Tahu Bandung kan? Pasti tau Lembang juga, di sana banyak sekali tempat wisata yang memang kerap di kunjungi oleh wisatawan, namun sebagian dari mereka belum tentu pernah mengunjungi Gunung Batu Lembang.

Wajar saja apabila sebagian dari mereka ada yang belum berkunjung ke sini karena Gunung Batu Lembang memang belum banyak dikenal oleh wisatawan.

Lokasi Lembang memang berada di daerah dataran tinggi dan juga ada banyak pegunungan di sana, misal seperti Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Putri Lembang dan Gunung Batu Lembang yang akan saya bahas di sini.

Selain itu, Lembang juga terkenal banyak sekali tempat wisata yang sering dijadikan sebagai tujuan utama bagi mereka yang sedang melakukan kegiatan berwisata ketika libur di akhir pekan atau pun nasional.

Sebenarnya Gunung Batu Lembang adalah salah satu tempat wisata pegunungan yang bisa dikatakan cukup beda dari objek wisata lainnya yang ada di lembang.

Penasaran seperti apa?

Yuk langsung saja kita simak bareng-bareng artikel di bawah ini.

Review Gunung Batu Lembang

gunung batu lembang

Gunung Batu Lembang merupakan tempat wisata yang ada di Kabupaten Bandung Barat.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Lembang, seperti yang sudah saya katakan di atas bahwa wisata Gunung Batu ini tidak cukup populer.

Padalah keindahan dari Gunung Batu ini rasanya amat di sayangkan apabila harus terlewatkan oleh wisatawan yang berwisata ke daerah Lembang.

Berdasarkan informasi yang telah didapatkan, gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 1.335 meter diatas permukaan laut.

Terbentuknya gunung ini, awal mulanya pada zaman dulu terjadinya letusan dari Gunung Sunda Purbakala pada 500 ribu tahun silam.

Kini letusan tersebut membentuk patahan Lembang.

Gunung Batu Lembang mempunyai karakteristik yang sama dengan beberapa gunung-gunung batu yang ada di Jawa Barat.

Misal seperti Gunung Batu Padalarang, Gunung Batu Bogor, dan Gunung Batu Baleendah.

Kesamaan dari karakteristik tersebut bisa dilihat dari bentuk lempengan tebing nya yang menjulang tinggi, selain itu material dari bebatuan tersebut sangat padat dan kokoh.

Oh iya, untuk bisa sampai ke puncak gunung, kamu hanya perlu menghabiskan waktu dalam perjalanan kurang lebih sekitar 15 menit.

Pemandangan-pemandangan yang di tawarkan di area puncak memang nampak terlihat sungguh menawan.

Ketika kamu sudah berada di atas puncak Gunung Batu Lembang, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan seluruh kota Bandung dari dataran tinggi.

Bukan hanya itu saja, kamu juga dapat melihat pemandangan beberapa gunung yang letaknya berdekatan dengan gunung ini.

Gunung-gunung yang bisa kamu lihat dari puncak Gunung Batu adalah Gunung Putri, Gunung Tangkuban Perahu, dan Gunung Burangrang.

Kemudian di sebelah Timurnya kamu bisa melihat pemandangan Gunung Manglayang dan Bukit Unggul.

Selain dari arah Utara dan Timur, kamu juga akan dimanjakan oleh pemandangan gunung yang letaknya ada dibagian selatan Gunung Batu Lembang.

Yaitu pesona Gunung Patuha, Gunung Malabar dan Gunung Haruman.

Wahana di Gunung Batu Lembang

Selain menikmati keindahan pesona alam dari atas puncak Gunung Batu Lembang, di sini kamu akan menemukan 2 wahana yang lokasinya berdekatan, yaitu makam keramat dan juga bangunan tua Stasiun untuk memantau terjadinya Gempa Bumi.

1. Makam Keramat

gunung batu lembang

Konon, makam keramat yang ada di area Gunung Batu Lembang ini dijadikan sebagai sistem mitigasi bencana yang dilansir oleh beberapa penelitian dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

2. Stasiun Pemantauan Gempa Bumi

wisata lembang

Selain dari makam keramat, keberadaan Stasiun Pemantuan gempa bumi yang dibangun oleh Badan Geologi Jawa Barat ini difungsikan untuk mengamati tanda-tanda sebelum terjadinya gempa bumi.

