Gambar Parangtritis (7)

Pantai Parangtritis

Mitos Nyi Roro Kidul dan larangan memakai baju hijau muda adalah suatu hal yang melekat pada Pantai Parangtritis.

Ya, kisah mistis pada pantai ini memang cukup kuat, namun siapa sangka, dibalik mitos yang ada Pantai Parangtritis terbukti mampu memberikan kesan romantis.

Pantai Parangtritis telah menjadi destinasi pantai paling populer di DI Yogyakarta, sebab erat kaitannya dengan budaya Keraton Yogyakarta.

Bagaimana tidak? Pantai Parangtritis adalah salah satu simbol dalam rangkaian poros imajiner keraton yang menjadi titik di ujung paling selatan.

Review Pantai Parangtritis

pantai parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan nama dari salah satu rangkaian pantai laut selatan di daerah Bantul, DI Yogyakarta.

Berjarak sekitar 25 km di selatan Kota Yogyakarta, Pantai Parangtritis berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, membuat ombak di tempat ini begitu besar.

Selain ombak yang besar, di kawasan Pantai Parangtritis juga terdapat gunung-gunung pasir atau yang biasa dikenal dengan nama gumuk pasir.

Hal inilah yang membuat Pantai Parangtritis lebih menarik dibandingkan dengan pantai di sekitarnya seperti pantai Samas dan Depok.

Apalagi keindahan Pantai Parangtritis semakin lengkap dengan balutan cerita mistis atau mitos yang ada dibaliknya.

Nyi Roro Kidul, ratu laut selatan adalah bagian yang tidak bisa lepas dari Pantai Parangtritis, terutama karena kebudayaan Keraton yang membuat terasa semakin hidup.

Namun terlepas dari mitos yang beredar di masyarakat, Pantai Parangtritis memang terbukti mampu menarik banyak wisatawan untuk datang.

Terlebih pemerintah setempat mengelola dengan baik obyek wisata Pantai Parangtritis, dengan adanya fasilitas yang memadai.

Beberapa fasilitas yang ada di dalamnya seperti ATV, bendi, dan kuda yang dapat disewa oleh pengunjung.

Ada pula obyek wisata di sekitar seperti gumuk pasir, pemandian Parangwedang, air terjun Parang Endog, watersport, dan tentu saja menikmati sunset hingga malam menjelang.

Wahana di Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis memiliki banyak sekali wahana seru bagi pengunjung yang datang.

Beberapa di antaranya bahkan terbilang masih belum banyak diketahui oleh wisatawan, penasaran apa saja wahana yang ada di Pantai Parangtritis?

Simak ulasan singkat berikut ini!

1. ATV, Bendi, dan Kuda

wisata jogja

Sepanjang Pantai Parangtritis, pengunjung akan menemukan adanya ATV, bendi atau kereta kuda, dan kuda yang biasa disewakan untuk wisatawan.

Nah, pengunjung bisa mencoba semuanya atau memilih salah satu di antaranya, tentu saja dengan membayar biaya tambahan.

2. Air terjun Parang Endog

pantai parangtritis

Ketika menyusuri pantai ke arah timur, baik itu dengan berjalan kaki atau menggunakan ATV, bendi, maupun kuda.

Maka pengunjung akan menemukan air terjun yang berada tepat di bibir pantai, selain itu jika kalian pergi ke arah timur lagi maka akan ditemui sebuah reruntuhan candi.

3. Gumuk pasir

pantai parangtritis

Selain terkenal akan ombaknya, Pantai Parangtritis juga memiliki gunung-gunung pasir atau yang biasa disebut dengan gumuk.

Letaknya berada sebelum masuk pantai, di sepanjang jalan menuju pantai kalian pasti akan melihatnya, gumuk pasir ini memiliki panorama yang unik.

4. Pemandian Parangwedang

pantai parangtritis

Pemandian Parangwedang adalah salah satu obyek wisata yang ada di sekitar Pantai Parangtritis.

Konon pemandian ini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit karena adanya kandungan belerang, air panas di sini juga dialirkan ke pantai untuk membilas.

5. Sunset

wisata jogja

Sunset Pantai Parangtritis mampu membuat pengunjung merasa takjub akan pesonanya.

Oleh sebab itu banyak yang berkunjung ke sini hanya demi menikmati matahari tenggelam pada senja hari.

Selain itu jika cuaca cerah pada malam hari juga akan terlihat gemerlap nya bintang.

Lokasi

Peta Menuju Pantai Parangtritis


Pantai Parangtritis berlokasi sangat strategis yaitu di Jl Parangtritis km 28, Desa Parangtritis, Kecamatan Krakal, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta atau 20 km ke arah selatan Kota Yogyakarta.

Pantai paling terkenal di Yogyakarta ini buka 24 jam setiap harinya.

Baca juga Tempat Wisata di Jogja lainnya.

Rute Menuju Pantai Parangtritis

Mengunjungi Pantai Parangtritis bisa dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau dengan naik transportasi publik.

Berikut ini beberapa rute perjalanan yang bisa dipilih untuk menuju ke Pantai Parangtritis.

1. Via Kendaraan Pribadi

a. Dari Bandung dan Jakarta

Apabila kalian datang dari arah Jakarta atau Bandung, maka gunakanl ah Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) lanjut terus hingga ke Jalan Tol Pejagan-Pemalang sampai di Jalan Tol Semarang-Solo dan keluar di Exit Tol Kartasura lalu ikutilah rute sebagai berikut.

Kartasura – Sawit – Tegal Gondo – Delanggu – Ceper – Klaten – Kraguman – Jogonalan – Prambanan – Kalasan – Maguwo – Jl. Laksda. Adisucipto – Jl. Janti – Jl. Ring Road Timur – Jl. Ring Road Selatan – Jl. Parangtritis – Sewon – Gabusan – Bantul – Bakulan – Tulasan – Kretek – Watu Lumbung – Parangtritis – sampailah di Pantai Parangtritis.

b. Dari Semarang

Apabila kalian datang dari arah Semarang dan sekitarnya, gunakanlah Jalan Tol Semarang kemudian lanjutkan hingga masuk ke Jalan Tol Semarang-Solo.

Setelah itu keluarlah di Exit Tol Kartasura, lalu ikutilah rute jalan sebagai berikut.

Kartasura – Sawit – Tegal Gondo – Delanggu – Ceper – Klaten – Kraguman – Jogonalan – Prambanan – Kalasan – Maguwo – Jl. Laksda. Adisucipto – Jl. Janti – Jl. Ring Road Timur – Jl. Ring Road Selatan – Jl. Parangtritis – Sewon – Gabusan – Bantul – Bakulan – Tulasan – Kretek – Watu Lumbung – Parangtritis – sampailah di Pantai Parangtritis.

c. Dari Surabaya

Apabila kalian datang dari arah Surabaya dan sekitarnya di Jawa Timur, gunakan lah Jalan Tol Surabaya-Gempol menuju Jalan Tol Surabaya-Mojokerto lanjut sampai Jalan Tol Solo-Kertosono setelah itu kemudian keluar di Exit Tol Kartasura, lalu ikutilah rute jalan sebagai berikut.

Kartasura – Sawit – Tegal Gondo – Delanggu – Ceper – Klaten – Kraguman – Jogonalan – Prambanan – Kalasan – Maguwo – Jl. Laksda. Adisucipto – Jl. Janti – Jl. Ring Road Timur – Jl. Ring Road Selatan – Jl. Parangtritis – Sewon – Gabusan – Bantul – Bakulan – Tulasan – Kretek – Watu Lumbung – Parangtritis – sampailah di Pantai Parangtritis.

d. Dari Kulon Progo

Apabila kalian datang melalui jalan lintas selatan atau melalui Kulonprogo maka ikutilah rute jalan sebagai berikut. Sesampainya di Kulon Progo gunakanlah rute jalur sebagai berikut.

Jl. Pengasih-Sentolo – Jl. Margosari – Jl. KRT Kertodiningrat – Jl. Nasional III – Jl. Sentolo-Brosot – Jl. Brosot – Nagung – sampai di bundaran ambil Jl Wigaringtyas – Jl. Raya Sanden – Jl. Palihan – Jl. Samas – Jl. Parangtritis – sampailah di Pantai Parangtritis.

2. Via Transportasi Publik

a. Pesawat

Jika kalian datang dengan menggunakan moda transportasi publik pesawat, maka kalian akan turun di Bandara Adisucipto. Kemudian ikutilah rute perjalanan sebagai berikut.

Dari halte TransJogja Bandara Adisucipto naiklah TransJogja rute 3B lalu turun di halte TransJogja Terminal Giwangan.

Di sana naiklah bus jurusan Yogyakarta-Parangtritis turun di Terminal Parangtritis, lanjutkan dengan jalan kaki hingga sampai di Pantai Parangtritis.

b. Kereta

Jika kalian datang menggunakan kereta, makan kalian akan berhenti di Satsiun Lempuyangan atau Stasiun Tugu.

Jika kalian berhenti di Stasiun Tugu naiklah TransJogja rute 3A lalu turun di halte TransJogja Terminal Giwangan.

Di sana naiklah bus jurusan Yogyakarta-Parangtritis turun di Terminal Parangtritis, lanjutkan dengan jalan kaki hingga sampai di Pantai Parangtritis.

Bagi kalian yang berhenti di Stasiun Lempuyangan, jalan kakilah sekitar 300 meter ke arah Jalan Hayam Wuruk.

Kemudian di halte TransJogja Hayam Wuruk naik TransJogja rute 4B lalu turun di halte TransJogja Terminal Giwangan, disana naiklah bus jurusan Yogyakarta-Parangtritis turun di Terminal Parangtritis, lanjutkan dengan jalan kaki hingga sampai di Pantai Parangtritis.

c. Bus

Jika kalian datang dengan menggunakan transportasi publik bus maka berhentilah di Terminal Giwangan Yogyakarta.

Setelah itu naiklah bus jurusan Yogyakarta-Parangtritis turun di Terminal Parangtritis, lanjutkan dengan jalan kaki hingga sampai di Pantai Parangtritis.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk yang dikenakan oleh pengelola Pantai Parangtritis adalah sebagai berikut.

Keterangan Harga
Biaya Retribusi Rp5.000/ orang
Parkir Motor Rp2.000
Parkir Mobil Rp10.000
Sewa ATV (15 menit) Rp50.000
Sewa Kereta Kuda Rp20.000/ putaran

Hal yang Bisa Dilakukan di Sini

wisata jogja

Berbagai hal seru tentunya bisa kalian lakukan selama berkunjung ke Pantai Parangtritis.

Apalagi dengan berbagai fasilitas yang disediakan serta beberapa obyek wisata yang ada di sekitarnya.

Beberapa hal yang bisa dilakukan di Pantai Parangtritis adalah sebagai berikut.

1. Bermain pasir dan air

Mengunjungi pantai tentu saja tidak bisa lepas dengan permainan air dan pasir.

Biasanya kalian akan langsung mencoba berenang di bibir pantai atau duduk bersantai di atas pasir.

Namun tentunya hal ini harus dilakukan dengan berhati-hati, sebab ombak di sini terkenal besar-besar.

2. Naik ATV, bendi, atau kuda

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di bibir pantai terdapat ATV, bendi atau kereta kuda, dan kuda yang disewakan kepada pengunjung.

Oleh sebab itu cobalah menaiki salah satu di antaranya sembari menyusuri bibir pantai, hal ini pastinya akan terasa lebih seru dan menarik.

3. Mencoba surfing dan paralayang

Jika kalian memiliki adrenalin tinggi, cobalah menjajal aktivitas ekstrem seperti surfing atau paralayang.

Bermain surving di Pantai Parangtritis tentunya sangat menantang mengingat ombak nya besar, atau cobalah paralayang dan nikmatilah pantai dari ketinggian 200 meter.

4. Menjelajah obyek wisata di sekitar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, di sekitar Pantai Parangtritis ada beragam obyek wisata lain yang tak kalah seru, sebut saja gumuk pasir, pemandian Parangwedang, dan air terjun Parang Endog.

Cobalah untuk mengunjungi salah satu keseruan di tempat tersebut.

5. Menikmati senja yang romantis

Nah, jika kalian berkunjung dengan orang tercinta, jangan lewatkan suasana romantis dari sunset Pantai Parangtritis.

Apabila memang cuaca memungkinkan, hal ini tentunya menjadi sebuah sensasi tersendiri, jika masih kurang cobalah sembari menikmati lezatnya jagung bakar.

Tips Berkunjung ke Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis memang menjadi salah satu magnet destinasi wisata yang ada di Yogyakarta.

Alhasil hampir setiap orang yang berkunjung pasti menyempatkan waktunya untuk singgah ke Pantai Parangtritis, jika berkenan perhatikanlah beberapa tips bermanfaat berikut ini.

1. Hindari hari libur & peak season

Pantai Parangtritis adalah destinasi wisata pantai paling populer di Yogyakarta, terlebih karena lokasinya yang strategis.

Oleh sebab itu selama hari libur atau peak season, dijamin Pantai Parangtritis akan penuh oleh wisatawan, apabila memungkinkan datanglah saat low season.

2. Perhatikan peraturan & peringatan bahaya

Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia tentunya membuat ombak di Pantai Parangtritis tidak bisa dianggap remeh.

Apalagi berdasarkan informasi, ada palung yang terletak tak jauh dari bibir pantai, agar tetap aman perhatikanlah peraturan dan peringatan bahaya yang ada.

3. Kenakan pakaian santai & bawa pakaian ganti

Cobalah untuk menggunakan pakaian sesantai mungkin, sebab pantai tidaklah sama dengan pusat hiburan.

Pakaian santai akan membuat kalian terasa rileks dan bebas bergerak, selain itu siapkan juga pakian ganti, terutama jika kalian berniat untuk bermain air atau pasir di pantai.

4. Bawa kamera dan taruh di tempat aman

Membawa kamera adalah sebuah keharusan jika ingin mengabadikan momen liburan.

Namun perlu diingat agar menaruhnya pada tempat yang aman, jangan sampai ketika sedang asyik mengambil foto kamera malah rusak gara-gara jatuh terpeleset atau karena tersiram air.

5. Jagalah kebersihan

Pantai adalah salah satu bentang alam yang wajib dilestarikan, hal ini menjadi tanggung jawab bagi semua orang buka hanya pengelola.

Jadilah pengunjung yang cerdas dan membantu mengurangi pencemaran ekosistem alami dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Catatan
Itulah ulasan singkat tentang pantai paling populer di Yogyakarta.

Pantai Parangtritis adalah warisan alam sekaligus budaya yang mempesona, beragam keseruan pun tentunya menanti bagi pengunjung yang datang, entah itu sendiri maupun bersama dengan orang terdekat.

Pantai Parangtritis memang legendaris, lekat dengan cerita mistis namun sanggup memberikan kesan romantis.

Tidak heran jika pantai ini selalu memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke DI Yogyakarta.

Selamat Berwisata!

Apa Kata Pengunjung?

  • Parangtritis.... dengan seribu pesonanya, tidak jauh dari jantung kota jogja, selalu ingin kembali
  • Bagus, tapi masi banyak sampah.
  • Tempat bagus,pemandangan indah,banyak tempat parkir,cocok buat yg hobi foto foto,seperti medan perang game pubg
  • Pantai di selatan pulau jawa hanya saja tidak untuk tempat berenang....
  • Ta'ati peraturan, jangan berenang berlebihan
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Keraton Jogja (5)

Keraton Yogyakarta

Yogyakarta memang pantas jika diberi julukan Kota Budaya, sebab di sini terdapat salah satu bangunan yang menjadi pusat kebudayaan Jawa. Bangunan istana raja atau sultan Yogyakarta ini bernama Keraton Ngayogyakarta…
Selengkapnya
Tebing Breksi Yogyakarta

Tebing Breksi Jogja

Anda seorang traveler? Sedang merencanakan perjalanan ke Jogja? Jangan lupa, untuk memasukkan Tebing Breksi Jogja sebagai salah satu destinasi wisata utama wajib Anda kunjungi. Sebenarnya apa sih Tebing Breksi itu?…
Selengkapnya