Wahana Dan Fauna

Wisata Kebun Binatang Ragunan: Cara Daftar Online Dan Tiket Masuk

Rindu jalan-jalan? Kami juga! Mari sudahi pandemi, biar bisa berwisata lagi. Selalu pakai masker, jaga jarak & cuci tangan.

Saat ini, pandemi sudah sedikit membaik dibandingkan tahun sebelumnya sehingga banyak tempat wisata yang telah dibuka. Salah satunya adalah tempat wisata kebun binatang ragunan yang menjadi tujuan favorit untuk keluarga. Tempat wisata ini sempat ditutup, sebelum akhirnya dibuka kembali pada 23 Oktober 2021.

Pembukaan wisata sejalan dengan turunnya tingkat PPKM menjadi level 2. Walau begitu, terdapat beberapa aturan baru yang wajib ditaati oleh pengunjung. Aturan-aturan tersebut merupakan hal untuk menaati dan menerapkan protokol kesehatan. Tidak dapat dipungkiri bahwa pencegahan pandemi masih diberlakukan sampai sekarang. Meskipun beberapa sektor dan tempat wisata telah dibuka untuk umum.

Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan

Sebelum memasuki tempat wisata ini, kamu pun perlu mengetahui tiket masuknya. Kamu dapat mempersiapkan budget pada saat mengunjungi Ragunan. Untuk lebih jelasnya, simak penjabaran harga tiket masuk dan fasilitas lainnya di bawah ini!

1. Tarif Masuk Pengunjung dan Harga Jakcard

Seperti yang diketahui, pembayaran tiket masuk diharuskan menggunakan Jakcard. Terdapat 2 jenis Jakcard dengan harga berbeda. Pertama, Jakcard seharga Rp. 35.000 dan sudah termasuk saldo sebanyak Rp. 20.000 di dalamnya. Kedua, Jakcard seharga Rp. 65.000 dan sudah termasuk saldo Rp. 50.000 di dalamnya.

Tiket Masuk Ragunan
Tiket masuk. |unplash. Com

Tiket masuk pun memiliki tarif berbeda untuk dewasa dan anak-anak. Untuk dewasa, tiket masuk ditarifkan seharga Rp. 4.000/orang. Lalu, tiket masuk untuk anak-anak ditarifkan sebesar Rp. 3.000/orang.

2. Wahana dan Fauna

Wahana Dan Fauna
Wahana dan fauna. |unplash. Com

Untuk menaiki wahana dan fauna kebun binatang ragunan, tarif yang dikenakan akan berbeda. Kuda tunggang di tarif sebesar Rp. 5.000, onta tunggang Rp. 7.500, kuda bendi Rp. 15.000, perahu angsa Rp. 18.000, kereta keliling Rp. 10.000, dan semuanya berlaku untuk satu kali keliling. Untuk masuk ke wahana children zoo, maka dikenakan biaya Rp. 2.500.

3. Parkir Kendaraan

Parkir sepeda dikenakan tarif Rp. 1.000/hari, untuk sepeda motor dan kendaraan tiga dikenakan seharga Rp. 3.000/hari. Untuk mobil pun bervariasi, jenis mobil kecil seperti sedan, minibus, dan sebagainya dikenakan tarif Rp. 6.000/hari. Sedangkan bus kecil, truk kecil, dan sebagainya dikenakan biaya Rp. 12.500/hari. Bus besar dan truk besar dikenakan tarif Rp. 15.000/hari.

4. Pusat Primata Schmutzer

Untuk memasuki wahana primata Schmutzer, biaya yang dikenakan pun berbeda. Weekdays akan dikenakan biaya Rp. 6.000/orang. Sedangkan, weekend akan dikenakan tarif Rp. 7.500/orang. Tarif tersebut berlaku untuk usia 3 tahun ke atas.

