Jendela Alam

Jendela Alam Lembang

Halo sahabat berwisata, kali ini saya akan mengulas tempat wisata yang ada di Bandung, yaitu Jendela Alam Lembang.

Berbicara tempat wisata di kota Bandung itu tidak akan ada habisnya, karena banyak sekali jenis destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi untuk liburan.

Sama halnya dengan Jendela Alam yang berada di daerah Lembang, Kab. Bandung Barat, tempat wisata ini terdapat berbagai wahana menarik yang bisa menemanimu ketika menghabiskan waktu berwisata bersama keluarga.

Tempat wisata ini dibuat dengan mengusung konsep edukasi.

Jadi jangan merasa heran apabila Jendela Alam menjadi salah satu destinasi wisata yang kerap dikunjungi oleh berbagai macam sekolah dari luar daerah atau pun dari kota Bandung sendiri.

Ketika berwisata ke sini, kamu dan keluarga akan mendapati pengalaman baru ketika berlibur karena Jendela Alam merupakan tempat wisata yang berbeda dengan wisata lainnya.

Di sini sudah disediakan berbagai macam kegiatan edukasi yang bisa diikuti oleh si buah hati.

Bagi wisatawan yang belum pernah berwisata ke tempat ini akan bertanya-tanya, seperti apa sih nuansa tempat wisata di Jendela Alam Lembang? Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan?

Nah, untuk menjawab semua pertanyaan di atas silahkan simak ulasan di bawah ini.

Review Jendela Alam Lembang

jendela alam

Jendela Alam Lembang adalah objek wisata yang sengaja dibuat dengan menggunakan konsep wisata edukasi agar kamu bisa mengajak sang anak untuk belajar sambil liburan.

Menarik, bukan?

Tempat wisata ini berada di daerah pegunungan, keberadaan lokasi yang strategis bisa membuat para wisatawan merasa betah dan nyaman.

Karena di sini kita bisa melihat keindahan alam sekitar, dan juga dapat menghirup udara yang sangat segar.

Bukan cuman itu saja, di tempat wisata ini kamu juga dapat melakukan berbagai macam kegiatan yang sudah disediakan.

Bagi kamu yang belum mengetahui secara jelas mengenai keindahan alam di sekitar Jendela Alam Lembang, agar tidak penasaran alangkah baiknya simak informasi berikut ini:

Wahana di Jendela Alam Lembang

jendela alam

Bicara tentang wahana wisata di Jendela Alam Lembang, di sini ada beberapa wahana yang pastinya sangat menarik untuk dikunjungi.

Berbagai macam aktivitas pun dapat kamu laksanakan di wahana ini.

Misal seperti mengajak si buah hati untuk belajar, bermain, foto-foto, membuat video vlog atau pun cuman menikmati keindahan dari pemandangan alam di sekitar tempat wisata pun bisa.

Lalu apa saja wahana yang ada di area wisata Jendela Alam Lembang? Berikut ada informasi mengenai wahana wisata yang bakal menemanimu ketika sedang berwisata di sini.

  1. Jendela Edukasi
  2. Jendela Permainan
  3. Jendela Seni
  4. Jendela Workshop

Dari ke-empat wahana tersebut, kamu bisa melakukan berbagai macam kegiatan sesuai dengan wahana yang kamu masuki.

Jika kamu masuk ke wahana Jendela Edukasi, nah di situ kamu bisa melakukan kegiatan belajar seperti bercocok tanam, budidaya, dan masih banyak kegiatan lainnya.

Hal yang Bisa Dilakukan di sini

wisata lembang

Apabila melihat dari wahana yang sudah disebutkan di atas, banyak sekali kegiatan-kegiatan menarik yang bisa dilakukan oleh setiap pengunjung yang berwisata ke Jendela Alam Lembang.

Ingin tau seperti apa kegiatan menariknya? Yuk langsung saja simak ulasan dibawah ini!

1. Bercocok Tanam Konvensional

Bercocok tanam merupakan kegiatan yang bisa dilakukan ketika kamu berada di wahana Jendela Pendidikan.

Di wahana tersebut, kamu akan diberi benih sayur, alat siram, sekop. pupuk dan juga akan dibantu dengan beberapa fasilitas.

Selain dari bercocok tanam, di sini kamu bisa belajar teori mengenai bagaimana cara pertumbuhan tanaman, jenis-jenis benih, dan bagaimana cara merawat tanaman yang sedang di budidaya.

2. Memanen Buah-buahan

Masih di wahana yang sama, yaitu Jendela Edukasi. Jadi, selain dari bercocok tanam konvensional, wahana edukasi ini kamu juga dapat memanen buah-buahan dan hasilnya bisa dibawa pulang ke rumah.