3. Pendakian Gunung

gunung batu lembang

Lantas apakah wisatawan masih bisa mendaki gunung ini untuk menikmati pesona alam yang ada ketika di hari libur?

Tentu saja bisa dan tidak usah merasa khawatir ketika mendakinya, karena di sekitar Gunung Batu Lembang ada kebun dan juga pemukiman milik warga setempat.

Adanya kebun-kebun dan pemukiman warga ini bisa membuat wisatawan yang berkunjung merasa aman dan nyaman.

Terlebih ketika sedang mendaki Gunung Batu untuk mencapai puncak dan melihat penampakan alam yang terjadi di atas puncak Gunung Batu Lembang.

Lokasi

Peta Menuju Gunung Batu


Lokasi keberadaan Gunung Batu Lembang ini berada di area Desa Pagerwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Jaraknya pun tidak terlalu jauh dari Kota Lembang, namun lumayan cukup jauh jika kamu berangkat dari pusat Kota Bandung.

Jika kamu berangkat dari Lembang menuju lokasi, waktu yang akan kamu habiskan kurang lebih sekitar 15 menit.

Namun, bila kamu berangkat dari pusat Kota Bandung, kamu akan menempuh perjalanan dengan menghabiskan waktu sekitar 1 s/d 2 jam (tergantung dari kondisi jalan).

Baca juga Tempat Wisata di Lembang lainnya.

Rute Menuju Gunung Batu Lembang

Rute perjalanan dari Lembang menuju Gunung Batu tidak angkutan atau transportasi umum yang langsung mengarah ke lokasi.

Namun, jika berangkat dari Kota Bandung masih ada angkutan umum yang bisa kamu gunakan:

misal seperti:

  • Ojek
  • Taxi
  • Grab car
  • Gocar
  • Angkot

Semua angkutan umum tersebut bisa kamu pilih untuk dijadikan sebagai sarana transportasi yang aman ketika ingin mengunjungi Gunung Batu Lembang.

Berikut rute perjalanan menuju lokasi wisata berdasarkan kendaraan atau tranportasi umum yang kamu gunakan.

1. Via Kendaraan Pribadi

a. Dari Bandung

Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi sendiri, sesampainya di Bandung tepatnya dari pusat Kota Bandung kamu bisa menggunakan jalan yang mengarah ke Universitas Pendidikan Indonesia Bandung yang berada di Jl. Dr. Setiabudhi.

Setibanya di kampus UPI, kamu bisa meneruskan lagi perjalanan menuju arah Lembang dan masuk ke Jl. Maribaya. Nah dari Jl. Maribaya Lembang terus sampai ketemu Jl. Buka Nagara.

Tak jauh dari situ, Gunung Batu akan terlihat oleh kedua bola mata kalian.

Dari situ kamu ikuti saja Jl. Buka Nagara sampai menemukan belokan ke arah kiri yang masuk ke Jl. Buniwangi.

Tak jauh dari situ, kamu sudah masuk ke kawasan jalur pendakian Gunung Batu.

Rute perjalanan ini berlaku untuk kendaraan mobil dan motor.

b. Dari Jakarta

Tapi jika kamu berangkat dari luar kota, kamu bisa menggunakan akses jalan Tol sesuai dari tempat keberangkatan.

Dari Jakarta, kamu bisa menggunakan Tol Jakarta – Cikampek – Purbaleunyi dan keluar di gerbang Tol Pasteur.

Sesampainya di Paster bisa langsung menuju kampus UPI sama seperti arahan yang sudah saya berikan di tulisan paragraf pertama.

Selain dari menggunakan kendaraan pribadi, kamu juga masih bisa menggunakan tranportasi umum seperti Kereta Api dan Bus.

2. Via Kereta Api

Sebenarnya perjalanan menuju lokasi menggunakan Kereta Api itu hampir sama rute nya apabila dari pusat Kota Bandung, cuman yang membedakannya ialah ketika pemberangkatan dari daerah kamu.

