Screenshot 2

Gunung Putri Lembang

Dari dulu, dataran tinggi Bandung terkenal mempunyai pemandangan alam yang indah, seperti halnya Gunung Putri Lembang.

Tempat wisata ini bisa menarik perhatian para wisatawan agar berdatangan untuk mengunjunginya.

Gunung Putri Lembang ini menawarkan pemandangan alam yang terlihat begitu indah.

Lokasi yang keberedaannya di dataran tinggi Lembang membuat pemandangan di sekitar gunung ini nampak terlihat keren.

Dari atas gunung, kita bisa melihat penampakan samudera di atas awan, dan juga melihat keindahan Kota Bandung dari atas ketinggian.

Berikut ini adalah beberapa informasi yang akan saya bahas mengenai Gunung Putri Lembang.

Yuk mari kita simak bareng-bareng!

Sekilas tentang Gunung Putri Lembang

wisata lembang

Gunung Putri merupakan salah satu pegunungan yang berada di dataran tinggi Lembang, Kabupaten, Bandung Barat.

Lokasinya pun saling berdekatan dengan Gunugn Tangkuban Parahu yang konon katanya pada masa lalu mempunyai cerita sejarah.

Dulu, Gunung Putri jarang dikunjungi oleh wisatawan karena tempat wisata ini tidak begitu dikenal oleh masyarakat, baik itu tempatan atau pun dari luar kota.

Kala itu yang biasa berkunjung ke gunung ini adalah penduduk sekitar, jarang sekali didapati wisatawan yang berasal dari luar daerah dan Bandung.

Ada pun masyarakat asli Bandung yang berkunjung ke sini, namun masih bisa terhitung oleh jari.

Namun, setelah maraknya sosial media yang membahas tentang kawasan dari gunung ini, dari situ banyak wisatawan yang mulai mengenal dan juga mengetahui keberadaan dari Gunung Putri sehingga mereka satu sama lain saling berdatangan untuk berwisata.

Ketinggian dari Gunung Putri kurang lebih sekitar 1.587 meter diatas permukaan air laut.

Untuk mencapai puncak, kamu atau pun wisatawan lainnya yang berkunjung membutuhkan waktu pendakian sekitar 30 menit (tergantung dari kondisi fisik).

Namun saran saya ketika mendaki sebuah gunung, alangkah baiknya jangan terlalu terburu-buru, lebih baik santai sambil menikmati suasana pendakian.

Jalur pendakian dari kaki gunung hingga puncaknya pun bisa dikatakan tidak terjal dan cukup mudah, terlebih bagi para pendaki pemula pasti sangat mudah untuk dilewati.

Oleh karena itu, Gunung Putri Lembang merupakan salah satu tempat favorit bagi pendaki pemula.

Nah cocok nih bagi kamu yang belum pernah merasakan mendaki gunung, kamu bisa coba untuk mulai mendaki di Gunung Putri Lembang.

Di sini kamu bisa melatih fisik, mental dan juga kesabaran sebagai pondasi dasar ketika hendak mendaki gunung yang lebih tinggi.

Sejarah Gunung Putri Lembang

gunung putri lembang

Kini, Gunung Putri Lembang sudah dijadikan sebagai tempat wisata oleh pemerintah yang dikelola bersama Perum RPH Lembang.

Melihat ke belakang, gunung ini mempunyai sejarah yang ada hubungannya dengan Sangkuriang dari Tangkuban Parahu.

Konon katanya, dulunya gunung ini adalah tempat Sangkuriang menendang perahu yang telah dibuat olehnya, yang mana saat ini perahu buatan beliau menjadi Gunung Tangkuban Parahu.

Mungkin sebagian dari kamu sudah mendengar kisah sejarah mengenai Prabu Sangkuriang yang ingin menikahi Ibu kandungnya sendiri, yaitu Dayang Sumbi.

Nah, pada masa itu Dayang Sumbi melarikan diri ke atas Gunung Putri dikarenakan tidak ingin dinikahi oleh anaknya sendiri.

Itulah sedikit cerita tentang sejarah Gunung Putri Lembang.

Keindahan Gunung Putri Lembang

gunung putri lembang

Berbicara tentang keindahan, tentu saja Gunung Putri Lembang memiliki pemandangan yang sangat indah seperti gunung pada umumnya.

Ketika berada di gunung ini, kamu akan di tawarkan pemandangan-pemandangan yang sangat indah.

Terlebih ketika berada dibagian puncaknya, di puncak tersebut kamu bisa melihat penampakan samudera awan yang nampak jelas keindahannya. Hampir sama seperti pemandangan di puncak Gunung Semeru.

