Taman Bunga Cihideung

Taman Bunga Cihideung

Halo sahabat berwisata yang ada di seluruh Indonesia, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Taman Bunga Cihideung yang ada di daerah Lembang.

Sepanjang cerita sejarah yang ada, bahkan dari zaman penjajahan pun Kota Bandung sudah sangat dikenal dengan adanya berbagai macam tumbuhan hias.

Terdapat beberapa taman di pusat Kota Bandung yang dihiasi dengan kembang-kembang cantik dan juga berwarna-warni, adanya taman tersebut ialah dijadikan sebagai ikon yang menghiasi ruas perkotaan agar terlihat semakin indah.

Berada di daerah sejuk, Kota Bandung memang sangat cocok untuk ditanamkan berbagai macam varian jenis tumbuh-tumbuhan hias, seperti halnya di daerah Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Di sana ada Taman Bunga Cihideung yang di sekitar area nya dikelilingi oleh berbagai macam tumbuh-tumbuhan hias, dan kini taman tersebut menjadi pusat perhatian masyarakat, sehingga banyak yang berkunjung ke taman tersebut.

Penasaran kan seperti apa Taman Bunga Cihideung Lembang ini? Berikut informasinya.

Sekilas tentang Taman Bunga Cihideung

wisata lembang

Taman Bunga Cihideung merupakan objek wisata di Lembang yang memiliki lahan seluas 50 ha.

Yang mana di dalamnya ada banyak fasilitas yang layak digunakan oleh para pengunjung.

Selain itu, ada juga beragam varian tanaman hias dan tanaman potong yang sangat lucu.

Umumnya, tanaman hias ini kerap digunakan sebagai alat penghias rumah agar rumah tersebut nampak terlihat cantik dan mengesankan.

Sedangkan tanaman potong ini lebih sering digunakan untuk kebutuhan dekorasi.

Kenapa?

Karena tanaman potong mempunyai kesan tersendiri, sehingga banyak orang-orang yang menggunakan tanaman cocok sebagai pelengkap dekorasi.

Biasanya nih, hampir semua masyarakat Bandung dan Lembang yang sedang melakukan hajat mereka semua menggunakan tanaman potong ini untuk tampilan dekorasi nya.

Jika berwisata ke Taman Bunga Cihideung Lembang, kamu atau pun pengunjung lainnya bisa melihat seberapa bagus kualitas dari tanaman tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa membawa pulang tanaman ini dengan harga yang sangat bersahabat.

Ketika kamu membeli tanaman ini dan kemudian dibawa pulang ke rumah, saya jamin tidak akan menyesal.

Kenapa?

Karena kualitas dan bentuk dari masing-masing tanaman di sini itu sangat bagus dan juga tentunya cocok untuk dipakai sebagai hiasan di rumah.

Selain itu, di area wisata ini pun banyak wahana yang bisa menemani ketika kamu sedang liburan di sini.

Apa saja wahana tersebut? Simak ulasan berikut ini.

Wahana di Taman Bunga Cihideung

Mungkin ada beberapa diantara kamu semua yang belum pernah sama sekali menghabiskan waktu liburan di tempat ini.

Baiklah, di sini saya akan sedikit memberi informasi kepada kamu semua tentang apa saja wahana yang ada di sini.

Penasaran kan?

Berikut rincian wahana wisata yang bisa menemani untuk menghabiskan waktu liburan di sini.

1. Tempat Budidaya

taman bunga cihideung

Taman Bunga Cihideung sebenarnya merupakan salah satu tempat budidaya bunga dan pembibitan terbaik di Kota Bandung.

Maka dari itu, semua tanaman bunga yang di jual di tempat ini selalu di banderol dengan harga yang cukup terjangkau apabila dibandingkan dengan tempat lain yang menjual tanaman-tanaman atau bunga hias.

Oleh karena itu jangan merasa heran jika para penyedia jasa desain taman, atau pun semua yang ada kaitannya dengan dekorasi tempat sering menggunakan tanaman dari sini.

2. Area Tanaman Hias

taman bunga cihideung

Selain dari tempat budidaya tumbuhan, di Taman Bunga Cihideung Lembang ini ada wahana yang paling sering terkenal, yaitu Area Tanaman Hias.