Misal dari Jakarta kamu harus naik Kereta Api di Stasiun Pasar Senin dan kemudian turun di Stasiun Bandung Kota atau pun Kiara Condong.

Namun saran saya lebih baik turun di Stasiun Bandung Kota saja agar tidak terlalu jauh menuju lokasi Gunung Batu Lembang.

Setibanya di Stasiun Bandung Kota, kamu bisa memilih beberapa transportasi umum yang nantinya bakal kamu jadikan sebagai sarana transportasi menuju lokasi wisata yang ada di Lembang.

Misal seperti menggunakan jasa transportasi online, atau pun taksi.

Nanti driver dari transportasi online tersebut akan mengantarmu hingga lokasi pendakian tanpa harus gonta-ganti angkutan umum ketika dalam perjalanan.

Via Bus

Untuk transportasi umum seperti Bus, bila berangkat dari Jakarta, kamu bisa langsung mengunjungi terminal Lebak Bulus atau pun Kampung Rambutan untuk naik bus dengan tujuan Jakarta – Bandung.

Sesampai di terminal, kamu dapat memilih Bus Pahalana Kencana dan turun di Terminal Leuwi Panjang Bandung.

Sesampainya di Leuwi Panjang, kamu bisa naik angkot dengan tujuan Ledeng, kemudian turun dan melanjutkan kembali perjalanan menuju Lembang dengan mengganti angkot.

Jika tidak ingin merasa ribet karena harus gonta-ganti angkutan umum, kamu bisa menggunakan fasilitas transportasi online.

Pilih salah satu transportasi online sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

Jam Operasional

Untuk keterangan jam operasionalnya, tempat wisata Gunung Batu Lembang buka setiap hari full selama 24 jam.

Jadi, kamu bisa berkunjung kapanpun yang kamu mau, entah itu di hari kerja atau pun weekend.

Untuk jam berkunjung nya pun bebas, kamu bisa berwisata ke tempat ini di pagi hari, siang hari, sore hari, bahkan malam hari pun bisa.

Harga Tiket Masuk

Gunung Batu Lembang merupakan salah satu tempat wisata nuansa pegunungan yang dapat dikatakan tidak harus mengeluarkan uang banyak ketika berwisata ke sini.

Tentu saja, jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membayar transportasi umum yang kamu gunakan, cukup mengeluarkan uang untuk membeli bensin, biaya parkir dan jajan saja.

Untuk masuk ke tempat wisata ini kita tidak dipungut biaya masuk alias gratis.

Namun kita diwajibkan untuk membeli karcis parkir untuk menjaga masing-masing kendaraan yang mereka bawa.

KETERANGANHARGA
Tiket MasukGratis
Sepeda MotorRp 3.000
MobilRp 5.000

Bisa kamu lihat sendiri betapa murahnya tempat wisata ini dalam memberikan harga parkir pada masing-masing jenis kendaraan yang dibawa oleh para pengunjung, dengan harga karcis parkir sebesar Rp 3.000 s/d Rp 5.000, cukup terjangkau bukan?

Tarif yang kamu keluarkan tersebut sebenarnya tidak sebanding dengan panorama alam yang ditawarkan di kawasan Gunung Batu Lembang.

Fasilitas

Sebenarnya destinasi wisata Gunung Batu Lembang ini tidak mempunyai banyak fasilitas yang memadai, akan tetapi masih ada beberapa fasilitas yang sangat layak untuk digunakan bagi setiap wisatawan yang berwisata ke sini.

Salah satunya seperti warung kecil yang di dalamnya menjual jajanan ringan, makanan dan minuman.

Tempat ini selain berfungsi untuk tempat menjual pangan, juga berfungsi sebagai lahan parkir untuk menitipkan kendaraan yang dibawa oleh wisatawan yang berkunjung.

Selain warung, ada juga fasilitas toilet (wc umum) namun sayangnya fasilitas ini masih dibilang cukup kurang dikarenakan hanya ada 1.

Tapi wajar saja, kamu harus bisa memakluminya karena tempat wisata ini belum dikelola secara formal oleh Pemkab Bandung dan pihak Pariwisata setempat.