3. Bercocok Tanam Terarium

Selain dari bercocok tanam dengan cara konvensional, kamu di area ini kamu juga akan diberi tahu bagaimana cara bercocok tanam dengan media tanam aram sekam.

Untuk bercocok tanam terarium ini, kamu akan diberi buah huartia, aram sekam, dan satu buah pot untuk melakukan praktek bercocok tanam terarium.

4. Belajar Mengenal Binatang

Bukan hanya sekedar belajar tentang bercocok tanam pada tumbuh-tumbuhan, tapi di area ini kamu juga bisa belajar mengenal binatang, seperti memberi makan hewan, berinteraksi dengan hewan, dan bermain dengan hewan.

5. Berenang

Selain dari melakukan kegiatan edukasi, kamu juga bisa melakukan kegiatan di wahana permainan, salah satunya seperti berenang.

Nah berenang ini merupakan salah satu kegiatan yang ada di area Jendela Permainan.

Di sini kamu bisa mengajak anak, keluarga, atau pun teman-teman untuk bermain air, seru-seruan, dan lain sebagainya.

6. Menunggang Kuda

Selain berenang, ketika kamu berada di wahana Jendela Permainan, kamu bisa menunggang kuda sambil mengelilingi sekitar area wisata.

Berkuda bisa dikatakan salah satu kegiatan berwisata yang sangat menarik, karena kamu akan mendapatkan sensasi baru.

7. Workshop

Di area Jendela Workshop ini, kamu akan diajari tentang banyak hal. Diantaranya seperti:

  • Budidaya tanaman menggunakan hidroponik
  • Membedah Anatomi Hewan
  • Fase telur
  • Biogas

Itulah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan bersama keluarga atau pun teman-teman ketika berada di area wisata Jendela Alam Lembang.

Menyenangkan, bukan?

Lokasi>

Catatan


Apabila kamu ingin berkunjung ke Jendela Alam Lembang untuk berwisata, kamu bisa mengunjungi tempat wisata di Jl. Sersan Bajuri, KM 45, Cihideung, Lembang, Kab. Bandung Barat.

Tempat wisata ini berada di tengah-tengah kota Bandung dan Lembang, untuk menuju lokasi tersebut kamu bisa melalui Jl. Sersan Bajuri.

Baca juga Tempat Wisata di Lembang lainnya.

Rute Menuju Jendela Alam Lembang

Ada beberapa dari kamu yang memang belum mengetahui sama sekali rute perjalanan menuju Jendela Alam Lembang dari pusat kota Bandung.

Maka dari itu, berikut ini saya akan memberikan informasi mengenai rute perjalanan sesuai dengan kendaraan yang kamu gunakan.

1. Via Mobil

Karena lokasi Jendela Alam Lembang berada di tengah-tengah antara kota Bandung dan Lembang, kamu bisa memilih 2 rute perjalanan, yaitu dari Lembang dan Bandung.

Untuk memilih rute tersebut sebenarnya tergantung darimana kamu berangkat.

Jika kamu berangkat dari arah Jakarta, sebaiknya kamu menggunakan rute perjalanan yang dimulai dari kota Bandung. Berikut rute perjalanan yang bisa kamu lewati:

Tol Jakarta – Cikampek – Purbaleunyi – Padalarang, kemudian keluar di gerbang Tol Pasteur.

Setibanya di Pasteur, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan tujuan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung melalui jalan utama Dr. Setiabudhi.

Setibanya di kampus UPI, lanjutkan kembali perjalanan yang mengarah ke arah Lembang dengan menggunakan Jl. Sersan Bajuri.

Tetap di Jl. Sersan Bajuri. Sebelum tiba di lokasi yang di tuju, kamu akan menemukan warung makan sate maranggi. Tak jauh dari warung sate tersebut, maju sedikit ada pertigaan, kamu bisa masuk ke Jl. Puspa.

Tak jauh dari situ ada Gedung Puspa, dari gedung tersebut tinggal lurus sampai mentok, disitu akan kelihatan gerbang masuk wisata edukasi anak Jendela Alam Lembang.

2. Via Bus

Apabila kamu menggunakan transportasi umum berupa Bus, kamu bisa naik bus Pahala Kencana di terminal Kampung Rambutan, kemudian turun di terminal Leuwi Panjang Bandung.

Setibanya di terminal, untuk mempermudah perjalanan menuju lokasi, kamu bisa memesan transportasi online untuk mengantarmu menuju tempat wisata Jendela Alam.

3. Via Kereta Api

Selain transportasi seperti Bus, kamu juga bisa menggunakan Kereta Api.

Untuk keberangkatan nya, kamu bisa langsung datang ke stasiun Pasar Senin atau Gambir. Sesuaikan saja dari tempat kamu tinggal.