Selain dari samudera awan, Gunung Putri Lembang mempunyai keindahan-keindahan alam lainnya, yaitu keindahan hamparan Kota Bandung yang terlihat begitu luas membentang.

Sungguh indah ketika berwisata ke gunung ini, terlebih ketika waktu sudah memasuki malam hari.

Malam hari yang terasa sunyi akan dihiasi dengan pemandangan indah rembulan dan juga bintang.

Hiasan-hiasan alami tersebut akan ditemani dengan pemandangan Kota Bandung dengan city light nya.

Momen-momen indah lainnya ialah menikmati pemandangan di malam hari sambil menikmati kopi atau pun teh hangat, hal tersebut bisa membuat suasana liburan bertambah lebih hangat.

Itulah alasan kenapa banyak wisatawan dari berbagai macam daerah yang selalu berdatangan ke sini ketika memasuki akhir pekan.

Lokasi Gunung Putri Lembang

Peta Menuju Gunung Putri


Untuk lokasinya, Gunung Putri ini berada di daerah Lembang. Lebih tepatnya berada di Jl. Gunung Putri, No. 184 Desa Jayagiri, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

Jika kamu berada di pusat Kota Bandung, untuk menuju ke lokasi ini kamu akan menempuh perjalanan sepanjang 19,1 km dalam waktu kurang lebih sekitar 1 jam.

Baca juga Tempat Wisata di Lembang lainnya.

Rute Menuju Gunung Putri Lembang

Untuk rute perjalanan menuju Gunung Putri Lembang pun sangat mudah untuk dijangkau, karena kamu akan melewati jalan utama yang mengarah langsung ke arah Lembang.

Untuk kendaraannya, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau pun umum.

Berikut rute perjalanan dari masing-masing jenis transportasi yang kamu gunakan.

1. Via Mobil

Jika kamu berangkat dari jakarta menggunakan kendaraan mobil, ada dua rute perjalanan yang bisa kamu lewati.

Yaitu Bogor – Puncak – Cianjur – Padalarang (masuk ke pintu Tol Padalarang) lalu ambil jalur tol yang mengarah ke daerah Pasteur dan keluar di pintu Tol Pasteur Bandung.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan rute perjalanan tol Jakarta – Cikampek – Subang (keluar di pintu Tol Subang).

Sesampainya di daerah Subang, kamu bisa melanjutkan kembali perjalanan menuju ke arah Lembang Bandung.

Setibanya di daerah Lembang, Kabupaten Bandung Barat, dan berhenti di daerah Jaya Giri.

Tak jauh dari situ, kamu akan menemukan menuju pintu gerbang tempat wisata Gunung Putri Lembang.

2. Via Sepeda Motor

Jika berangkat dari Jakarta menggunakan motor, kamu bisa memilih rute perjalanan Jakarta – Bekasi – Cikarang.

Sesampainya di Cikarang, kamu bisa melanjutkan perjalanan yang mengarah ke Jonggol dan keluar di kawasan Jl. Raya Cianjur – Bandung.

Setelah memasuki kawasan Jl. Raya Cianjur – Bandung, kamu bisa melanjutkan kembali perjalanan hingga Padalarang.

Sesampainya di Padalarang tepat berada di pertigaan Tol Padalarang, ambil arah yang mengarah ke daerah Cimahi.

Sesampainya di Cimahi lanjutkan kembali perjalanan menuju arah Pasteur.

Setibanya di Pasteur, kamu bisa mengambil arah menuju kampus UPI Bandung yang melewati Jl. Dr, Setiabudhi – Ledeng dan tiba di kampus UPI Bandung.

Dari kampus tersebut, kamu sudah memasuki jalan utama yang mengarah ke daerah Lembang dan Subang.

Nah dari sini, kamu bisa mengikuti jalur utama dan berhenti di daerah Jayagiri.

Tak jauh dari situ, kamu akan menemukan pintu gerbang tempat wisata Gunung Putri Lembang.

3. Via Kereta Api

Selain dari menggunakan kendaraan pribadi yang sudah saya jelaskan di atas, kamu juga bisa menggunakan transportasi umum yang telah di sediakan oleh pemerintah, yaitu Kereta Api.

Jika kamu menggunakan kereta api, kamu bisa naik dari Stasiun Pasar Senin dan turun di Stasiun Bandung Kota.

Sesampainya di Stasiun Bandung Kota, kamu bisa memilih beberapa angkutan umum yang ada untuk mengantarkan menuju lokasi tempat wisata Gunung Putri Lembang.