Primata
Primata | unplash. Com

Kebun binatang ragunan memang menjadi tempat wisata favorit untuk keluarga. Saat ini, tempat wisata ragunan sudah dibuka kembali. Namun, terdapat beberapa hal yang wajib untuk ditaati untuk kebaikan bersama. Pastikan pula untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

Cara Daftar Online Kebun Binatang Ragunan

Salah satu aturan atau kebijakan baru yang saat ini diberlakukan adalah kamu wajib mendaftarkan diri secara online terlebih dahulu. Apabila tidak mendaftarkan diri secara online, maka tidak akan diperbolehkan masuk. Aturan atau kebijakan baru ini diperuntukkan bagi pengunjung yang tidak memiliki KTP Jakarta dan berada di luar Jakarta. Simak cara-caranya di bawah ini!

1. Mendaftar dengan Mengisi Google Form

Cara pertama untuk daftar online kebun binatang ragunan adalah dengan mendaftarkan diri di Google Form. Pengisian Google Form ini dapat dilakukan H-1 sebelum kamu berkunjung ke tempat wisata tersebut. Jadi, apabila kamu mengisi pada hari ini, tiket akan berlaku untuk besok hari. Hal ini diberlakukan agar pengunjung tetap terbatas, yaitu maksimal 50% per hari.

Mendaftar Dengan Mengisi Google Form
Mendaftar dengan mengisi google form. | unplash. Com

Untuk mendaftarkan diri, kamu dapat mengunjungi web http://bit.ly/PesantiketTMR. Dalam Google Form tersebut, kamu akan diminta mengisi beberapa hal berkaitan dengan identitas diri. Kamu dapat membuka web tersebut di laptop atau di handphone. Pastikan pula jaringan internet stabil untuk mengakses web tersebut.

2. Membaca dan Memahami Syarat & Ketentuan Pengunjung 

Pada slide pertama Google form, akan terlihat syarat & ketentuan yang wajib ditaati oleh pengunjung. Pastikan kamu membaca secara seksama, karena syarat ini berguna untuk kepentingan bersama. Terdapat 9 syarat dan ketentuan yang tertera di Google form, mulai dari protokol kesehatan sampai aturan ganjil genap.

Pahami Ketentuan Untuk Berkunjung Ke Kebun Binatang
Pahami ketentuan untuk berkunjung ke kebun binatang. | unplash. Com

Apabila dirasa sudah cukup paham terkait syarat dan ketentuan. Maka, kamu dapat mencentang opsi “menyetujui syarat dan ketentuan diatas”. Lalu, klik tombol berikutnya untuk melanjutkannya ke identitas selanjutnya.

3. Mengisi Formulir Secara Lengkap

Slide selanjutnya akan berisi kolom yang wajib diisi. Kamu dapat mengisinya dengan identitas diri, pastikan tidak ada kolom yang terlewatkan. Pada slide kedua, kamu akan diminta untuk mengisi email, nama, nomor handphone, NIK KTP, dan pertanyaan apakah kamu sudah melakukan vaksin. Pastikan mengisi email aktif, karena bukti pendaftaran akan dikirim melalui email.

Isi Formulir Pendaftaran Dengan Lengkap
Isi formulir pendaftaran dengan lengkap. | unsplash. Com

Pada slide berikutnya, kamu akan diminta untuk mengisi jumlah pengunjung kebun binatang ragunan. Setiap pendaftar, hanya diperbolehkan mencantumkan maksimal 5 pengunjung. Selain itu, kamu diharuskan mengisi jenis kendaraan yang dibawa.

4. Menunggu Bukti Pendaftaran

Setelah melakukan semua tahapan pendaftaran melalui Google form. Selanjutnya, kamu menunggu bukti pendaftaran dikirimkan melalui email yang telah dituliskan. Bukti pendaftaran ini wajib kamu tunjukkan di loket tempat wisata Ragunan.

Kamu perlu untuk menunjukkan KTP dan sertifikat vaksin atau scan PeduliLindungi di loket. Apabila bukti pendaftaran tidak kunjung dikirimkan melalui email. Maka, kamu dapat langsung mengunjungi loket dengan menunjukkan KTP dan scan PedulilLindungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.