Situ Lembang adalah objek wisata di Bandung yang berbentuk danau.

Ada beberapa nama panggilan terhadap objek wisata ini, diantaranya adalah Situ Lembang Sumedang, Situ Lembang Park, Situ Lembang Kopassus, Situ Lembang Bandung, dan masih banyak lagi.

Ketika berwisata ke sini, kamu akan disambut dengan keindahan alam sekitar.

Tempat wisata ini mempunyai daya magnet sehingga mampu menarik para wisatawan berdatangan ke sini untuk menghabiskan waktu liburannya.

Ingin mengetahui informasi lebih dalam? Silahkan simak ulasan berikut ini.

Review Situ Lembang

wisata lembang

Selama ini Situ Lembang dikenal oleh masyarakat sebagai danau yang indah dan juga menawan.

Situ ini berada di daerah Bandung Barat.

Sebenarnya, Situ ini sudah ada pada abad ke 20 bertepatan pada tahun 1912 yang mana tahun itu masih dalam masa penjajahan Belanda.

Danau buatan ini mempunyai sumber mata air yang berasal dari kepala sungai Cimahi dan juga dari Gunung Burangrang.

Jadi danau yang dibuat pada zaman penjajahan ini dialiri oleh 2 mata air sekaligus.

Nah air yang sudah di tampung oleh Situ Lembang ini akan dialirkan lagi ke Sungai Cimahi dan juga akan dijadikan sebagai sumber mata air oleh PDAM.

Bisa dikatakan danau buatan yang ada di Bandung Barat ini merupakan salah satu penampung air terbesar di wilayah kota Bandung.

Perlu kamu ketahui, di area Situ Lembang pun terdapat area pohon pinus yang lahan nya sangat luas.

Maka dari itu danau buatan ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk berwisata.

Selain itu, menurut wisatawan yang telah berwisata ke sini, pemandangan alam yang ada di tempat ini hampir mirip dengan panorama alam yang ada di dalam film Lord Of The Ring.

Nah bagi kamu yang pernah nonton film tersebut pasti bisa membayangkan betapa indahnya pemandangan alam yang ada di sekitar Situ Lembang.

Hal itu disebabkan dari kawasan hutan pinusnya yang masih terlihat alami, kebersihan dan keindahannya pun sangat terjaga, dan juga mempunyai kisah seram dibalik dari keindahan Situ Lembang.

Mengingat bahwa area danau ini kerap dijadikan sebagai tempat untuk latihan para Kopasus dan masih termasuk dari Cagar Alam, wajar saja apabila tempat wisata ini mempunyai cerita mistis.

Walaupun seperti itu, kamu semua tidak perlu khawatir ketika berwisata ke Situ Lembang, karena adanya keindahan dari pemandangan alamnya membuat para wisatawan yang berkunjung tidak merasa takut adanya hal mistis.

Wahana di Situ Lembang

situ lembang

Jika berbicara tentang keindahan, Situ Lembang dari dulu sampai sekarang selalu memberikan panorama alam yang sangat indah.

Selain itu, keindahan pada alamnya akan disempurnakan dengan udara yang masih terasa sangat asri.

Hal tersebut membuat tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah, khususnya bagi wisatawan yang senang dengan nuansa alam.

Biasanya mereka ke sini tak jauh untuk mengisi waktu kosongnya di hari libur.

Berbicara soal wahana, di Situ Lembang ini terdiri dari 4 wahana yang mempunyai keindahan alam dan keseruannya sendiri.

Diantaranya adalah:

  • Hutan Pinus
  • Situ/Danau
  • Outbound
  • Bumi Perkemahan

Dari masing-masing wahana tersebut, kamu bisa melakukan berbagai macam kegiatan yang menarik dan tentunya sangat menyenangkan.

Hal yang Bisa Dilakukan di Sini

situ lembang

Jika melihat Situ Lembang secara keseluruhan, tempat wisata ini memang sangat indah dan bernuansa alam pegunungan.

Ada beberapa kegiatan yang menyenangkan yang bisa kamu lakukan di sini, berikut kegiatan-kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan ketika berwisata ke tempat ini:

1. Kegiatan Alam

Ketika kamu berada di Situ Lembang, kamu dapat melakukan kegiatan yang ada hubungannya dengan alam.

Misal seperti bermain di wahana Outbound, Camping di area perkemahan, mengitari alam sekitar untuk melihat-lihat seluruh keindahan alam yang ada di sekeliling Situ Lembang, dan juga masih banyak lagi kegiatan-kegiatan seru lainnya.