Setibanya di Bandung, kamu bisa turun di Stasiun Bandung kota, atau pun Stasiun Kiara Condong (pilih salah satu)

Seperti menggunakan Bus, sesampainya di stasiun pemberhentian, kamu bisa langsung memesan berbagai macam transportasi online untuk mengantar kan secara langsung hingga lokasi wisata edukasi Jendela Alam Lembang.

Jam Operasional

Setiap tempat wisata pasti mempunyai jam operasionalnya masing-masing, ada yang beroperasi selama satu hari 24 jam seperti di Punclut salah satunya, ada yang buka dari pagi sampai menjelang maghrib, dan ada juga yang buka dari pagi sampai malam.

Lantas Jendela Alam Lembang ini buka hari apa? Dan mulai beroperasi jam berapa? Untuk informasinya, bisa langsung dilihat kolom di bawah ini!

HariWaktu
Weekday09.00 s/d 15.30
Weekend09.00 s/d 16.00
Libur Nasional09.00 s/d 16.00

Nah, Jendela Alam Lembang ini termasuk salah satu tempat wisata di Bandung yang jam operasionalnya di mulai dari pagi dan tutup pada sore hari.

Harga Tiket Masuk Jendela Alam Lembang

Harga tiket masuk tempat wisata ini terbilang cukup murah.

Untuk informasi lebih lengkap, bisa langsung lihat kolom harga yang sudah saya cantumkan di bawah ini.

Keterangan HariHarga
WeekdayRp 15.000
WeekendRp 20.000

Perlu kamu perhatikan, kolom di atas hanya menjelaskan untuk tiket masuk saja.

Sedangkan untuk masuk ke wahana permainan dan mengikuti kegiatan lainnya, kamu harus membeli lagi tiket dengan harga yang beda-beda.

Harga Tiket Permainan

Di Jendela Alam Lembang ada banyak wahana permainan yang bisa menemani waktu liburan kamu, namun masing-masing dari wahana tersebut mempunyai harga tiket yang beda.

Untuk informasi lengkapnya, silahkan lihat daftar harga yang saya cantumkan di bawah ini!

KeteranganHarga
Flying Fox BigRp 35.000
Low RopperRp 35.000
SegwayRp 25.000
Kereta MiniRp 25.000
Flying Fox MiniRp 25.000
High RopperRp 60.000
TrampolinRp 15.000
Becak MiniRp 20.000
Menangkap IkanRp 20.000
Membentuk Tanah LiatRp 20.000
BerkudaRp 20.000
Menghias Tanah LiatRp 20.000
BerenangRp 20.000
Animal FeedingRp 20.000

Tips Berkunjung ke Jendela Alam Lembang

jendela alam

Demi kenyamanan, keseruan, berkesan, alangkah baiknya kamu mengikuti tips dan trik liburan di Jendela Alam Lembang ala berwisata.

Tips ini memang harus kamu coba, terlebih bagi kamu yang belum pernah sama sekali liburan ke tempat wisata ini.

1. Perhatikan Waktu Berkunjung

Dikarenakan lokasi tempat wisata ini berada di daerah dataran tinggi Lembang, yang mana jalur utamanya merupakan jalan yang sering terjadi kemacetan alur lalu lintas, terlebih ketika akhir pekan pasti sangat macet.

Nah bagi kamu yang ingin berwisata ke Jendela Alam Lembang, alangkah baiknya berangkat pagi-pagi sebelum jam 09.00 agar tidak terkena macet ketika dalam perjalanan menuju lokasi.

2. Membawa Perlengkapan Pakaian

Di area wisata ini banyak sekali wahana-wahana permainan yang asyik dan seru.

Diantara dari wahana tersebut nantinya akan menemani kamu semua untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Di sini kamu bisa berenang, jalan-jalan mengelilingi tempat wisata, bermain air dan lain sebagainya.

Itulah kenapa saya menyarankan kepada kamu semua untuk membawa perlengkapan pakaian ketika berwisata ke tempat ini.

3. Berpenampilan Menarik

Mengenakan pakaian yang menarik itu memang sudah merupakan suatu kewajiban ketika kita pergi berwisata bersama keluarga.

Terlebih jika satu keluarga menggunakan pakaian yang desain dan pola nya sama, hal tersebut tentu saja membawa kesan dan pengalaman baru.

Maka dari itu, sebelum berangkat ke sini diusahakan sebisa mungkin kamu membuat seragam liburan yang fungsinya untuk digunakan bersama ketika pergi liburan.

4. Masuk ke Semua Wahana

Dikarenakan Jendela Alam Lembang ini merupakan salah satu tempat wisata yang banyak sekali wahana nya, rasanya sayang sekali apabila kamu berwisata ke tempat ini namun tidak mencoba untuk masuk ke semua wahana yang ada.

