Gunung Galunggung Tasikmalaya

Tempat Wisata di Tasikmalaya

Tasikmalaya atau yang biasa disebut Tasik merupakan kabupaten kota yang berlokasi di sebelah selatan provinsi Jawa Barat.

Karena letaknya di wilayah pegunungan, iklim di Tasik cukup sejuk dan segar, dan lokasi geografis inilah yang juga menjadi salah satu faktor dari beragamnya objek wisata di kota ini.

Mulai dari wisata alam dengan pantai juga berbagai curugnya, wisata sejarah dan budaya, hingga wisata kulinernya.

Tak ayal, Kota Tasikmalaya memiliki julukan khusus yakni Sang Mutiara dari Priangan Timur.

Nah, berikut adalah beberapa tempat wisata di Tasikmalaya yang bisa kamu kunjungi saat berwisata ke sana. Mari kita review!

Gunung Galunggung Tasikmalaya

tempat wisata di tasik yang rekomended

Gunung ini masih aktif dan sempat beberapa kali meletus.

Pemandangan di area ini sangat mempesona, udaranya juga sejuk dan destinasi wisata ini justru makin populer sejak meletus beberapa waktu lalu.

Terdapat danau di puncak gunungnya, juga ada curug Galunggung dan sumber air panas yang juga ramai dikunjungi wisatawan.

Alamat destinasi wisata ini adalah di Linggawangi Leuwisari, di wilayah Tasikmalaya, kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Harga atau tarif masuknya sangat terjangkau, yakni sekitar 2 ribu hingga 7 ribu Rupiah saja.

Buka selama 24 jam setiap harinya, mulai dari hari Senin hingga Minggu.

Terdapat fasilitas berupa kolam renang, dan pemandian air panas juga di kawasan ini.

Kampung Naga Tasikmalaya

tempat wisata yang asyik di tasik

Berikutnya untuk wisata budayanya ada kampung Naga Tasikmalaya, yang beralamat di Neglasari, area Salawu, di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Jam bukanya mulai jam 08.00 pagi hingga jam 18.00 sore hari.

Kampung Naga tersebut merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik karena originalitasnya, penduduk kampung tersebut masih memelihara kental budaya juga adat istiadat-nya.

Menyaksikan keseharian mereka akan sangat menarik sekali. Kebudayaan khas Tasikmalaya yang asli masih bisa ditemukan di tempat ini.

Keunikan yang lainnya lagi ialah pada bangunan di kampung ini, keseluruhan rumahnya memiliki bentuk serta ukuran yang mirip-mirip dan menghadap ke arah yang sama.

Lokasi kampung adanya di tengah hutan. Para pengunjung diharapkan untuk menjaga sopan santun dan menghargai adat istiadat yang ada.

Kebun Teh Taraju

tempat wisata di tasik yang rekomended

Lalu ada kebun teh Taraju yang tak bisa dilewatkan begitu saja saat berkunjung ke Tasikmalaya.

Alamatnya ada di JL. Raya Taraju desa Deudeul, di kecamatan Singaparna, wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat.

Jam bukanya adalah setiap hari selama 24 jam. Total luas kebun ini adalah sekitar 2.062 hektar, dengan seluas 1.329 hektar milik rakyat dan yang 732 hektar adalah milik dan dikelola oleh pihak swasta.

Panorama perbukitan teh sangat mempesona, udaranya juga sejuk segar dan nyaman.

Terdapat gunung Cikuray pada sisi sebelah barat dari perkebunan teh ini.

Para pengunjung dapat menyaksikan keindahan panorama pegunungan teh tersebut sambil menikmati sajian teh hasil perkebunan ini.

Situ Gede

tempat wisata yang asyik di tasik

Selanjutnya ada juga situ Gede yang beralamat di desa Linggajaya, di kecamatan Mangkubumi, yang masuk wilayah kabupaten Tasikmalaya.

Tarif harga tiket masuk ke situ Gede ini adalah 2 ribu Rupiah untuk anak-anak, dan 4 ribu Rupiah untuk dewasa.

Lalu untuk biaya parkir sepeda motor adalah 1 ribu Rupiah, dan 2.500 Rupiah untuk mobil.

Situ Gede ini buka selama 24 jam di setiap harinya, mulai dari hari Senin hingga hari Minggu.

Dengan fasilitas ads gazebo terapung, dan taman, juga ada musholla, serta kamar mandi, dan juga jogging track, serta area parkir, juga terdapat perahu yang dapat disewa untuk mengelilingi danau seluas 47 hektar tersebut, sambil menikmati keindahan alamnya.

Situ gede tersebut juga difungsikan untuk menjadi sumber air pada sistem irigasi bagi lahan pertanian masyarakat yang ada di sekitar danau ini.

Airnya melimpah, mampu memenuhi kebutuhan air bagi warga sekitar.

Pada bagian sisi danau-nya terdapat gazebo terapung, lalu ada juga taman situ gede, dan pulau kecil yang terletak di bagian tengah danau dengan luas sekitar 1 hektar yang menarik perhatian, karena terdapat tiga makam misterius di pulau kecil tersebut.

Konon ketiga makam tersebut erat kaitannya dengan awal mula terbentuknya situ Gede ini.

Beraneka flora dan fauna yang ada di pulau kecil ini juga menarik untuk disaksikan.

Taman Mangkubumi Indah

tempat wisata di tasik untuk keluarga

Lalu ada destinasi wisata taman Mangkubumi Indah, yang beralamat di Jl. Jendral AH. Nasution KM. 7, di area Mangkubumi, Tasikmalaya, provinsi Jawa Barat.

Harga tarif tiket masuknya ialah 10 ribu Rupiah per orang. Taman Mangkubumi Indah ini buka setiap hari mulai dari hari Senin sampai Minggu selama 24 jam.

Terdapat fasilitas berupa kolam renang, dan panggung hiburan, serta beberapa hotel dan restoran, juga kantin, musholla, serta gedung pertemuan, juga area parkir, dan rumah penginapan di tempat ini.

Ada pula wahana area bermain anak-anak, dan sepeda air, juga gazebo atau saung botram, dan track ATP, serta flying fox, dan adventure area, dan juga water boom.

Luas taman Mangkubumi Indah ini sekitar 6 hektar. Kawasan ini merupakan hutan wisata yang sejuk serta asri yang menyajikan juga aneka wahana seru, seperti area waterboom, hingga sarana untuk flying fox juga ada, yang akan membuat para wisatawan betah berlama-lama di tempat ini.

Pemandian Air Panas Ciawi

tempat wisata di tasik yang rekomended

Mengisi liburan akhir pekan dengan berendam di kolam air panas pasti akan sangat menyenangkan. Hal tersebut dapat dilakukan di pemandian air panas Ciawi ini.

Badan akan terasa segar kembali karena aliran darah dapat berjalan lancar kembali selain itu juga bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit, berkat berbagai mineral yang terkandung di air panas Ciawi ini.

Kemudian setelah selesai berendam air panas bisa juga dilanjutkan dengan menyantap berbagai sajian hidangan di restoran yang juga sudah tersedia di tempat ini.

Alamat lengkap pemandian air panas Ciawi ini adalah di Pamoyanan, di Kadipaten, di Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Dengan tarif harga tiket masuk yang sangat terjangkau yakni hanya 5 ribu Rupiah per orang.

Adapun jam operasional bukanya adalah mulai dari jam 07.00 pagi sampai jam 17.00 sore.

Curug Badak

tempat wisata yang asyik di tasik

Tasikmalaya bisa disebut sebagai kota seribu curug, karena terdapat banyak sekali lokasi wisata alamnya yang berupa curug atau air terjun, salah satunya adalah curug Badak ini.

Alamatnya adalah di desa Sukamukti, di Cisayong, wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat.

Tarif harga tiket masuknya juga murah dan terjangkau, yakni hanya 5 ribu Rupiah per orang, dengan jam operasional mulai buka jam 08.00 pagi hingga 17.00 malam.

Konon menurut cerita nama curug Badak ini berawal dari adanya seekor badak yang turun dari gunung Galunggung yang lalu terjerembab dan terjepit di bebatuan hingga tidak bisa melepaskan diri, lalu turut menjadi bebatuan di curug tersebut.

Menurut cerita warga sekitar pada malam harinya badak tersebut akan kembali berubah ke wujud aslinya dan lalu badak tersebut berkeliaran di sekitar kawasan tersebut.

Terlepas dari benar atau tidaknya kisah tersebut namun pemandangan alam di area curug badak ini cukup indah.

Terdapat 2 buah air terjun besar dengan arus debit airnya yang tidak terlalu deras sehingga nyaman untuk dibuat berenang pada kolam di bawahnya yang memiliki kedalaman hingga sebatas dada orang dewasa.

Waterboom Water Splash Indihiang

tempat wisata di tasik

Kemudian ada juga waterboom water splash Indihiang, yang beralamat di Jl. Brigjen Wasitakusuma, di Sukamajukaler, wilayah Indihiang, di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Tarif harga tiket masuknya adalah sebesar 20 ribu Rupiah per orang di weekdays, dan 25 ribu Rupiah per orang di weekend.

Jam operasional bukanya adalah mulai dari jam 07.00 pagi hingga jam 17.00 sore hari.

Berbagai fasilitas yang ada di tempat ini antara lain ada kolam arus, dan kolam khusus balita, juga ada whirl pool, serta gazebo, dan wahana flying fox, serta permainan trampolin.

Juga ada wahana ember tumpah, juga ada food court, dan ATV, serta point ball, dan toilet, juga ruang bilas serta ruang ganti dan lain sebagainya.

Tempat wisata rekreasi keluarga Waterboom Water Splash Indihiang ini dibangun sejak tahun 2009.

Waterboom Maarif Garden

tempat wisata yang asyik di tasik

Lalu juga ada waterboom Maarif Garden, tempat menarik yang berlokasi di Jalan Sukarindik Gunung Tujuh, di Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Harga tarif tiket masuknya adalah yang termurah se-Tasikmalaya, yakni adalah sebesar 5 ribu Rupiah per orang, dengan jam operasional mulai buka pukul 07.00 pagi hingga pukul 17.00 sore di setiap harinya.

Fasilitas yang disediakan di tempat ini ada Flying Fox, juga odong-odong, dan becak mini, serta wahana bogel, dan terapi ikan atau fish spa, juga ada otopet, serta villa, tempat makan dan lain sebagainya.

Cukup lengkap wahana permainan yang disediakan, tak kalah dengan waterboom lainnya.

Rumah Batu

tempat wisata di tasik

Berikutnya ada tempat wisata bernama Rumah Batu di Tasikmalaya.

Alamatnya ada di Cibatu, di Karangnunggal, di Tasikmalaya, Jawa Barat yang buka setiap hari selama 24 jam.

Tempat wisata ini unik, sedikit berbeda dengan tempat wisata lainnya. Proses pembuatan rumah batu rumah ini menelan anggaran berbiaya hingga sekitar 30 juta Rupiah dengan 4 buah belincong, dan 250 buah pahat, serta 5 buah martil juga 2 buah linggis.

Namun untuk memasuki rumah batu ini adalah gratis, atau tak berbayar, hanya saja disediakan kotak amal yang dananya akan diteruskan sebagai sumbangan kepada DKM Cintasari Pasirpongpok.

Tutug Oncom Benhil

tempat wisata yang asyik di tasik

Lalu selain wisata alam dan wisata budaya, untuk wisata kulinernya di Tasikmalaya ini bisa mencicipi hidangan khas tutug oncom benhil, yang bisa ditemui di Jl. Petir, Kahuripan, wilayah Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Harganya juga cukup terjangkau, yakni di kisaran 5 ribu Rupiah hingga 8 ribu Rupiah, tergantung lauk pelengkapnya yang dipilih.

Jam buka tempat makan ini adalah mulai dari pukul 07.30 pagi hingga pukul 13.00 siang, sudah habis makanannya.

Hidangan makanan ini terdiri dari oncom yang lalu dicampur dengan nasi, dengan rasa yang gurih disajikan dengan dua macam sambal, yang bisa dipilih, yakni ada sambal merah atau pun dan sambal ijo.

Bagi penggemar rasa pedas maka sambal ijo ini paling cocok karena rasanya yang lebih pedas dari sambal merahnya.

Nasi Cikur Teh Rena

tempat wisata di tasik

Selain tutug oncom maka ada juga nasi cikur, yang bisa ditemui di Jl. Panyerutan, di Nagarawangi, area Cihideung, yang masuk wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat.

Nasi cikur teh Rena ini dijual dengan harga sekitar 7 ribu Rupiah per porsi.

Jam Buka tempat makan ini adalah mulai dari jam 07.00 pagi hingga habis.

Hidangan khas Tasikmalaya ini terbuat dari beras dan cikur atau kencur.

Sajian ini merupakan salah satu kekayaan kuliner tradisional khas Sunda. Nasi cikur ini disajikan dengan lauk pauknya yang bisa berupa tempe orek, atau ikan asin, serta irisan telur dadar.

Itulah beberapa tempat wisata Tasikmalaya yang bisa dikunjungi saat berlibur ke sana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Tempat Wisata di Cianjur

Cianjur bisa jadi bukan termasuk salah satu kota besar di Indonesia. Akan tetapi, bukan berarti Cianjur tidak memiliki banyak daya tarik. Terbukti dalam sektor pariwisata, Cianjur bahkan memiliki banyak sekali…
Selengkapnya
Hutan Mati Papkamuyan

Tempat Wisata di Garut

Bagi kamu yang menyukai dunia traveling, tentunya sudah tak sabar ingin mengunjungi berbagai tempat wisata yang ada di Indonesia, salah satunya di Garut, Jawa Barat. Garut memang terlalu indah untuk…
Selengkapnya