Di wahana ini, banyak sekali para wisatawan yang melihat-lihat keindahan tanaman hias dari jarak dekat.

Uniknya, di wahana ini ada berbagai macam tanaman hias yang bentuk dan warnanya sangat beragam. Hal ini membuat daya tarik sendiri bagi wahana tersebut.

Maka jangan heran apabila kamu berada di wahana ini selalu penuh oleh wisatawan-wisatawan lainnya yang berdatangan dari berbagai macam daerah.

3. Tempat Penjualan Tanaman Hias

taman bunga cihideung

Selain dari tempat budidaya dan area tanaman hias, di sini pun ada wahana yang didalamnya menyajikan berbagai macam tanaman hias untuk dijual kepada seluruh wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Nah jika kamu tertarik dengan tanaman-tanaman yang ada di Taman Bunga Cihideung Lembang, kamu bisa langsung mengunjungi wahana ini untuk membeli salah satu tanaman hias yang kamu suka untuk dibawa pulang ke rumah.

Harga tanaman yang dijual di tempat ini pun bisa dibilang cukup relatif, tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah.

Yang jelas semua tanaman yang dijual di sini akan di banderol jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan penjual tanaman hias di tempat lainnya.

Perbedaannya pun sangat jauh, karena Taman Bunga Cihideung ini merupakan salah satu tempat budidaya dan pembibitan tanaman hias.

Itulah kenapa semua tanaman yang dijual di tempat ini bisa dikatakan lebih murah dibandingkan di tempat lainnya.

4. Kumpulan Bunga-Bunga

taman bunga cihideung

Seperti yang kamu ketahui bahwa area wisata Taman Bunga Cihideung ini mempunyai luas lahan sekitar 50 hektar dan di dalamnya sudah ditumbuhi dengan berbagai macam tanaman hias yang nampak sangat cantik.

Jadi jangan merasa heran apabila kamu berjalan mengelilingi tempat ini bakal melihat kumpulan bunga-bunga cantik dan indah.

Karena setiap lokasi yang kamu lewati di sana semuanya diisi oleh tanaman-tanaman hias.

Lantas apa saja kumpulan koleksi bunga yang ada di taman ini? Tentunya banyak varian jenis bunga yang ada di sini, diantaranya seperti:

  • Gelombang cinta
  • Anggrek
  • Bougenvil
  • Hebras
  • Bonsai
  • Melati
  • Mawar
  • Anggrek

Selain dari bunga-bunga di atas masih banyak lagi tanaman hias lainnya yang akan kamu temui di sini.

Fasilitas Taman Bunga Cihideung

Berbicara soal fasilitas, tentunya masing-masing dari tempat wisata di seluruh Indonesia mempunyai fasilitas yang layak untuk dimanfaatkan oleh setiap pengunjung. Begitu pun dengan Taman Bunga Cihideung.

Di tempat ini ada beberapa fasilitas yang dapat kamu manfaatkan, diantaranya seperti:

  • Tempat kuliner
  • Mushola
  • Tempat parkir yang luas
  • Tempat istirahat
  • Toilet (WC Umum)
  • Tempat tanaman sayur
  • Taman bunga
  • Warung makan
  • Spot foto

Beberapa fasilitas tersebut bisa kamu manfaatkan ketika sedang berlibur ke tempat ini.

Selain melihat penampakan bunga-bunga yang cantik dan indah, seperti yang telah tertulis di atas bahwa di tempat ini ada fasilitas ‘Tempat Kuliner’ yang mana seluruh makanannya bisa kamu nikmati.

Lokasi

Peta Menuju Taman Bunga Cihdeung

Untuk alamat lokasinya, Taman Bunga Cihideung ini berada di kawasan Jl. Sersan Bajuri, Isola, Parongpong, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Kurang lebih dari pusat kota Lembang tempat wisata ini berjarak sekitar 5 km, dan dari pusat Bandung jaraknya bisa mencapai 20 km.

Untuk Jam buka dari Taman Bunga Cihideung ini adalah pukul 08.00 s/d 17.00 WIB. Jadi, pastikan datang lebih awal untuk menikmati pengalaman yang luar biasa.

Baca juga Tempat Wisata di Lembang lainnya.

Rute Menuju Taman Bunga Cihideung

Untuk mengetahui rute perjalannya, silahkan langsung simak baik-baik informasi berikut ini.

1. Via Kendaraan Pribadi dari Bandung

Apabila kamu berangkat dari daerah Bandung, kurang lebih jarak menuju lokasi wisata sekitar 220 km. Untuk rute perjalanannya, kamu bisa langsung mengarahkan kendaraan yang kamu gunakan menuju terminal Ledeng, Lembang.

Pertama-tama kamu harus melalui Jalan Sukajadi terlebih dulu. Kemudian dilanjutkan kembali perjalanan dengan arah Jalan Dr. Setiabudhi patokannya (Terminal Ledeng).

Setibanya di terminal tersebut, kamu bisa lanjutkan kembali perjalanan yang mengarah ke Jalan Sersan Bajuri.

Jika sudah berada di kawasan Jl. Sersan Bajuri, tak jauh dari situ kurang lebih sekitar 5 km, kamu akan tiba di lokasi wisata Taman Bunga Cihideung.

2. Via Kendaraan Pribadi dari Jakarta

Namun apabila kamu berangkat dari Jakarta, untuk rute perjalanan menuju lokasi wisata bisa kamu tempuh dengan menggunakan akses jalan Tol yang sesuai dari tempat keberangkatanmu.

Pertama-tama kamu bisa menggunakan Tol Cawang – Cikampek – Purbaleunyi (Purwakarta – Bandung – Cileunyi) dan keluar di pintu gerbang Tol Pasteur.

Setibanya di daerah Pasteur, kamu dapat melanjutkan kembali perjalanan dengan mengarah ke Terminal Ledeng. Untuk rute jalannya masih sama dengan arahan yang sudah saya tulis pada paragraf pertama.

Yaitu melewati Jl. Sukajadi – Jl. Dr. Setiabudhi dan turun di terminal Ledeng. Kemudian melanjutkan kembali perjalanan menuju Jl. Sersan Bajuri.

Untuk patokannya masih sama, yaitu pada Terminal Ledeng.

Oh iya, selain menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, untuk menuju lokasi wisata Taman Bunga Cihideung Lembang ini masih bisa ditempuh dengan menggunakan transportasi umum berupa Bus dan Kereta Api.

3. Via Kereta Api

Sebenarnya perjalanan menggunakan kereta api ini hampir sama rute nya apabila dari daerah Bandung, namun yang membedakannya adalah dari tempat kamu berangkat. Misal berangkat dari daerah Jakarta.

Pertama-tama kamu harus mengunjungi Stasiun Pasar Senen atau pun Gambir dan membeli tiket kereta api tujuan Bandung.

Kemudian setelah sampai di Bandung kamu bisa turun di Stasiun Bandung Kota, atau pun Stasiun Kiaracondong.

a. Dari Stasiun Bandung Kota

Pilihlah fasilitas transportasi umum sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Jika kamu memilih untuk menggunakan transportasi online, maka kamu akan langsung diantarkan menuju lokasi wisata yang ingin kamu tuju tanpa harus repot bolak-balik ganti angkutan umum.

Namun, apabila kamu lebih memilih transportasi umum seperti L300 yang berwarna crem-hitam dengan jurusan Stasiun Bandung – Lembang, maka kamu harus turun di terminal Ledeng.

Setibanya di terminal, kamu bisa lanjutkan kembali perjalanan dengan menggunakan angkot jurusan Parongpong – Taman Bunga Cihideung Lembang.

b. Dari Stasiun Kiaracondong

Rute perjalanan dari Stasiun Kereta Api Kiaracondong – Taman Bunga Cihideung Lembang ini sebenarnya hampir sama dengan rute dari Stasiun Bandung kota. Namun, yang membedakannya itu hanya dari tempat pemberangkatannya saja.

jika penggunaan transportasi umum dan rute perjalanannya pun bisa dikatakan sama, kenapa? Karena dari kedua stasiun menuju lokasi wisata memang menggunakan rute perjalanan yang sama.

3. Via Bus

Jika berangkat dari arah Jakarta dan ingin menggunakan Bus, di Jakarta ada 2 terminal yang menyediakan Bus jurusan Jakarta – Bandung. Yaitu terminal Lebak bulus dan Kampung Rambutan.

Kamu bisa memilih salah satu dari kedua terminal tersebut, pilihlah terminal yang jaraknya tidak terlalu jauh dari kediamanmu.

Setibanya di terminal yang kamu tuju, cari Bus yang jurusannya Jakarta – Bandung untuk kamu naiki.

Ada Bus dengan jurusan Jakarta – Bandung, nama Bus tersebut adalah Pahala Kencana. Nah Bus ini akan berhenti di Terminal Leuwi Panjang Bandung.

Sebenarnya untuk rute perjalanan dari Terminal Leuwi Panjang menuju lokasi wisata ini sama seperti dari stasiun. Yang mana sesampainya di terminal, kamu bisa langsung naik angkutan umum dengan tujuan Leuwi Panjang – Ledeng.

Ada beberapa macam jenis transportasi yang bisa kamu manfaatkan, diantaranya seperti:

  • L300
  • Angkot
  • Ojek online
  • Taxi
  • Grab dan Gocar

Jangan lupa, setibanya di terminal Ledeng, kamu harus turun untuk mengganti angkutan umum dengan tujuan Ledeng – Lembang.

Apabila tidak ingin merasa repot dikarenakan harus bulak balik ganti angkutan umum, kamu dapat menggunakan fasilitas transportasi online yang tersedia di Bandung.

Pilih salah satu transportasi online tersebut sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

Harga Tiket Masuk

Agar bisa memasuki dan melihat seluruh koleksi tanaman hias di Taman Bunga Cihideung, setiap pengunjung bakal diwajibkan untuk membeli tiket masuk seharga Rp 5.000/orangnya.

Untuk membeli tiket masuknya tidak mahal kan? Bahkan bisa dikatakan sangat murah, bukan begitu?

Oh iya, selain dari harga tiket masuk, di sini saya akan memberikan informasi mengenai harga tanaman hias yang dijual di tempat ini. Ulasannya berikut ada di paragraf selanjutnya.

Harga Tanaman Hias

Harga tanaman hias yang ada dijual di Taman Bunga Cihideung Lembang ini bisa dikatakan cukup murah.

seperti yang sudah saya tulis di atas bahwa semua tanaman hias atau bunga-bunga yang dijual di sini sangat jauh perbedaan harganya apabila dibandingkan dengan penjual tanaman hias di tempat lain.

Selain murah, tanaman hias yang dijual di sini mempunyai kualitas yang sangat bagus, dan tentunya kualitas tersebut mampu bersaing dengan tanaman-tanaman hias di tempat lainnya.

Nah bagi kamu yang ingin membawa pulang tanaman hias, kamu harus bisa pintar-pintar dalam melakukan negoisasi ketika hendak membeli tanaman tersebut.

Jika kamu pintar dalam melakukan negoisasi dengan pedagang, maka kamu akan mendapatkan tanaman hias berupa bunga yang bisa dibawa pulang ke rumah dengan harga yang bisa dikatakan cukup miring (murah).

Biasanya masing-masing dari tanaman yang kamu beli ini sudah menggunakan pot. Sedangkan untuk harga bunga dan pot tersebut akan dijumlahkan menjadi satu.

Agar tidak penasaran, berikut rincian harga jelasnya.

KETERANGANJENIS BUNGAHARGA
Tanaman dan PotBunga BiasaRp 10.000 s/d Rp 200.000
Tanaman dan PotBunga MenengahRp 200.000 s/d Rp 1.000.000
Tanaman dan PotBunga Menengah AtasRp 1.000.000 s/d Rp 10.000.000.

Itulah rincian harga dari masing-masing kelas tanaman hias yang dijual di sini, jika kamu ingin membeli tanaman tersebut, pilihlah tanaman yang sesuai dengan kebutuhan dan keuangan yang kamu miliki.

Hal yang Bisa Dilakukan di Sini

Tentunya ketika hari libur tiba, kamu dan teman-teman atau pun keluarga pasti ingin melakukan kegiatan yang seru di salah satu tempat wisata yang kamu kunjungi.

Lantas apa saja sih kegiatan yang bisa dilakukan ketika menghabiskan waktu liburan di sini?

Berikut ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini, diantaranya seperti:

1. Berfoto

Seperti yang kamu ketahui bahwa tempat wisata yang kamu kunjungi mempunyai keindahan dan daya tarik sendiri. Adanya berbagai macam koleksi bunga-bunga yang cantik, Taman Bunga Cihideung ini nampak bagus untuk dijadikan sebagai objek fotografi.

Terlebih, banyak sekali spot-spot menarik yang bisa membuat hasil foto terlihat bagus dan tentunya sangat instagrammable.

2. Keliling Area Wisata

Selain berfoto, kamu juga bisa mengelilingi seluruh area wisata ini sambil menikmati sejuknya suasana dan udara.

Dan jangan lupa sambil mengelilingi area wisata, abadikan momen-momen penting bisa berupa foto atau video.

3. Membeli Bunga

Perlu kamu ketahui, sebenarnya Taman Bunga Cihideung ini merupakan salah satu tempat yang kerap dikunjungi oleh para pecinta tanaman hias di Indonesia.

Maka dari itu jangan merasa aneh jika berlibur ke sini selalu ramai oleh para wisatawan dari berbagai macam daerah yang mengantri untuk membeli bunga.

Jangan khawatir ngantri, karena masih banyak penjual bunga yang ada di tempat ini dan kamu masih tetap bisa membeli bunga sesuai dengan keinginanmu.

Tips Berkunjung ke Taman Bunga Cihideung

Taman Bunga Cihideung adalah tempat wisata yang cocok dijadikan sebagai destinasi wisata bersama keluarga, khususnya ketika waktu liburan tiba.

Keberadaan lokasi yang tidak begitu jauh dari pusat kota membuat tempat wisata ini selalu padat dikunjungi oleh wisatawan dari dalam kota maupun luar kota.

Demi kenyamanan bersama, sebelum berkunjung ke tempat ini alangkah baiknya kamu semua perhatikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Lantas seperti apa tips ala berwisata yang ingin disampaikan? Simak tulisan di bawah ini.

1. Berkunjung di Hari Biasa

Jika kamu ingin menikmati tempat wisata dengan suasana yang sepi, alangkah baiknya kamu berkunjung ke sini ketika hari biasa (Weekday/Hari kerja).

Kenapa?

Karena jika berkunjung di hari libur, maka tempat wisata ini akan padat oleh para wisatawan yang datang dari berbagai macam daerah.

Terlebih keuntungan datang ketika hari biasa ini bisa menghemat waktu perjalanan, karena dalam perjalanan menuju lokasi wisata tidak akan kena macet arus kendaraan.

2. Sewa Kendaraan

Dengan menyewa kendaraan, kamu bisa sedikit menghemat uang dan juga waktu tempuh dikarenakan biaya sewanya pun akan dibayar dengan cara iuran dengan kelompok lainnya.

Selain itu, kamu juga akan terhindar dari rasa lelahnya ketika berkendara, dan juga tidak akan tersesat dalam perjalanan menuju lokasi wisata.

3. Membawa Bekal Sendiri

Walaupun di Taman Bunga Cihideung ini telah diberikan fasilitas berupa warung makan dan wisata kuliner, namun membawa bekal sendiri dari rumah adalah salah satu pilihan tepat bagi kamu yang ingin irit.

Tak hanya itu, dengan membawa persediaan dari rumah bisa membuat waktu liburanmu di tempat ini akan terasa seperti berkemah di perkebunan bunga.

4. Jangan Berkunjung Sendirian

Tempat wisata yang mempunyai luas lahan kurang lebih sekitar 50 hektar ini membuat para pengunjung tidak dianjurkan untuk datang seorang diri.

Maka dari itu, sebelum berlibur ke sini alangkah baiknya mengajak keluarga, para sahabat atau pun pasangan sendiri supaya tidak kesepian.

Tentunya hal ini bisa membantu kamu, karena di tempat ini banyak sekali spot-spot bagus dan menarik, rasanya sangat disayangkan apabila hanya dinikmati sendirian.

5. Menjaga Kebersihan

Setelah merasa puas karena sudah menikmati betapa indahnya Taman Bunga Cihideung dan asik berswafoto, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan disetiap sudut tempat wisata.

Karena jika ditemukan sampah-sampah yang berserakan, hal tersebut tentunya bisa merusak keindahan dari sebuah taman.

Maka dari itu, jika kamu mengkonsumsi makanan atau minuman, jangan lupa untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

6. Mematuhi Peraturan yang Ada

Nah ini salah satu tips berwisata yang harus kamu terapkan, karena mematuhi peraturan yang telah ditetapkan merupakan suatu kewajiban bagi semua pengunjung.

Peraturannya pun cukup mudah kok, yaitu menjaga taman bunga supaya tetap terlihat asri, dan juga jangan duduk di atas tanaman tertentu.

7. Membawa Kamera

Agar bisa mengabadikan momen-momen indah ketika liburan di tempat ini, jangan sampai lupa untuk membawa kamera digital atau pun bisa juga dengan kamera hp.

Catatan
Sekian ulasan kali ini tentang Taman Bunga Cihideung Bandung yang bisa saya sampaikan, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu semua dalam menemukan informasi.

Terimakasih, Selamat Berwisata!

Apa Kata Pengunjung?

  • Tempatnya asri di sepanjang jalan bisa lihat aneka bunga
  • Jaman th 90 an, udah ramay apa lagi sekarang kangen dg ds cihideung.
  • Info Mitsubishi 081285122070
  • Taman bunga cihideung itu bukan tempat rekreasi, taman bunga cihideung ini hanya kumpulan penjual bibit2 pohon maupun bunga di sepanjang jalan kolonel matsuri. Jadi, jangan sampai terkecoh ya.
  • Taman Bunga Cihideung Bandung buka setiap hari pada pukul 08.00 – 17.00 WIB. Jadi anda bisa datang setiap hari pada jam tersebut. Jika anda ingin berkunjung, sebaiknya anda datang pada pagi hari saat udara masih sejuk dan anda bisa menikmati wisata Taman Bunga Cihideung Bandung ini lebih lama. Bagi anda yang ingin berkunjung, anda dikenakan tarif/tiket masuk sebesar Rp. 5.000/ orang. Sejak dahulu hingga saat ini, kita ketahui bahwa Bandung memiliki julukan sebagai Kota Kembang, kenapa? Ini disebabkan karena memang pada zaman dahulu di Bandung banyak tumbuh-tumbuhan yang tumbuh subur dan bunga-bunga cantik yang mekar memanjakan mata, sehingga Bandung pantas dijuluki sebagai Kota Kembang yang penuh keromantisan. Taman bunga memang mampu memberikan suasana yang berbeda dan dapat membuat hati merasa nyaman dan tenang. Terlebih lagi jika taman bunga ditata dengan rapi dan terdapat berbagai macam bunga yang indah. Memanjakan mata dengan jajaran warna-warni alami bunga dan menikmati aroma bunga yang segar serta suasana yang sejuk. Berbicara mengenai tempat wisata yang indah, terdapat sebuah desa di Bandung bagian utara tepatnya di daerah Lembang, Bandung yang masyarakatnya membudidayakan berbagai jenis tanaman hias berupa bunga yang sangat cantik dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh oleh anda saat berkunjung ke Lembang. Daerah ini juga menyuguhkan pemandangan bunga tanaman hias yang cantik, indah, dan romantis di setiap pekarangan rumah warga, daerah tersebut bernama Taman Bunga Cihideung Lembang Bandung.
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Kota Mini (14)

Kota Mini Lembang

Suasana Eropa yang sejuk lengkap beserta dengan rumah-rumah bergaya arsitektur khas Benua Biru tersebut bisa didapatkan dengan berkunjung ke Kota Mini Lembang. Kawasan yang terintegrasi di dalam Floating Market Lembang…
Selengkapnya
Screenshot 2

Gunung Putri Lembang

Dari dulu, dataran tinggi Bandung terkenal mempunyai pemandangan alam yang indah, seperti halnya Gunung Putri Lembang. Tempat wisata ini bisa menarik perhatian para wisatawan agar berdatangan untuk mengunjunginya. Gunung Putri…
Selengkapnya