Nah, bila menggunakan angkot, kamu bisa memilih angkot yang tujuannya mengarah ke terminal Ledeng.

Sesampainya di Terminal Ledeng, kamu bisa turun untuk mengganti angkot yang tujuannya mengarah ke daerah Lembang kemudian turun di daerah Jayagiri.

Tak jauh dari situ, kamu harus berjalan kaki sebentar untuk memasuki kawasan pintu gerbang wisata Gunung Putri Lembang.

4. Via Bus

Jika kamu menggunakan Bus, kamu dapat turun di Terminal Leuwi Panjang Bandung.

Setibanya di Leuwi Panjang Bandung sama seperti menggunakan Kereta Api, yaitu bisa memilih beberapa transportasi umum untuk mengantarmu menuju lokasi wisata Gunung Putri Lembang.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke kawasan wisata Gunung Putri Lembang, kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membeli tiket masuknya karena masing-masing wisatawan akan dikenakan tarif Rp 17.000 untuk mendapatkan tiket masuk wisata.

Harga tersebut berlaku untuk hari biasa dan hari libur.

Fasilitas Gunung Putri Lembang

Untuk fasilitas yang ada di Gunung Putri Lembang bisa dikatakan cukup memadai dan layak untuk digunakan bagi setiap para wisatawan yang berkunjung.

Di sini sudah ada warung yang menjual makanan dan juga jajanan.

Selain dari warung, ada juga area parkir yang mempunyai lahan luas, kemudian ada tempat penyewaan peralatan mendaki dan juga camping, penjual kayu bakar, kamar mandi (toilet umum), dan juga musholla.

Untuk bermalam di area perkemahan, kamu tidak harus mengeluarkan biaya tambahan karena dengan membeli tiket masuk wisata di atas sudah termasuk dengan menginap di area perkemahan.

Bagi kamu yang ingin camping di Gunung Putri Lembang namun tidak membawa peralatan untuk berkemah, kamu bisa menyewa beberapa peralatan di tempat sewa dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp 200.000/ malam.

Jam Operasional

Gunung Putri Lembang adalah tempat wisata di daerah Lembang, Kabupaten Bandung Barat yang buka setiap hari selama 24 jam penuh.

Hal tersebut bisa membuat kamu bisa berkunjung kapan saja.

Hal yang Bisa Dilakukan di Sini

wisata lembang

Banyak kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di sekitar area wisata Gunung Putri Lembang, selain dari camping, kamu juga dapat mengitari alam pegunungan mencari spot-spot bagus yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk berfoto.

Di tepi gunung ini terdapat hutan pinus yang pohonnya tertata dengan rapi, pemandangan di sekitar hutan pinus pun nampak terlihat bagus dan tentunya udaranya terasa sangat sejuk.

Hutan pinus merupakan salah satu spot terbaik untuk dijadikan sebagai tempat berfoto.

Selain berfoto, kamu juga bisa membuat video menarik seputar pendakian di Gunung Putri Lembang untuk diunggah di sosial media atau disimpan di folder liburan pribadi.

Selain dari berfoto, membuat video vlog, dan juga berkemah di malam hari.

Kamu juga bisa menikmati keindahan dari pemandangan sunrise dan juga sunsite dari atas puncak Gunung Putri.

Pokoknya semua kegiatan yang kamu lakukan di area wisata ini semuanya nampak terlihat seru dan juga sangat mengasyikkan.

Tips Berkunjung ke Gunung Putri Lembang

Demi kenyamanan dan ketentraman ketika berwisata ke Gunung Putri Lembang, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

Berikut tips berwisata yang bisa membantumu selagi berada di sini.

1. Siapkan Perbekalan

Dikarenakan tempat wisata ini bernuansa alam pegunungan, sebelum berkunjung untuk berwisata ke tempat ini alangkah baiknya kamu menyiapkan perbekalan yang sangat penting untuk di bawa.

Walaupun di sana ada warung, namun kamu juga harus tetap berjaga-jaga demi mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan.

2. Bawa Peralatan Camping

Tujuan berwisata ke gunung itu tak lain ingin menikmati suasana di pegunungan sambil berkemah di area gunung tersebut, maka dari itu jangan lupa untuk membawa peralatan berkemah seperti:

  • Tenda
  • Sleeping Bag
  • Castrol
  • Kompor portable dan gasnya
  • Nesting
  • Matras

Dengan menyiapkan peralatan tersebut, maka kamu tidak perlu menyewa peralatan camping yang disediakan oleh tempat sewa di area Gunung Putri Lembang.