Terlebih mengingat banyaknya cerita mistik tentang danau ini, membuat pengalaman berada di sini lebih menantang

2. Memancing Ikan

Di Situ Lembang ini kamu juga dapat memancing ikan bersama sahabat, keluarga atau pun dengan pasangan yang kamu ajak untuk berwisata ke tempat ini.

Kegiatan memancing ikan seperti ini memang banyak dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung ke Situ Lembang.

Karena ikan-ikan yang ada di dalam air Situ ini banyak sekali dan juga besar-besar.

Bagi wisatawan yang senang memancing ikan, mungkin kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang paling menyenangkan dari berbagai macam kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini.

3. Mendokumentasikan Kegiatan

Mengingat suasana alam dan penampakan alam yang terlihat sangat indah, Situ Lembang ini cocok untuk dijadikan sebagai spot foto yang instagrammable.

Selain berfoto-foto, disekitar area ini kamu bisa membuat video dokumentasi yang isinya menceritakan tentang ke seruan ketika berwisata ke tempat ini bersama keluarga, sahabat atau pun dengan pasangan sendiri.

selain dapat kamu simpan secara pribadi, kamu juga dapat membagikan pengalaman seru selama ada di sini ke sosial media kamu.

4. Botram/Makan Bersama

Selain melakukan kegiatan di atas, kamu juga bisa melakukan kegiatan makan bersama atau biasa disebut dengan sebutan ‘Botram’.

Kamu bisa membawa tikar dan perbekalan makanan dari rumah, kemudian gelar tikar tersebut di halaman sekitar danau, kemudian siapkan makanan yang sudah kamu bawa.

Setelah semuanya siap, kamu dan sahabat, keluarga atau pun pasangan yang kamu ajak liburan ke tempat ini bisa makan bersama sambil melihat keindahan pemandangan alam disekitar danau tersebut.

Momen seperti ini akan sangat berkesan, maka dari itu ketika berwisata ke tempat ini jangan sampai mengabaikan kegiatan yang menyenangkan ini.

Fasilitas yang Ada

Setiap tempat wisata tentunya akan dilengkapi dengan fasilitas yang layak digunakan oleh para wisatawan yang berkunjung, maka dari itu di Situ Lembang telah dilengkapi fasilitas yang bisa kamu gunakan.

Diantaranya seperti:

  • Lahan parkir yang luas
  • Jalan setapak
  • Papan Informasi Seputar Danau
  • Penginapan

Mengingat cerita mistik yang dimiliki oleh tempat wisata ini, adanya fasilitas penginapan ini memang cocok digunakan jika kamu merasa takut ketika harus bermalam di area perkemahan Situ Lembang.

Lokasi

Peta Menuju Situ Lembang


Lokasi dari Situ Lembang ini berada di wilayah Desa Parongpong, Kec. Cisarua, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Untuk menuju lokasi wisata ini cukup mudah, karena jarak wisata ini tidak begitu jauh dari objek wisata lainnya yang berada di sekitaran Lembang.

Tepatnya, Situ Lembang ini berada di bawah kaki pegunungan yang sangat terkenal di seluruh Kota Bandung, yaitu Gunung Burangrang dan Gunung Tangkuban Perahu.

Berikut rute perjalanan yang bisa kamu lewati untuk menuju lokasi wisata.

Baca juga Tempat Wisata di Lembang lainnya.

Rute Menuju Situ Lembang

Jika kamu tidak tau rute perjalanan menuju Situ Lembang, jangan khawatir!

Karena di sini berwisata akan memberikan arahan rute perjalanan dari arah Jakarta sesuai dengan kendaraan yang kamu gunakan.

1. Via Kendaraan Pribadi

Untuk rute perjalanan dari Jakarta menuju Bandung menggunakan mobil, kamu bisa melalui Tol Cikampek – Cipularang.

Tol tersebut merupakan rute perjalanan yang kerap digunakan oleh masyarakat yang menuju kota Bandung dari Jakarta.

Inilah rute perjalanan dari Jakarta menuju Bandung yang bisa kamu gunakan, pertama-tama kamu harus masuk tol Cawang, Jakarta Timur.

Kemudian melaju terus arah timur yang menunjukkan Tol Jakarta dan Cikampek.

Setelah itu, kamu bisa mengambil jalur kiri pada KM 67 untuk masuk ke dalam kawasan Tol Cipularang (Purwakarta – Bandung & Cileunyi).

Nah jika kamu sudah masuk di area Tol Cipularang atau pun Purbaleunyi, kamu bisa keluar di pintu Tol Pasteur pada KM 127.

Setelah keluar dari Tol Pasteur, kamu bisa melanjutkan kembali perjalanan menuju Jl. Sukamaju yang mengarah ke Jl. Sukajadi. Kemudian lanjut mengemudi masuk ke Jl. Sersan bajuri (ikuti Jl. Sersan Bajuri)

Tetap di jalan tersebut sampai melewati Parongpong – Curug Cimahi – Masjid Al’Mu’minun.

Setelah melewati ketiganya, kamu bisa lanjut mengemudi lagi dengan mengarah ke Dusun Bambu Lembang dan mengambil Jl. Situ Lembang yang mengarah ke Situ Lembang.

Tak jauh dari situ, sekitar 7,1 km, kamu akan sampai pada lokasi tujuan, yaitu tempat wisata Situ Lembang Bandung.

2. Via Kendaraan Umum

a. Via Kereta Api

Selain menggunakan mobil, kamu juga bisa berangkat dari Jakarta dengan menggunakan transportasi umum seperti Kereta Api.

Untuk pemberangkatan nya, kamu bisa langsung datang ke Stasiun Gambir atau Pasar Senen.

Jika kamu ingin menggunakan Class Eksekutif, maka kereta yang akan kamu tumpangi adalah Kereta Argo Parahyangan dengan tujuan akhir Stasiun Bandung.

Jika kamu lebih memilih untuk menggunakan kereta api Class Ekonomi, maka kereta yang akan kamu tumpangi adalah Kereta Serayu yang akan turun di Stasiun Kiara Condong, Bandung.

Setibanya di stasiun, kamu bisa langsung meneruskan kembali perjalanan menuju Situ Lembang dengan menggunakan transportasi Online.

b. Via Bus

Selain dari Kereta Api, kamu juga masih bisa menggunakan transportasi lainnya seperti Bus.

Setibanya di terminal Leuwi Panjang, untuk menuju lokasi wisata Situ Lembang ini penjelasannya sama seperti yang sudah dijelaskan di atas, yaitu menggunakan transportasi online agar tidak ribet harus naik turun mengganti angkutan umum.

Harga Tiket Masuk

Bagi kamu yang ingin berwisata di Situ Lembang Bandung, sebelum masuk kedalam area wisata, kamu diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang (Baik dewasa/Anak-anak).

Selain itu, kamu juga harus membayar sewa lahan parkir sesuai dengan kendaraan yang kamu gunakan. Berikut keterangannya:

KETERANGANHARGA
Tiket MasukRp 10.000/orang
Sepeda MotorRp 5.000
MobilRp 10.000
BusRp 20.000

Apabila kamu ingin masuk ke Situ Lembang dengan gratis tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membeli tiket masuk pun bisa, yaitu dengan cara Hiking melewati hutan pinus.

Tips Berkunjung ke Situ Lembang

wisata lembang

Demi keseruan, kenyamanan, dan mempunyai kesan liburan yang menarik, alangkah baiknya kamu mengikuti anjuran tips dan trik ketika berwisata ke Situ Lembang yang sudah saya cantumkan di bawah ini.

1. Membawa Perlengkapan Baju Hangat

Dikarenakan Situ Lembang ini berada di dataran tinggi Lembang dan di bawah 2 kaki gunung yang sangat terkenal di daerah Bandung, yaitu Gunung Tangkuban Parahu dan Gunung Burangrang, membuat suasana di tempat ini sangat dingin.

Maka dari itu, bagi kamu yang ingin berlibur ke sini jangan lupa untuk membawa baju hangat yang lengkap agar tetap hangat dan nyaman saat berwisata

2. Membawa Perlengkapan Botram & Makanan

Demi melaksanakan kegiatan makan bersama keluarga, teman atau pun orang-orang yang kamu ajak liburan ke sini, jangan lupa untuk membawa perlengkapan botram beserta makanannya. Misal seperti:

  • Karpet atau tikar
  • Aqua gelas (supaya tidak keberatan)
  • Makanan yang sudah siap saji
  • Piring
  • Tupperware (untuk lauk yang sudah di masak)
  • Tempat nasi

3. Membawa Peralatan Mancing

Jika kamu ingin memancing ikan di sekitar Danau, kamu bisa membawa peralatan pancing dari rumah karena di sini tidak ada disediakan alat untuk memancing.

4. Membawa Kamera

Membawa kamera pun merupakan suatu kewajiban yang memang harus dilakukan.

Karena tempat ini merupakan wisata alam jadi pasti banyak pemandangan yang sangat bagus yang sayang jika tidak kamu abadikan.

Catatan
Sekian ulasan tentang Situ Lembang.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu semua yang sedang mencari informasi seputar Situ Lembang Bandung.

Selamat Berwisata!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *