Telaga Warna

Tempat Wisata di Wonosobo

Kota di Indonesia tak terhitung jumlahnya, mulai dari kota metropolitan atau bahkan jenis kota semi desa yang masih memiliki nilai-nilai ketenangan yang ada di Desa.

Salah satu kota yang ada di Indonesia adalah Wonosobo, Wonosobo memang jarang didengar untuk dijadikan suatu destinasi liburan.

Namun, siapa sangka ternyata Wonosobo juga memiliki banyak tempat wisata yang patut untuk dikunjungi.

Terutama bagi kamu yang memang sudah lelah bekerja seminggu full dan membutuhkan suasana yang tenang untuk dapat me-refresh kembali kinerja otak kamu.

Nah, untuk itu, kali ini kita akan membahas mengenai apa saja tempat wisata yang berada di Kota Wonosobo yang patut kamu kunjungi saat kamu sedang menghabiskan masa liburan kamu.

penasaran? Yuk, simak informasinya berikut ini ya!

Air Terjun Sikarim

tempat wisata di wonosobo

Objek wisata Wonosobo yang pertama adalah wisata Wonosobo Air Terjun Sikarim.

Air terjun ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan akan sangat cocok untuk kamu yang memang sedang mencari sebuah pemandangan alam untuk me-refresh pikiran kamu.

Bagi kamu yang berminat ke air terjun ini, kamu bisa datang ke kawasan telaga Menjer karena wilayah air terjun ini tidak jauh dari telaga menjer tersebut.

Air Terjun ini letaknya bertepatan di Desa Mlandi di kecamatan Garung, di Kabupate Wonosobo.

Untuk kamu yang ingin datang ke tempat ini, kamu harus ekstra sabar karena membutuhkan perjuangan ekstra untuk mencapai ke tempat ini.

Mengapa? Sebab, kamu perlu memasuki dan menyusuri hutan dan hanya bisa kamu tempuh dengan berjalan kaki saja.

Namun, saat tiba di sana, tentunya kamu akan puas setelah melihat pemandangan air terjun yang sangat asri dan terjaga ini.

Kebun Teh Tambi

tempat wisata yang asyik di wonosobo

Ingin berwisata alam tanpa harus berbasah-basahan akibat aliran air?

Nah, nampaknya kebun teh Tambi ini dapat menjadi pilihan yang sangat tepat.

Pasalnya kebun teh ini merupakan suatu kebun teh asli yang keasrian-nya masih sangat terjaga.

Lokasinya pun berada benar–benar di dalam perkebunan, sehingga tidak akan ter-kontaminasi dari kebisingan kota atau bahkan polusi udara yang biasanya berada di tengah–tengah kota.

Kebun teh ini akan sangat cocok untuk kamu yang memang ingin melihat pemandangan hutan nan asri, karena di sinilah tempatnya anda akan menemukan keasrian tersebut.

Ditempat ini pula, kamu hanya akan melihat suatu hamparan kebun yang hijau, karena memang kebun ini ditumbuhi dengan tumbuhan dengan lebatnya.

Sehingga dapat membuat suasana hati kamu menjadi lebih tenang dan tenteram tentunya.

Bagi kamu yang berminat ke tempat ini, kamu bisa datang ke Kecamatan Garung, tepatnya pada salah satu jalan jika kamu menuju ke arah Dieng.

Di sana, kamu juga tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan kebun teh semata.

Namun juga terdapat wisata industri dimana kamu akan menemukan suatu pabrik teh tambi dan bahkan bisa melihat bagaimana proses serta pengolahan pembuatan teh tambi tersebut.

Sedangkan untuk wisata alam lainnya, tempat wisata ini memang berada di lereng gunung Sindoro dimana ketinggian gunung tersebut sekitar 1200 – 2000 meter di atas permukaan laut.

Untuk suhu udara rata – ratanya minimal sekitar 15 derajat celcius dan maksimal sekitar 24 derajat celcius. Wah, tetap dingin ya dibandingkan dengan kota metropolitan?

Nah, untuk kamu yang memiliki anak kecil, jangan pula khawatir.

Di tempat ini juga disediakan banyak sekali fasilitas pondok wisata dimana terdiri dari kolam pemancingan, lapangan tennis, taman bermain anak, dan lain sebagainya.

Tempat ini sering kali menjadi alternatif pilihan keluarga karena sudah lengkap fasilitasnya.