Hal yang Bisa Dilakukan di Sini

wisata lembang

Ketika kamu memutuskan untuk berwisata ke Gunung Batu Lembang, di sana tak semata-mata hanya melihat pemandangan alamnya saja, karena di sini kamu dapat melakukan beberapa kegiatan seru dan juga menantang adrenalin.

Tentu saja dengan adanya kegiatan tersebut bisa membuat liburan kamu dan teman-teman terasa lebih menyenangkan dan mempunyai pengalaman baru dalam berwisata.

Penasaran apa saja kegiatan yang dapat kamu lakukan di sini? Simak ulasan berikut ini.

1. Camping

Meskipun fasilitas di Gunung Batu ini kurang memadai, tapi kamu masih dapat melakukan kegiatan yang menarik loh, yaitu camping, yang mana kamu dapat bermalam di area Gunung Batu dengan menggunakan tenda.

Suasana yang tenang, area yang aman untuk dijadikan sebagai tempat berkemah, pemandangan alam yang nampak sangat indah untuk di nikmati oleh kedua mata, pokoknya seru banget, kamu wajib coba!

Keseruan-keseruan lainnya ketika berkemah di sini ialah ketika malam hari, karena di malam hari kamu bisa membuat api unggun sambil melihat city light kota Bandung di atas ketinggian, dan juga sky view yang dihasilkan oleh banyaknya bintang dan bulan yang berkilau.

2. Climbing

Dikarenakan bebatuan yang ada di gunung ini berbentuk lempengan tebing, kamu bisa memanfaatkan spot ini untuk tempat ber-olahraga, yaitu wall climbing.

Adanya tebing yang curam dan juga berbatu seakan-akan tempat tersebut menjadi tantangan adrenalin yang harus ditaklukkan.

Oh iya, selain dari wisatawan yang berkunjung, Gunung Batu Lembang ini pun sering dijadikan sebagai tempat untuk mengasah keahlian dalam bidang climbing oleh mahasiswa dan para pelajar pecinta alam.

3. Berfoto

Berfoto adalah salah satu kegiatan yang kerap dilakukan oleh orang-orang, entah itu dalam hal berwisata atau hanya keisengan semata demi menemani waktu gabut mereka.

Nah, di Gunung Batu Lembang kamu bisa berfoto sebanyak mungkin dengan berbagai macam gaya ekspresi.

Banyak sekali spot foto yang bagus dan juga menarik, kamu jangan sampai melewatkan nya yah!

Tips Berwisata ke Gunung Batu Lembang

Musim libur di akhir pekan rasanya membosankan apabila kita hanya berdiam diri di rumah tanpa pergi keluar untuk berwisata.

Padahal di luar sana banyak sekali tempat wisata yang murah namun tetap mempunyai kesan yang tinggi.

Namun, sebelum kamu berangkat berwisata untuk mendaki gunung, alangkah baiknya perhatikan beberapa tips di bawah ini.

1. Membawa Peralatan Camping

Langkah awal yang harus kamu perhatikan ialah membawa peralatan untuk camping.

Berwisata ke gunung bukan semata-mata hanya menikmati keindahan dari pemandangan di waktu-waktu tertentu.

Maka dari itu pentingnya membawa peralatan camping ketika kamu berwisata ke suatu pegunungan, berikut peralatan camping yang harus kamu bawa:

  • Tenda
  • Sleeping bag
  • Matras
  • Pleshit
  • Kayu bakar
  • Nesting
  • Kompor fotable
  • Gas mini
  • Castrol

Ingat dan perhatikan! Sebelum berangkat mendaki Gunung Batu Lembang, alangkah baiknya kamu memeriksa kembali perlengkapan yang saya sebutkan di atas, apabila ada yang belum lengkap maka lengkapi terlebih dulu, baru lanjut berangkat menuju lokasi pendakian.

2. Menggunakan Pakaian Tebal

Karena objek wisata yang ingin kamu tuju itu adalah pegunungan, dan juga letak lokasi dari Gunung Batu Lembang ini berada di dataran tinggi yang juga udara di sana bisa dikatakan sangat dingin.

Maka dari itu sebelum berangkat menuju lokasi wisata, alangkah baiknya kamu menyiapkan pakaian yang tebal untuk di gunakan seperti,

  • Jaket gunung
  • Training
  • Sarung tangan gunung
  • Buff
  • Kupluk (penutup kepala)

Dengan menggunakan pakaian tebal, kamu tidak akan merasa kedinginan karena pakaian tebal yang kamu gunakan sudah menyelimuti agar selalu terasa hangat.

3. Membawa Kamera

Membawa kamera saat berwisata ke daerah pegungunang sangat dianjurkan.

Terlebih ketika sudah berada di puncak gunung yang kamu daki, di sana kamu pasti akan melihat secara langsung keindahan dari dataran tinggi.

Pemandangan yang indah bisa kamu jadikan sebagai spot foto untuk diabadikan melalui kamera yang kamu bawa.

Rasanya sangat di sayangkan apabila kamu berwisata ke suatu tempat yang bagus namun tidak membawa kamera, jadi pastikan kamu membawanya ya, baik itu kamere digital, atau pun kamera dari HP kamu!

4. Membawa Perbekalan yang Cukup

Ada beberapa gunung yang menyediakan fasilitas berupa warung untuk menjual makanan dan jajanan ringan kepada para pendaki.

Namun tidak semua gunung menyediakan fasilitas seperti warung, salah satunya Gunung Batu Lembang.

Gunung ini memang sangat minim sekali dengan fasilitas, ada warung kecil namun warung tersebut hanya bisa kamu temui sebelum masuk ke jalur pendakian.

Maka dari itu, sebelum mendaki gunung ini kamu harus membawa perbekalan yang cukup dan juga memadai.

Beberapa perbekalan yang bisa kamu persiapkan seperti:

  • Makanan ringan (jajanan)
  • 4 Indomie goreng/rebus
  • 1 Kopi shachet
  • 1 Pax antangin
  • 2 Vitamin
  • Aqua 1 liter (sesuaikan dengan kebutuhan ketika mendaki)
  • Dan masih banyak lainnya.

Sebenarnya masih banyak perbekalan-perbekalan yang bisa kamu bawa, namun semua kebutuhan perbekalan bisa kamu atur sendiri sesuai dengan kebutuhan kamu.

5. Menggunakan Pakaian yang Sesuai

Karena berwisata di sini bertemakan pendakian gunung, jadi pastikan kamu tidak menganggap enteng suasana di gunung.

Pakailah pakaian yang sesuai, dan pastinya bisa menghangatkan kamu dan juga dapat melindungi kamu dari serangga.

Pakaian yang dapat kamu siapkan diantaranya seperti, menggunakan tas carrier, sepatu gunung, buff, sarung tangan dan lain-lain.

6. Perhatikan Waktu Berkunjung

Mendaki gunung itu bisa kapan saja, baik pada pagi hari, siang hari, sore hari bahkan malam hari pun bisa.

Namun, ada satu hal yang memang harus kamu perhatikan sebelum berkunjung ke Gunung Batu Lembang.

Lembang terkenal dengan daerah yang banyak tempat wisata dan juga terkenal sering terjadinya ke macetan di ruas Jl. Raya Bandung – Lembang. Maka dari itu, kamu harus bisa memperhatikan waktu sebelum berkunjung ke sini.

Lalu waktu yang tepat untuk berwisata ke Gunung Batu Lembang ini kapan?

Jika tidak ingin terkena alur macet perjalanan, kamu bisa berkunjung di hari biasa dengan berangkat kurang lebih sekitar jam 07.00 pagi.

Namun, apabila kamu tidak bisa berangkat di hari biasa, dan hanya ada waktu ketika akhir pekan, saya sarankan untuk berangkat Sabtu pagi sekitar jam 04.00 subuh agar terhindar dari kemacetan.

Catatan
Sekian pembahasan kali ini yang membahas seputar keindahan alam dari Gunung Batu Lembang.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan dapat membantu kita semua dalam mencari informasi seputar Gunung Batu Lembang.

Terimakasih sudah membaca, Selamat Berwisata!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *