Lawang Sewu

Tempat Wisata di Semarang

Ada banyak sekali tempat wisata di Semarang, di mana tempat ini sangat wajib untuk kamu kunjungi.

Pastinya ada alasan mengapa tempat ini wajib dikunjungi, sebab keindahan tempat ini tidak akan kamu temukan pada tempat wisata lainnya yang sama indah seperti tempat wisata di kawasan Semarang.

Ditambah lagi, tempat wisata di kawasan ini tidak hanya menawarkan keindahan, namun juga sejarah yang ada dibaliknya.

Jadi, tidak heran ketika kamu berwisata nanti akan ada banyak paket lengkap mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata edukatif, sampai wisata belanja dan kuliner.

Perlu diingat bahwa Semarang merupakan gudang wisata. Sehingga, jika berkunjung dalam waktu singkat ke kota ini, rasanya akan kurang puas karena kamu tidak akan bisa mengunjungi seluruh tempat wisata yang dimiliki.

Jadi, ketika berkunjung, pastikan bahwa kamu menyediakan waktu yang cukup sehingga bisa menikmati semua keindahan tempat wisata di sini.

Lawang Sewu

 tempat wisata di semarang untuk keluarga

Tidak sah berkunjung ke Semarang jika tidak berkunjung ke tempat ini, sebab kepopuleran tempat ini sudah terkenal di kalangan wisata dalam maupun luar Semarang.

Hal ini menunjukkan bahwa ada sesuatu yang unik di tempat ini, Lawang Sewu sendiri merupakan sebuah gedung tua.

Hal unik dari tempat ini adalah banyaknya pintu di gedung ini, bahkan yang membuat semakin menarik adalah sejarah di balik gedung ini.

Ditambah lagi cerita misteri yang terdapat di gedung ini juga menjadi daya tarik di kalangan wisatawan, apalagi keindahan ini gedung ini sangat terjaga.

Walaupun sering melakukan renovasi namun keindahannya seperti pertama kali dibangun masih sangat terjaga sekali.

Jadi jika kamu berkunjung ke tempat ini maka tidak hanya bisa mendapatkan ilmu namun bisa melihat keindahan arsitektur dari gedung ini, jangan lupa untuk mengabdikan keindahan tempat ini lewat foto.

Lawang Sewu sendiri berlokasi di Jalan pemudah, Semarang. Tentunya tiket masuk tempat wisata ini juga sangat murah sekali, dimana untuk dewasa Rp10.000 sedangkan yang anak-anak adalah Rp5.000.

Untuk jam buka tempat wisata ini juga sangat lama dimana mulai dari pukul 07.00 hingga jam 21.00.

Jadi kamu bisa melihat keindahan Lawang Sewu ketika malam dan siang hari.

Sam Poo Kong

 tempat wisata di semarang yang rekomended

Tempat wisata di Semarang lainnya yang harus kamu kunjungi selain Lawang Sewu adalah Sam Poo Kong, tempat ini sendiri merupakan kelenteng.

Tentunya alasan mengapa kamu harus berkunjung ke tempat ini adalah bisa mempelajari mengenai keragaman agama dan budaya di Indonesia, namun masyarakat Indonesia masih bisa hidup secara berdampingan.

Pastinya di tempat ini kamu tidak hanya bisa berfoto saja namun ada banyak hal yang bisa kamu lakukan serta sangat bermanfaat sekali.

Kegiatan yang bisa dilakukan adalah bisa berwisata sejarah mengenai perjalanan pelaut Tiongkok yang terkenal serta beragam muslim, dimana pelaut tersebut adalah Laksamana Cheng Ho dimana beliau yang menyebarkan perdamaian di kota ini.

Kelenteng ini sendiri berlokasi di Jalan Simongan no129, Bongsari, Semarang.

Waktu buka kelenteng ini juga sangat panjang dimana mulai dari jam 06.00 sampai 23.00 sehingga kamu bisa berkunjung dan melihat dengan detail tempat ini.

Untuk tiket masuk juga sangat murah dimana hanya Rp5.000 saja.

Old City 3D Trick Art Museum

 tempat wisata di semarang untuk keluarga

Jika kamu yang menyukai seni maka wajib berkunjung ke tempat unik ini, apalagi tempat ini sangat cocok untuk kamu anak muda yang gemar berfoto.

Apalagi tempat ini merupakan tempat wisata yang masih baru di kawasan Semarang sehingga tidak heran jika banyak dipadati oleh orang.

Tempat wisata ini sendiri berlokasi di Jalan Letjen Suprapto No 26, Tj. Masa, Semarang Utara. Tempat ini sendiri merupakan museum dengan koleksi ilusi mata dengan 3 dimensi.

Jadi di tempat ini kamu bisa ber-selfie ria, tidak heran jika di tempat ini kamu bisa menemukan gambar sehingga jika difoto bisa terlihat seperti sungguhan. Contohnya jika kamu berfoto di atas jembatan dengan dasarnya air terjun.

Tidak heran jika ada banyak sekali spot foto menarik di museum ini, apalagi berbagai macam spot foto tersebut juga memiliki tema tertentu mulai dari kartun, ikon dunia, hingga petualangan.

Jadi jika kamu tertatarik masuk ke dalam museum ini maka bisa mengeluarkan uang sebesar Rp40.000, dimana untuk waktu kunjungannya adaah pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Selain itu jika kamu kesulitan ketika mengambil sudut foto maka pihak staf bisa membantu kamu untuk mendapatkan foto yang menarik.

Selain itu museum ini juga sangat berkualitas, dimana dalam setahun maka sebanyak 4 kali mereka akan mengganti background foto sehingga membuat spot foto tidak itu-itu saja.

Setiya Aji Flower Farm

 tempat wisata paling favorit di semarang

Bagi kamu yang mencari tempat wisata yang bertema alam namun romantis sekaligus Instagramable maka berkunjung ke tempat wisata yang berlokasi di Jalan Kendalisodo, Dusun Ngasem Lor, Desa Jetis.

Di tempat ini kamu juga bisa menemukan berbagai macam warna bunga krisan, pastinya tempat ini sangat indah sekali.

Jadi jangan lupa untuk mengabadikan keindahannya lewat foto.

Akan sangat pas sekali berkunjung pada saat pagi hari maupun pada saat cuaca cerah, karena keindahan tempat ini akan terlihat sangat jelas mengingat akan sangat dibantu dengan cahaya matahari.

Untuk tiket masuk tempat ini juga tidak kalah murah dari tempat wisata lainnya dimana hanya dipatok Rp7.500, jam buka tempat ini juga dari pukul 07.00 hingga 18.00.

Apabila kamu ingin membawa pulang bunga tersebut juga bisa, dimana per batangnya adalah Rp5.000.

Harga ini juga tergolong sangat murah, apalagi ada banyak sekali bunga dengan warna indah di tempat ini.

Puri Maerokoco

 tempat wisata di semarang yang rekomended

Apabila kamu ingin berkunjung ke tempat wisata di Semarang yang disebut-sebut sebagai taman mini-nya Jawa Tengah maka wajib dayang ke tempat ini.

Lokasi wisata tempat ini sendiri terletak di Jalan Yos Sudarsono, tepatnya 5 km dari Tugu Muda.

Tentunya di tempat ini kamu bisa melihat Jawa Tengah dalam versi mininya, jadi di tempat ini kamu bisa belajar budaya Jawa Tengah.

Bahkan ada bisa melihat rumah adat dari 35 kabupaten di Jawa Tengah, di dalam rumah adat tersebut juga dilengkapi dengan hasil kerajinan industri dari daerah tersebut.

Selain itu tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang sangat banyak, dimana mulai dari rekreasi air, taman bunga, taman burung, dan masih banyak lainnya.

Di tempat ini kamu juga bisa melihat hutan manggrove, jadi ada banyak sekali hal unik di tempat ini yang bisa kamu pelajari. Apalagi tiket masuknya hanya Rp15.000, waktu bukanya juga dari jam 08.00 hingga 17.00.

Wisata Lereng Kelir

 tempat wisata di semarang untuk keluarga

Bagi kamu yang mencari spot foto dengan backgroudnya berupa daerah perbukitan maka berkunjung di Lereng Kelir merupakan pilihan yang tepat.

Karena view alam di tempat ini tidak perlu kamu ragukan lagi. Berada di kawasan Desa Brankglo Kecamatan Jambu, Ambarawa.

Pastinya tempat ini sangat mudah sekali kamu jangkau, salah satu spot foto yang ada di kawasan ini berupa gardu padang.

Pastinya di gradu tersebut kamu bisa melihat keindahan tempat ini sangat jelas, apalagi suasana dari gardu tersebut sekilas mirip dengan Tebing Keraton yang ada di Bandung.

Pastinya tidak hanya bisa berfoto namun di tempat ini kamu bisa menikmati keindahan matahari terbit maupun kelap kelip lampu.

Selain itu tempat ini juga dijadikan sebagai lokasi camping oleh para pencinta alam. Namun jika kamu ingin camping maka jangan lupa membawa persediaan makanan.

Untuk tiket masuk sendiri tempat ini mematok harga Rp5.000 untuk hari kerja sedangkan Rp7.000 untuk hari libur.

Waktu masuk di tempat ini juga dibuka dari pagi hingga malam, sehingga pemandangan indah pada saat pagi dan malam hari bisa kamu nikmati.

Pantai Marina

 tempat wisata di semarang

Bagi kamu yang pencinta pantai maka jangan lupa untuk berkunjung ke tempat wisata di Semarang yang berupa pantai, di mana ada banyak sekali pantai indah di daerah ini, salah satunya adalah pantai Marina.

Pastinya pantai ini wajib untuk kamu kunjungi, walaupun hanya sebuah pantai kecil yang berlokasi di bagian utara Semarang namun keindahan pantai ini tidak perlu kamu ragukan lagi.

Terbukti dengan banyaknya orang yang berkunjung ke pantai yang berlokasi di Jalan Yos Sudarsono ini.

Jadi tidak ada salahnya jika kamu berkunjung, apakah untuk melihat matahari terbenam maupun melihat matahari terbit.

Untuk tiket masuk ke pantai ini juga sangat terjangkau sekali yaitu hanya Rp3.000 saja.

Untuk waktu bukanya adalah 24 jam sehingga kamu bisa berkunjung kapan saja, ditambah lagi pantai ini selalu buka setiap hari.

Pastinya berkunjung ke pantai ini dijamin sangat nyaman karena terdapat berbagai macam fasilitas yang membuat kamu betah berada di tempat ini, sebut saja seperti kolam renang, speed boat, ski air, hingga taman bermain untuk anak.

Jadi kamu bisa berkunjung ke pantai ini bersama dengan keluarga maupun pasangan sekalipun.

Curug Lawe

 tempat wisata di semarang untuk keluarga

Curug lawe merupakan salah satu curug indah yang berada di Semarang, sebab tidak hanya menyediakan air yang segar namun di tempat ini kamu bisa menemukan pemandangan alam yang sangat indah.

Jadi ketika mandi nanti kamu bisa sambil menikmati keindahan alam yang ada di sekitarnya.

Apalagi kawasan di sekitarnya masih terasa alami sekali, hal ini tidaklah mengherankan mengingat sebelum sampai di kawasan ini maka kamu harus melewati kawasan perkebunan milik PT Cengkih Zanzibar.

Selain itu berada di curug ini juga akan dijamin akan sangat nyaman sekali, sebab kebersihan lingkungan sekitarnya sangat terjaga sekali, tidak heran jika kamu bisa merasakan suasana alaminya sangat maksimal.

Nama curug ini sendiri berasal dari bahasa Jawa, dimana lawe berarti benang putih, ada alasan mengapa memberikan nama benang putih.

Karena terdapat air terjun yang jatuh dari tebing yang curam, dimana air terjun tersebut mirip dengan benang putih.

Curug ini sendiri berlokasi di Gunungsari, Limbangan, Semarang. Untuk tiket masuknya juga hanya Rp4.000, namun jika ingin berkunjung maka pada jam 06.00 hingga 21.00.

Air Terjun Kali Pancur

 tempat wisata di semarang untuk keluarga

Jika kamu ingin melihat tempat wisata di Semarang berupa air terjun maka air terjun ini wajib untuk dikunjungi, dimana air terjun ini sendiri berlokasi di Gejayan Nogosaren Getasan.

Pastinya kamu akan dihipnotis melihat keindahan alam di air terjun ini, dimana air terjun ini sendiri memiliki ketinggian hingga 150 m.

Jadi tidak heran saat air terjun ini turun maka akan menerbangkan butiran air yang banyak.

Keindahan tempat ini semakin lengkap dimana terdapat batu alam hias di sekitarnya, suasana sekitarnya juga sangat sejuk dimana terdapat pepohonan sehingga membuat suasana alaminya semakin kental.

Selain air terjun, di tempat ini kamu juga bisa beberapa goa walet, namun jika ingin berkunjung ke tempat ini maka kamu harus menyiapkan stamina yang kuat.

Karena kamu harus melewati 900 anak tangga sehingga lumayan menguras tenaga, namun rasa lelah yang kamu rasakan akan terbayar semua dengan keindahan tempat ini.

Untuk biaya masuk ke tempat ini juga hanya dipatok Rp3.000, dimana hal tersebut belum termasuk biaya parkir yang disesuaikan dengan jenis kendaraan.

Untuk jam bukanya dari jam 08.00 hingga 16.00, selain itu ada banyak fasilitas yang disediakan juga seperti area parkir, warung makan, toilet, dan mushalla.

Candi Gedong Songo

 tempat wisata di semarang

Apabila kamu ingin berkunjung ke tempat wisata sejarah maka jangan sampai melewatkan candi ini, dimana candi ini sendiri ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804.

Candi ini sendiri berlokasi di Krajan, Candi, Bandungan, Semarang. Terdapat 9 buah candi di dalam komplek candi ini, hal ini sendiri mempengaruhi pemberian nama dari candi ini.

Karena songo sendiri memiliki arti Sembilan, diperkiran bahwa candi ini merupakan peninggalan pada zaman Wangsa Syailendra.

Candi ini sendiri berada ditinggi 1.200 mdpl, terdapat 9 candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran.

Tidak heran jika berkunjung ke candi ini maka kamu bisa merasakan suasan segar dan sejuk disertai dengan pemandangan alam yang bisa menyejukkan mata.

Tentunya tidak hanya bisa melihat keindahan candi saja namun kamu bisa mandi air panas yang terdapat kandungan belerang maupun berkuda di sekitar candi ini.

Jadi apabila ingin berkunjung maka kamu hanya perlu mengeluarkan Rp10.000, sedangkan waktu buka tempat ini adalah mulai dari jam 06.30 hingga 18.00.

Goa Rong View

 tempat wisata di semarang

Terdapat goa di Semarang yang berada di ketinggian 690 mdpl, jadi jika berkunjung ke goa ini maka tidak hanya bisa melihat isi dalam dari goa ini namun keindahan tempat di sekitarnya.

Karena berada di lokasi tinggi maka kamu bisa melihat pemandangan ala-ala bukit yang hijau. Goa ini berlokasi di Lopit, Tuntang, Semarang.

Jadi jika kamu menyukai pemandangan khas pegunungan maka bisa berkunjung ke goa ini, ditambah lagi ada banyak fasilitas yang bisa membuat kamu betah ketika berkunjung seperti gardu, gazebo, saung, café, area permainan, hingga mushalla.

Jadi ketika berkunjung bersama keluarga juga tidak akan masalah.

Untuk jam buka tempat ini adalah dari jam 07.00 hingga 18.00, dengan biaya masuk hanya Rp3.000 sampai 5.000.

Oleh sebab itu jangan lupa untuk datang ke tempat wisata di Semarang ini untuk melihat keindahannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Borobudur

Tempat Wisata di Magelang

Magelang berada di cekungan rangkaian pegunungan dan sekilas seperti dikelilingi oleh berbagai gunung. Nama Magelang sendiri berasal dari kata ‘Maha gelang’ yang berarti mengepung rapat seperti gelang berukuran raksasa yang…
Selengkapnya
Masjid Agung Demak

Tempat Wisata di Demak

Demak memiliki tekstur tanah halus (lanau) dan tekstur tanah sedang (lempung), itu dikarenakan lokasinya yang berada di pesisir pantai utara Demak juga menjadi salah satu kota bersejarah terlebih bagi penyebaran…
Selengkapnya