Telaga Menjer

tempat wisata di wonosobo

Selanjutnya, tempat wisata yang dapat kamu kunjungi saat kamu sedang berkunjung ke Wonosobo adalah Telaga Menjer.

Telaga ini merupakan telaga yang sangat terkenal yang ada di Wonosobo.

Mengapa? Karena telaga ini sangatlah unik, sebab, sebenarnya telaga ini terbentuk secara tidak sengaja akibat adanya letusan vulkanik pada kaki Gunung Pakuwaja.

Tanpa disadari, ternyata muncullah mata air kecil di sekitar telaga, dan ditambah dengan adanya air hujan yang ditampung pada lekukan telaga ini membuat akhirnya lekukan tersebut disebut sebagai telaga dengan nama Menjer.

Di sini kita tidak akan bosan karena hanya melihat telaga-nya saja, sebab, di telaga Menjer sendiri disediakan banyak sekali perahu yang dapat kamu sewakan dengan hanya merogoh kocek sebesar 15 ribu rupiah saja.

Dengan harga segitu, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam sambal berkeliling danau dan menikmati pemandangan alam di sekitar telaga Menjer tersebut.

Selain itu, untuk kamu yang hobi memancing, tempat ini juga sangat pas untuk dijadikan pemancingan alami yang sangat menyenangkan dan menyegarkan mata.

Waduk Wadaslintang

tempat wisata di wonosobo

Selanjutnya, bagi kamu yang memang ingin menikmati pemandangan waduk besar yang ada di Wonosobo, ada baiknya kamu datang ke Waduk Wadaslintang ini.

Bahkan, kabarnya waduk ini digadang–gadang menjadi objek waduk yang terbesar yang ada di Asia Tenggara, wah, keren ya!

Waduk ini memang berukuran sangat besar, memiliki lokasi di perbatasan antara kabupaten Kebumen dan juga Wonosobo, waduk ini memiliki luas sekitar 2 ribu hektar.

Waduk ini kerap kali dijadikan sebagai salah satu objek wisata yang menarik yang ada di Wonosobo.

Tak hanya sebagai objek wisata, waduk ini juga memiliki banyak fungsi lainnya, misalnya seperti pembangkit listrik, untuk irigasi atau pengairan sawah, serta untuk transportasi air serta tempat untuk budidaya ikan nila.

Tak sampai di situ, kamu juga bisa mengarungi waduk ini dengan perahu lho!

Arum Jeram Serayu

tempat wisata di wonosobo

Sedikit berlawanan dari tempat wisata di Wonosobo sebelumnya, kali ini kita beralih ke salah satu tempat wisata di Wonosobo yang nampaknya dapat dijadikan pemacu adrenalin.

Ya, apalagi jika bukan tempat wisata arung jeram serayu. Tempat ini merupakan salah satu lokasi arum jeram yang berada di Wonosobo.

Nah, tempat wisata di Wonosobo inilah yang sering kali ramai dikunjungi oleh banyak sekali anak mudah yang memang tertarik untuk menguji adrenalin mereka.

Apalagi, nama arung jeram, kini semakin eksis dan popular.

Bahkan mereka tahu, bahwa sungai Serayu ( sungai yang digunakan untuk arung jeram Searyu ) bukanlah sungai biasa yang dapat dilalui dengan mudahnya.

Untuk kamu yang penasaran, kamu bisa datang ke kawasan sungai ini yang berada di kawasan Banjarnegara.

Bagi kamu yang berada di Jogjakarta, kamu bisa menghabiskan waktu kira – kira sekitar 2,5 jam saja untuk dapat menikmati serunya permainan tersebut.

Sebagai tambahan informasi mengenai sungai, sungai ini terdapat di ketinggian sekitar 500 meter, namun tetap mudah dijangkau karena letaknya berada di pinggiran jalan Raya Tunggoro – Singomerto.

Namun, untuk masalah tingkat kesulitan dari arung jeram sendiri, itu cukup bervariasi dengan jumlah total jeram sekitar 30 jeram. Asyik bukan?

Pemandian Air Panas Kalianget

tempat wisata di wonosobo untuk keluarga

Ingin berwisata sambal merasakan hangatnya air dan bersantai memulihkan pikiran yang jenuh?

Nampaknya pemandian air panas kali anget ini akan sangat cocok untuk kamu.

Pemandian ini berada di kawasan Kalianget, di jalan Dieng Km 3, Wonosobo.

