamu bisa melanjutkan kembali perjalanan menggunakan angkot yang mengarah ke daerah Subang.

Oh iya, keberadaan lokasi wisata ini dari terminal Subang itu tidak terlalu jauh, kurang lebih menghabiskan waktu sekitar 30 menit.

Sebelum masuk ke daerah Subang, kamu bisa turun di Jl Cagak, Kec. Ciater, dan disitu lokasi wisata Pemandian Air Panas Ciater berada di sebelah kanan jalan.

Harga Tiket Masuk & Parkir

Ketika berwisata ke Pemandian Air Panas Ciater tentunya kamu semua ingin menikmati berbagai macam wahana yang telah disediakan, oleh karena itu bagi kamu yang ingin mencoba wahana tersebut, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu mengenai Harga Tiket Masuknya.

Berikut informasi jelasnya.

KATEGORIHARGA
UmumRp 20.000 s/d Rp 80.000
Parkir MotorRp 20.000
Parkir MobilRp 30.000
Parkir BusRp 45.000

Noted: Harga diatas sewaktu-waktu bisa berubah, perubahan harga tersebut bisa kapan saja tergantung dari pihak pengelola wisata.

Jadi apabila suatu saat nanti kamu berkunjung ke Pemandian Air Panas Ciater dan harganya pun tidak seperti pada kolom diatas jangan kaget karena pihak pengelola bisa merubah harga kapan pun yang mereka mau.

Tapi biasanya perubahan harga tiket masuk tersebut sering dilakukan pada liburan akhir tahun dan liburan kenaikan kelas pada pertengahan bulan.

Hal yang Bisa Dilakukan di Sini

wisata lembang

Selain berendam di kolam, di tempat wisata ini kamu bisa melakukan berbagai macam kegiatan lainnya yang bisa membuat liburanmu semakin menyenangkan. Misal seperti:

  • Bersepeda mengitari area wisata
  • Berenang
  • Mancing ikan di kolam pemancingan
  • Mendayung perahu sambil melihat keindahan alam Ciater
  • Menunggangi kuda
  • Bermain basket
  • Bermain voli
  • Bermain golf
  • Bermain bola tenis
  • Bermain gokart
  • Outbound
  • Berkemah
  • Menjelajah hutan menggunakan mobil offroad
  • Jalan-jalan mengitari perkebunan teh yang luas sambil menikmati sejuknya udara
  • Berswafoto dan membuat video vlog
  • Dan juga bisa mengunjungi tempat pengrajin keramik di Ciater

Selain dari kegiatan di atas, di sini kamu juga bisa melakukan wisata kuliner di beberapa tempat karena di dalam area Pemandian Air Panas Ciater ini banyak sekali pedagang yang menyediakan jajanan ringan dan juga restoran yang menawarkan beragam menu makanan.

Begitu lengkap kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sini, oleh karena itu bagi kamu yang belum pernah berwisata ke tempat ini segera lah agar mengetahui betapa seru nya ketika melakukan kegiatan berwisata di sini.

Jam Operasional

Untuk mengunjungi tempat wisata ini, kamu dan para wisatawan lainnya bisa mengunjungi kapan pun waktunya karena Pemandian Air Ciater buka setiap hari dan 24 jam.

Tips Berkunjung ke Pemandian Air Panas Ciater

Adapun beberapa tips supaya liburan kamu di Pemandian Air Panas Ciater ini terasa lebih berkesan, berikut tips dan trik yang bisa kamu lakukan.

Perhatikan Waktu Berkunjung

Dikarenakan Pemandian Air Panas Ciater ini berada di perbatasan antara Kota Bandung dan Subang, alangkah baiknya kamu berkunjung di hari biasa pada malam hari.

Karena selain menghindari kemacetan, kamu pun bisa merasakan kehangatan air ketika berendam di malam hari.

Membawa Perlengkapan Pakaian

Sebelum berangkat ke sini, saya sarankan kepada kamu semua untuk memeriksa kembali perlengkapan pakaian dan alat mandi seperti:

  • Handuk
  • Sabun, Shampo, Sikat gigi & Odol
  • Baju dan celana ganti
  • Jaket

Jaket sangat diperlukan karena lokasi wisata Pemandian Air Panas Ciater ini berada di daerah dataran tinggi, yang mana ketika sehabis kita berendam pasti bakal kedinginan karena suhu udara di sana bisa dikatakan cukup dingin.

Membawa Kamera

Kamera sangat penting dibawa, baik kamera digital maupun kamera Smartphone.

Dengan adanya kamera, kamu bisa berswafoto di sekitar area Pemandian Air Panas yang dikelilingi oleh pemandangan yang sangat eksotis.

Menggunakan Kendaraan Pribadi

Dianjurkan untuk berkunjung dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Pasalnya dalam perjalanan menuju Pemandian Air Panas Ciater, kamu akan melewati beberapa lokasi yang memang mempunyai pemandangan yang sangat bagus.

Jadi kamu bisa menepi sebentar untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan alam disekitar perjalanan.

Catatan
Sekian informasi mengenai wisata Pemandian Air Panas Ciater.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan juga membantu dalam memberikan informasi seputar tempat wisata yang ingin kamu tuju.

Terimakasih, semoga liburan nya menyenangkan.

Selamat Berwisata!

Apa Kata Pengunjung?

  • hangatttttt. sayang pas siang kmarin makanan tutup semua
  • Segernya berendam air panas, badan jadi rileks
  • Parkir mahal digerbang diminta bayar, ditempat parkir diminta bayar juga, pemerasan ciater skrg
  • Tempat luas dan nyaman. Ada private pool juga. Air panas belerangnya bikin badan hangat dan nyaman
  • Tiket ada dua macem nih, biasa atau terusan
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Siapa yang tidak tahu cerita rakyat Sangkuriang? Kisah legenda ini tidak hanya populer di masyarakat Sunda saja, namun hampir semua masyarakat di Nusantara pernah mendengar kisahnya. Sangkuriang adalah tokoh dalam…
Selengkapnya
Gambar Gunung Batu Lembang (5)

Gunung Batu Lembang

Tahu Bandung kan? Pasti tau Lembang juga, di sana banyak sekali tempat wisata yang memang kerap di kunjungi oleh wisatawan, namun sebagian dari mereka belum tentu pernah mengunjungi Gunung Batu…
Selengkapnya