3. Bawa Pakaian Tebal

Dikarenakan tempat wisata yang ingin kamu tuju itu adalah wisata pegunungan yang bercuaca dan suasana udara yang dingin, wajib bagi kamu untuk menggunakan pakaian tebal.

Jika tidak, kamu bisa masuk angin atau yang lebih parahnya akan mengalami hypotermia.

4. Perhatikan Waktu Berkunjung

Walaupun Gunung Putri Lembang di buka setiap hari selama 24 jam, alangkah baiknya ketika berkunjung ke sini kamu harus bisa perhatikan waktu keberangkatan-nya.

Dikarenakan lokasi wisata berada di jalan yang terkenal sering macet, sebaiknya, untuk mengunjungi tempat wisata ini kamu berangkat di sore hari supaya tidak terlalu kena alur perjalanan yang macet.

5. Bawa Kamera

Kamera memang merupakan salah satu barang penting yang memang tidak boleh tertinggal ketika bepergian ke suatu tempat untuk berwisata.

Maka dari itu, sebelum berangkat menuju Gunung Putri Lembang pastikan terlebih dahulu bahwa kamera sudah di bawa.

Rasanya sayang sekali jika kamu berkunjung ke suatu tempat untuk berwisata namun tidak membawa kamera, terlebih tempat wisata yang kamu kunjungi itu mempunyai pemandangan alam yang luar biasa indahnya.

Catatan
Jika dilihat dari penjelasan di atas, Gunung Putri Lembang ini adalah salah satu pegunungan yang cocok untuk dijadikan sebagai alternatif berwisata.

Terlebih bagi kamu para pendaki pemula, gunung ini sangat rekomendasi untuk kamu kunjungi.

Sekian ulasan kali ini tentang tempat wisata Gunung Putri Lembang dengan berbagai keindahannya.

Terimakasih, semoga liburanmu kali ini bisa lebih menyenangkan dari sebelumnya.

Selamat Berwisata!

Apa Kata Pengunjung?

  • Saya sudah beberapa kali ke Gunung Putri bahkan sejak masih gratis, terakhir kesana hari Sabtu 17 Agustus 2019, tiket masuk 10rb per orang, parkir motor 5rb. Tiket masuk relatif tidak mahal, fasilitas sekarang ada musholla di atas, yang agak mengecewakan kebersihannya sama sekali tidak terjaga, banyak pengunjung yang buang sampah sembarangan membuat tempat menjadi kurang nyaman dan sepertinya tidak ada upaya untuk membersihkan sampah-sampah tersebut. Edit : Agustus 2020 Selama 2020 sudah beberapa kali kesini dan terjadi peningkatan, sekarang sudah lumayan bersih, toilet juga bersih, hanya jumlah toiletnya tidak seimbang dengan jumlah pengunjung.
  • Menurutku disini tuh enak banget yah buat ngecamp meluangkan waktu luang setelah kita selalu disibukan dengang kesibukan dan kepadatan bekerja, jadi kalo libur aku sering kesini, tempatnya enak adem banget kalo malem, membeku, bisa bikin api unggun juga asalkan tidak membahayalan buat lingkungan, dan disini kalo malam minggu rame banget pasar malem aja kalah ramenya asli, cobain guys yang belum pernah , good luck 😁😃
  • Mohon info dong... Tiket masuk sama harga nyewa tenda berapa ya kka" yang udah pernah ke lokasi ini gunung putri
  • Kemah ceria sambil minum kopi di hammock paling best . Menghadap langsung view kota bandung dari atas gunung putri lembang.
  • Gunung incess, trekkingnya sebentar, tiket masuk kalau camp Rp 22000 kalau hiking aja Rp 10000. Ada toilet baru yg bersih, airnya juga bersih bisa dipake masak, ada mushola, ada warung di dekat parkiran. Akses bisa pake mobil dan motor
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Jendela Alam

Jendela Alam Lembang

Halo sahabat berwisata, kali ini saya akan mengulas tempat wisata yang ada di Bandung, yaitu Jendela Alam Lembang. Berbicara tempat wisata di kota Bandung itu tidak akan ada habisnya, karena…
Selengkapnya
Gambar Balitsa Lembang (6)

Balitsa Lembang

Di daerah Lembang memang mempunyai beragam tempat wisata yang hits, diantaranya seperti Grafika Cikole, Farm House Lembang, dan  Balitsa Lembang. Balitsa adalah nama singkatan dari kata ‘Balai Penelitian Tanaman Sayuran’.…
Selengkapnya