Di sini, kamu bisa menghabiskan waktu kamu dengan bersantai ria, sambal merasakan hangatnya air di sekujur tubuh kamu.

Jika salah satu keluarga kamu memang tidak menginginkan untuk mandi, jangan khawatir!

Karena masih banyak sekali fasilitas yang disediakan misalnya seperti kolam renang, lapangan tenis, lapangan bola, hutan kota, dan lain sebagainya yang tentunya tidak akan kalah menarik.

Telaga Warna

tempat wisata di wonosobo

Ingin mencuci mata dengan air yang berwarna unik? Nah, pastikan kamu datang ke Telaga Warna ini ya!

Telaga warna memang rasanya cukup familiar jika dibandingkan dengan tempat wisata di wonosobo yang lainnya.

Hal ini disebabkan, objek wisata ini dijadikan sebagai ikon dari Wonosobo, khususnya adalah kawasan Dieng.

Telaga warna ini memang sarat akan nilai kebudayaan, jika mengutip legendanya, warna yang muncul di permukaan telaga tersebut muncul memang dikarenakan adanya cincin bangsawan yang jatuh ke dalam telaga tersebut.

Namun, menurut penelitian ilmiah, telaga warna ini muncul akibat adanya pembiasan cahaya yang terjadi pada endapan belerang yang ada di dasar telaga warna tersebut.

Warna dari telaga ini memang ada beberapa jenis, namun warna yang mendominasi adalah warna hijau, biru laut, dan juga warna putih kekuningan.

Untuk kamu yang memang hendak melihat keindahan telaga warna, kamu bisa mencobanya dengan mendaki ke puncak bukit yang memang ada di sekeliling telaga warna tersebut.

Jika malas mendaki, terdapat pula balkon kecil yang dapat kamu gunakan untuk bersantai sambal menikmati keindahan dari telaga warna ini.

Kawah Sikidang Dieng

tempat wisata paling favorit di wonosobo

Nah, untuk tempat wisata di Wonosobo yang terakhir ini adalah kawah Sikidang Dieng, dimana kawah ini merupakan kawah yang dikenal akan keindahannya.

sebenarnya nama dari kawah ini cukup banyak, ada kawah sikidang, kawah candradimuka, kawah sileri, dan lain sebagainya, namun memang yang paling dikenal adalah kawah sikidang.

Kawah sikidang ini merupakan salah satu kawah yang lokasinya berada di Dieng Timur.

Kamu dijamin akan terpana saat memasuki kawasan kawah ini karena keindahannya yang teramat sangat.

Apalagi ditambah dengan kehadiran hamparan bukit hijau dan juga tanah kapur pada bagian tanah kawah.

Untuk kawah sileri, memang masih sering mengeluarkan asap putih.

Memang dinamakan kawah sileri karena warna airnya putih dan aromanya pun seperti bekas air cucian beras ( dimana dalam bahasa Jawa disebut dengan leri ).

Sedangkan untuk kawah Candradimuka, adalah kawah yang memang dikenal dalam dunia legenda pewayangan.

Di dalam legenda tersebut diceritakan, bahwa kawah inilah yang digunakan oleh gatot kaca mandi hingga akhirnya ia memiliki kesaktian yang sangat hebat.

Untuk kamu yang tertarik ke tempat ini, kamu bisa datang ke pusat Wisata Dieng, Wonosobo.

Nah, itu dia beberapa jenis tempat wisata di Wonosobo.

Semoga artikel ini bermanfaat dan ke depannya dapat kamu jadikan referensi dalam memilih tempat wisata di Wonosobo saat kamu sedang berlibur ke Wonosobo.

Selamat Berwisata!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Merbabu Tracking Road Selo

Tempat Wisata di Boyolali

Boyolali terletak di kaki sebelah timur Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang memiliki pemandangan indah dan mempesona. Wilayahnya juga strategis karena menjadi jalur wisata Solo-Boyolali-Borobudur atau SSB yang dipromosikan menjadi…
Selengkapnya
Pantai Joko Tingkir

Tempat Wisata di Pemalang

Pemalang adalah salah satu Kabupaten yang berada di jalur Pantura, Jawa Tengah dengan ibukotanya yaitu Kota Pemalang. Pemalang memiliki kenampakan alam atau topografi yang bervariasi, daerah utara-nya berupa dataran rendah…
Selengkapnya