Maka dari itu, cobalah masuk ke semua wahana permainan yang telah disediakan oleh pengelola wisata agar mengetahui seperti apa sensasi nya dari masing-masing wahana yang kamu masuki.

5. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan adalah suatu kewajiban yang harus dipatuhi oleh para pengunjung yang berkunjung ke tempat wisata.

Hal ini berlaku bagi seluruh wisatawan yang berkunjung ke Jendela Alam Lembang agar selalu bisa menjaga kebersihan di sekitar tempat wisata.

6. Taat Terhadap Peraturan

Taat terhadap peraturan ketika berwisata merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh para wisatawan, maka dari itu ketika kamu berkunjung ke Jendela Alam Lembang harus benar-benar taat terhadap peraturan yang telah ditetapkan oleh pengelola wisata.

7. Membawa Kamera

Berwisata bersama keluarga tentunya kamu juga ingin mengabadikan momen indah itu melalui foto, maka dari itu jangan sampai lupa untuk membawa kamera ketika berlibur ke Jendela Alam Lembang.

Dengan membawa kamera, kamu bisa berfoto bersama keluarga, membuat video liburan yang berkesan bersama mereka, dan masih banyak lagi fungsinya dari membawa kamera ketika berwisata.

Oleh karena itu, sebelum berangkat ke lokasi wisata, kamu harus memastikan bahwa kamera beserta perlengkapan lainnya tidak tertinggal.

Rasanya sangat disayangkan apabila berwisata ke Jendela Alam Lembang namun tidak membawa kamera.

Catatan
Sekian informasi yang bisa saya sampaikan tentang objek wisata Jendela Alam Lembang yang meliputi ulasan, wahana permainan, lokasi, rute perjalanan, harga tiket masuk, harga tiket wahana permainan, jam operasional, dan beberapa tips wisata ala berwisata.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu semua dalam menemukan informasi seputar Jendela Alam Lembang.

Selamat Berwisata!

Apa Kata Pengunjung?

  • Heyyo....Jendela Alam✅✔Tempatnya Nyaman✔Untuk Harga Sangat Terjangkau 25k/Orang+Free Gift ✔Ada Hewan Hewan Juga+Bisa Kasih Makan✔Ada Tempat Bermain Juga (FlyingFox,PlayGround Dan Masih Banyak lagi)✔✅Bisa Buat Outbond Juga✔✅Hayoo siapa yang mau ke sini??😁Harga Terjangkau loh...Bagi Yang Muslim Di Sini Ada Musholla Nya juga✔✅Kurang Jelas??Atau Ada yang mau Di tanyakan??Silahkan..Travel Guide nya Baik Kok✅✔Hope You Enjoy...
  • Lokasinya di perumahan. Jadi bisa bikin keder klo mau ke sini karena ada beberapa perempatan yang pintu gerbangnya tertutup. Tapi gpp tinggal bilang sama sekuritinya mau ke jendela alam jadi dibukakan pintu. Pake gmaps tinggal ikuti az petunjuknya. Saran klo buat anak beli tiket terusan. Ada yang 125 rb ada yang 150 rb. Bisa kasih makan hewan, tangkap ikan, hias tanah liat, dll. Klo buat dewasa ambil tiket masuk az. Lebih hemat. 20 rb pas weekday, 25 rb pas weekend. Oh ya, klo bisa dari pagi ya ke sini. Karena dia tutup jam 6 sore. Trs pas jam 12 serentak wahananya pada istirahat. Mending ambil waktu buat makan siang. Cash only. Jadi mesti bawa uang tunai yang cukup ya.
  • Tempatnya lumayan luas, banyak binatang untuk sarana belajar anak", seperti memberi mkan hewan atau memeras susu sapi Bisa untuk belajr bercocok tanam juga
  • Tempat nya sangat nyaman bersih dan hewannya sehat2 semua terawat. Harga terjangkau. Cocok untuk anak2 wisata. Wajib dikunjungi.
  • terakhir ksana banyak wahana yg ga berfungsi: kereta api, aquarium. smoga bisa lbh rame lagi
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Dusun Bambu (5)

Dusun Bambu Lembang

Jika kamu sedang berada di daerah Bandung, rasanya kurang lengkap jika kamu tidak menyempatkan waktu untuk mengunjungi Dusun Bambu Lembang. Lokasinya yang berada di dataran tinggi Bandung Utara, sangat cocok…
Selengkapnya
Gambar Balitsa Lembang (6)

Balitsa Lembang

Di daerah Lembang memang mempunyai beragam tempat wisata yang hits, diantaranya seperti Grafika Cikole, Farm House Lembang, dan  Balitsa Lembang. Balitsa adalah nama singkatan dari kata ‘Balai Penelitian Tanaman Sayuran’.…
Selengkapnya